Tips Mengemudi Mobil Di Jalan Tol

21/04/2017

Pengemudian
Share this post:
Tips Mengemudi Mobil Di Jalan Tol
Mengemudi aman di jalan tol memerlukan kesiagaan total dari pengendara. Jangan lupa siapkan karcis dan uang tol dulu dan mengambil jalur yang sesuai dengan mobil Anda, perhatikan papan rambu, menjaga jarak aman, jangan berpindah jalur sembarangan, adalah beberapa tips untuk mengemudi dengan aman di jalan tol.

Jalan tol memang membantu kita bisa sampai ke tempat tujuan dengan waktu yang cukup singkat. Bagi Anda yang baru belajar atau baru mengemudi, mungkin merasa tegangketika berkendara di jalantol. Karena merasa tegang Anda  akan lebih hati-hati jika menyetir mobil di jalan tol. Tidak ada yang salah dengan hal tersebut, namun karakter jalan tol menuntut Anda konstan di kecepatan yang lebih tinggi dari jalan raya biasa. Untuk bisa menyetir  mobil dengan aman jika melalui jalan tol, Anda perlu mengetahui berapa tips mengemudi mobil di jalan tol.yang kami sampaikan di bawah ini.

1 . Siapkan Karcis dan Uang Tol

Mobil Honda CR-V berwarna abu-abu sedang masuk gerbang tol Cikampek

Selalu siapkan karcis dan uang tol

Ketika akan melewati jalan tol, maka kita harus membeli karcis di gerbang masuk jalan tol. Jadi sebaiknya Anda menyiapkan uang dulu sebelum memulai perjalanan. Dengan cara itu, Anda tidak harus berhenti lama di gerbang jalan tol untuk mencari uang. Jika tidak, maka Anda akan mendapat ‘tekanan’ dari pengemudi yang mengantri di belakang Anda. Efeknya, hal ini akan menambahkan perasaan tegang saat Anda melaju di jalan tol. Jangan lupa menyimpan karcis atau kartu jalan tol di tempat yang mudah ditemu karena nanti ketika ke luar dari jalan tol perlu memakainya.
>>> Baca juga: Tips aman melintasi perlintasan kereta

 

2.  Ambil Jalur Yang Sesuai

Mobil-mobil memilih jalur yang sesuai

Mengemudi di Jalan tol harus mengambil jalur yang sesuai

Hal yang perlu diperhatikan saat mengemudi di jalan tol adalah mengetahui jalur yang tepat. Umumnya papan rambu jalan tol akan menganjurkan Anda melaju di lajur kiri. Sedangkan lajur kanan untuk yang mendahului. Di jalan tol ada 3 jalur atau lebih, melajulah di jalur tengah. Karena jalur kiri  pada umumnya diperuntukkan bagi truk dan kendaraan berat lain.
>>> Di Indonesia ada bermacam-macam kondisi jalan yang kita lewati setiap hari, klik sini untuk tahu cara teraman untuk melewati berbagai kondisi jalan.

 

3. Perhatikan Papan Rambu

rangkaian mobil berjalan sesuai dengan panduan papan rambu

Perhatikan papan rambu di jalan tol

Jalan bebas hambatan bukan berarti jalanan tanpa aturan. Di jalan tol juga ada papan rambu yang harus Anda ikuti . Biasanya ia menunjukkan kecepatan minimum dan kecepatan maksimum, larangan mendahului di lajur kiri, larangan berhenti di jalan tol dan larangan melaju di bahu jalan tol.
>>> Baca juga: Cara mengemudi mobil melewati jalan berlubang

 

4. Jaga Jarak Aman

walaupun jalan penuh dengan mobil, setiap mobil masih menjaga jarak aman satu dengan lain

Menjaga jarak aman di antara mobil Anda dengan mobil lainya

Jalan tol bukan berarti Anda bisa melaju mulus tanpa  mengalami gangguan. Mungkin  saja tiba-tiba ada kemacetan, perbaikan jalan atau hal tidak diinginkan di depan Anda. Oleh karena itu, harus jaga jarak aman dengan kendaraan di depan. Sehingga jika terjadi sesuatu, atau kendaraan di depan dan Anda melakukan pengereman mendadak, Anda akan sempat untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan.
>>> Setiap pengemudi ada tips dan trik mengemudi sendiri untuk sampai tujuan dengan aman dan nyaman, mau tahu? klik sini


5.  Jangan Berpindah Jalur Sembarangan

Mobil berwarna abu-abu sedang berpindah jalur sembarangan

Berpindah jalur sembarangan sangat bahaya di jalan tol

Berpindah jalur di jalan tol sedikit berbeda dengan saat di jalanan perkotaan. Pada umumnya memang  sama, Anda harus memberikan signal dengan menyalakan lampu sein dan memastikan lajur kanan untuk yang mendahului sedang dalam kondisi aman.Namun perlu diperhatikan pula bahwa di jalan tol, hampir semua kendaraan melaju dengan kecepatan yang relatif tinggi. Jadi apabila Anda ingin berpindah jalur, pastikan semuanya sudah benar-benar aman.

Itulah beberapa tips mengemudi secara aman di jalan tol. Semoga bermanfaat sobat-sobat.
Untuk tahu lebih jelas tentang cara mengemudi mobil di jalan tol, silahkan menonton video di bawah ini.

>>> Klik sini untuk mengupdate semua pengalaman yang berharga dari para ahli mobil di Indonesia

Share this post:
 
back to top