Tips Mengemudi Ke Luar Kota

05/12/2019

Pengemudian

5 menit

Share this post:
Tips Mengemudi Ke Luar Kota
Memang terdengar sepele, tapi pada kenyataannya mengemudi di dalam kota sangat berbeda dengan mengemudi ke luar kota. Maka, simak tips mengemudi ke luar kota berikut ini dari kami

Mengemudi memang kegiatan yang mengasyikkan bagi sebagian orang. Bahkan, bepergian ke luar kota dapat menjadi saran pelepas stres setelah sehari-hari bekerja mencari rezeki atau bahkan menjadi sarana alter ego. Apalagi kini jalanan ke luar kota di berbagai daerah sudah mulai baik kondisinya dan dapat diakses melalui jalan tol. Utamanya di pulau jawa. Tapi, pada kenyataannya mengemudi ke luar kota berbeda dengan mengemudi di dalam kota. So, ada baiknya Anda simak tips mengemudi ke luar kota berikut ini dari kami.

>>> Anda mengemudi di jalan tol? Hindari 10 kebiasaan bodoh ini

1. Rencanakan Perjalanan

Gambar menunjukkan Toyota Rush TRD Sportivi Ultimo 2016

Rencanakan perjalanan Anda, mau lewat jalur utama atau mencoba jalur baru seperti ini

Tips mengemudi ke luar kota yang pertama adalah Anda harus rencanakan perjalanan Anda. Tentukan tujuan dan selanjutnya Anda dapat menentukan arah yang akan dilewati. Jika ingin perjalanan cepat Anda bisa melewati jalur utama atau jalur reguler. Tapi, apabila Anda memiliki banyak waktu, Anda dapat mencoba rute alternatif. Tapi, pastikan perbekalan Anda seperti BBM di tangki dan bekal makanan cukup sebelum melewati jalan alternatif atau jalur baru.

2. Pastikan Kondisi Mesin Dan Fisik Prima

Gambar menunjukkan mesin L15B7 All New Honda CR-V VTEC Turbo

Setelah pengemudi sehat, pastikan juga kondisi mesin prima

Hal kedua yang menjadi tips mengemudi ke luar kota adalah persiapan fisik dan mobil. Pastikan kondisi pengemudi maupun penumpang dalam kondisi sehat dan siap melakukan perjalanan jauh. Jangan lupa bawa obat-obatan pribadi yang mungkin diperlukan ketika di perjalanan. Setelah itu, pastikan kondisi mesin dalam kondisi prima. Cek seluruh cairan yang ada di mesin mulai dari oli, air, dan sebagainya. Jangan lupa juga cek ban serep dan P3K di mobil, pastikan siap pakai.

3. Ingat Perjalanan Bukan Balapan

Gambar menunjukkan ngebut di jalan tol

Jangan terlalu bernafsu untuk segera sampai di lokasi tujuan, nikmati lah perjalanan

Jika memungkinkan, ambil jatah cuti kantor Anda sehingga Anda dapat spare waktu di perjalanan ketika sedang pergi ke luar kota. Jangan terlalu bernafsu untuk segera sampai di lokasi tujuan, nikmatilah perjalanan Anda. Setiap kota yang Anda lewati pasti punya cerita, daerah wisata bahkan makanan khas tersendiri. Sempatkan untuk mampir dan mencoba segala yang khas di kota yang Anda lewati. Intinya jangan terlalu bernafsu untuk segera sampai di lokasi tujuan.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas cek disini

4. Segera Istirahat Bila Terjadi Gejala Kantuk

Gambar menunjukkan toyota Kijang LGX 2.0L EFI 2000 parkir di tempat aman

Merasa ngantuk? Jangan pikir panjang segera menepi atau cari rest area!

Poin keempat ini kerap dianggap sepele bagi pengemudi yang sedang mengemudi ke luar kota. Padahal ngantuk itu tidak ada obatnya. Anda harus segera istirahat untuk kembali memulihkan stamina. Kopi atau minuman berenergi tak ada artinya, fisik yang lelah harus dipulihkan dengan cara beristirahat. Jadi, ketika merasa ngantuk saat mengemudi, jangan lagi berpikir panjang, segera menepi di tempat aman atau cari-lah rest area.

5. Hormati Adat Dan Kebudayaan Sekitar

Gambar menunjukkan Pura di Bali

Hormati kebudayaan dan tradisi sekitar, tiap daerah punya budaya tersendiri

Terakhir yang harus dilakukan ketika mengemudi ke luar kota adalah, Anda harus menghormati kebudayaan dan tradisi daerah sekitar yang Anda lewati. Contoh, di daerah Bali, banyak sekali masyarakat yang melakukan kegiatan keagamaan dan tak jarang memakan sebagian median jalan. Anda harus maklum akan hal tersebut. Ingat, jika Anda terlebih dahulu menghormati orang lain, maka orang lain juga akan menghormati Anda. Selamat mengemudi ke luar kota.

>>> Tips mengemudi lainnya bisa Anda lihat di sini

Video tentang selamat di jalan oleh tim Cintamobil.com

>>> Tips dan trik menarik lainnya baca disini

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Jangan Anggap Remeh, Empat Hal Ini Sebabkan Kantuk Saat Mengemudi

28/11/2019

Pengemudian

4 menit

Kantuk adalah musuh utama saat berkendara, tak jarang kecelakaan dari yang ringan sampai fatal terjadi karena si pengemudi kehilangan fokus karena kantuk. Memang, apa saja sih penyebabnya?

Lihat juga

Inilah 10 Kota Terbaik dan Terburuk Untuk Mengemudi Di Seluruh Dunia

20/11/2019

Pengemudian

3 menit

Mister Auto baru-baru ini merampungkan studi mereka seputar 10 kota terbaik dan terburuk di seluruh dunia. Siapa saja kota yang dianggap paling bersahabat atau bahkan sebaliknya? Simak hasil lengkapnya di artikel berikut ini

Lihat juga

Pentingnya Konsentrasi Saat Mengemudi Untuk Mencegah Kecelakaan Fatal

30/10/2019

Pengemudian

3 menit

Belajar dari kasus kecelakaan Nissan Grand Livina di Jl. Senopati Raya Jakarta Selatan pada Minggu (27/10/2019) pukul 03:30 WIB yang menewaskan seorang satpam, betapa pentingnya konsentrasi saat mengemudi.

Lihat juga

Tips SIAGA Mengemudi Ala Komunitas Silverian Batavia

23/10/2019

Pengemudian

5 menit

Silverian Batavia yang merupakan bagian dari komunitas Silver Car Community membagikan tips berkendara yang aman agar selamat sampai tujuan. Yaitu dengan memahami arti S.I.A.G.A.

Lihat juga

Sering Mengemudi Malam Hari? Atur Suhu AC Mobil

03/10/2019

Pengemudian

3 menit

Bagi pengendara mobil, kenyamanan di dalam kabin selama perjalanan salah satunya ditentukan dari sistem pendingin atau AC (air conditioner). Penggunaan AC mampu meredam suhu panas di luar saat siang hari. Tetapi saat mengemudi malam hari, mengatur suhu AC mobil juga penting dilakukan. Kenapa?

Lihat juga