Tips Mengemudi Dengan Aman Saat Berpuasa

30/05/2017

Pengemudian
Share this post:
Tips  Mengemudi Dengan Aman Saat Berpuasa
Memasuki bulan puasa, efisiensi pemakaian energi tubuh mesti optimal, pasalnya aktivitas harian tetap harus terus berjalan, meski menjalankan ibadah hampir sepanjang hari. Berkendara dengan mobil termasuk kegiatan yang menghabiskan energi. Inilah beberapa tips aman mengemudi saat berpuasa.

Puasa Ramadan adalah salah satu bulan  yang paling ditunggu oleh umat Muslim. Ketika tiba waktunya bulan puasa, bukan berarti aktivitas atau kegiatan apapun menjadi berkurang. Bagi yang sedang menjalankan ibadah puasa, aktivitas-aktivitas termasuk mengemudi mobil harus tetap dilakukan seperti saat tidak berpuasa.

Tapi ingatlah, mengemudi pada bulan puasa harus sangat memperhatikan kesehatan sebab pola hidup sedikit berubah. Perubahan ini akan berdampak saat mengemudi. Nah, bagaimana cara mengemudi yang aman saat berpuasa? Berikut ini kami akan memberikan tips aman mengemudi saat berpuasa.

mobil berwarna putih  berjalan di jalan naik
Menyetir saat berpuasa

Tips 1: Makan sahur secukupnya

Pada saat berpuasa, energi akan lebih cepat terkuras sehingga tubuh mudah lelah. Oleh karena itu, makanlah sahur secukupnya dengan tidak mengonsumsi karbohidrat terlalu banyak. mengonsumsi karbohidrat terlalu banyak justru menyebabkan tubuh mudah lelah dan mengantuk sepanjang hari. Banyak  mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan cairan. Selain itu, Anda juga harus makan  multivitamin apabila diperlukan untuk menjaga stamina. Pastikan waktu tidur yang cukup yaitu delapan jam dalam satu hari dan kurangi aktivitas yang tidak perlu sehingga menguras tenaga.
>>> Baca juga: Tips saat mobil terbakar

 

Tips 2: Menyadari batas kemampuan tubuh

Mengemudi saat puasa Anda harus mendengar tubuh Anda. Apabila kantuk atau lelah saat mengemudi, pastikan mencari tempat yang aman untuk berhenti dan berisitirahat. Lakukan sedikit senam peregangan otot untuk melancarkan aliran darah dalam tubuh dan hirup oksigen yang banyak. Melakukan olahraga ringan untuk meregangkan otot juga dapat menjadi salah satu solusi agar tubuh tetap fit dan konsentrasi tetap terfokus. Apabila sudah merasa lebih baik, baru lanjutkan perjalanan.

>>> Baca juga: Tips aman berkendara bagi wanita di malam hari

Tips 3: Mengobrol

keluarga melakukan perjalanan pulang kampung sambil ngobrol
Mengobrol dengan teman saat mengemudi 

Saat harus mengemudi di bulan puasa, usahakan untuk mengajak teman untuk menemani mengemudi. Mengobrol dengan orang lain di dalam mobil atau lakukan commentary driving selama perjalanan dapat menjadi solusi untuk mencegah rasa bosan dan timbulnya kantuk. Jika harus mengemudi seorang diri, mendengarkan musik bisa menjadi alternatif, karena musik dipercaya dapat membantu tubuh untuk tetap rileks, dan juga memberikan ketenangan pikiran.
>>> Klik sini untuk simak tips dan trik lain tentang pengalaman mengemudi mobil

 

Tips 4: Jadi pengemudi yang bijak

Tidak hanya saat melakukan ibadah puasa, menjadi pengemudi yang bijak dengan menjaga emosi ketika mengemudi merupakan hal penting yang harus diterapkan setiap saat di jalan. Saat menemukan pengguna jalan lain yang tiba-tiba mendahului, menyerobot, atau mengemudi dengan ugal-ugalan memang sangat menyebalkan. Anda harus ingat bahwa tetap mengemudi mobil dengan kecepatan yang aman, sesuai pentunjuk kecepatan yang dianjurkan.
>>> Baca juga: Tips mengantisipasi aquaplaning di musim hujan

 

Wanita ini sedang cek kondisi mobilnya
Cek kondisi mobil 

Tips 5: Selalu periksa kondisi mobil

Kondisi mobil yang baik selalu menjadi keinginan setiap pengemudi. Namun, oleh karena terlalu lelah dengan aktivitas sehari-hari,  sering kali pengemudi lupa untuk memeriksa kondisi mobil jadi  mobil selalu  bermasalah di perjalanan. Jadi sebaiknya Anda  selalu mengecek kondisi mobil terutama kondisi ban. Pastikan tekanan angin pada ban telah sesuai, dan jangan lupa cek kondisi permukaan telapak ban untuk memastikan tidak adanya benjolan.

Dengan 5 tips di atas, mengemudi akan terasa aman dan nyaman sehingga selamat sampai tujuan. Selamat menunaikan ibadah puasa teman-teman yang budiman!
>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman, tips dan trik pemakaian mobil

Share this post:
 
back to top