Tips Mengemudi Aman di Malam Hari

27/07/2021

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Bagi Anda yang suka mengemudi di malam hari berikut di bawah ini tips mengemudi aman di malam hari. Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan?

Mengemudi pada kondisi malam hari memang menyenangkan dikarenakan kondisi jalan yang cenderung lebih lenggang, terutama di atas pukul 22.00 hingga dini hari. Tetapi pengendara tetap harus berhati-hati agar selamat sampai tujuan. Keamanan saat berkendara harus tetap dipersiapkan semenjak dini.

>>> 4 Tips Menghindari Pohon Tumbang Kala Berkendara saat Hujan

Gambar menunjukan Mengemudi di malam hari

Mengemudi malam hari bisa menjadi hidden killer

Kendala Mengemudi di Malam Hari

Sebagian pengendara menganggap mengemudi pada malam jauh lebih rileks. Kondisi sekitar jalan yang relatif sepi serta minus sinar matahari membuat mengemudi malam hari menjadi pilihan.

Secara biologis, malam hari merupakan waktu tepat untuk beristirahat karena pada dasarnya manusia tergolong makhluk yang hidup pada siang hari (daytime). Mengemudi malam hari bisa menjadi hidden killer bila Anda tidak bisa mengantisipasi dengan tepat dan benar.  Contohnya, saat berpapasan dengan kendaraan yang mengaktifkan lampu jauh (high beam) di depannya, pandangan pengemudi langsung merespons negatif. 

Seketika pandangan gelap dan kabur. Kondisi buta sementara akan mendera (blind temporary) pengemudi. Butuh waktu bagi mata untuk kembali ke pandangan normal. Inilah yang terjadi saat pandangan terkena sorot lampu jauh (high beam) dari kendaraan yang berlawanan.

>>> Ketahui Kelebihan Dan Kekurangan Toyota Yaris 2019 Sebelum Beli Mobkas

Gambar menunjukan Mengemudi di mdalam hari

Fitur foglamp yang juga berfungsi sebagai turning light

Manfaatkan Fitur Foglamp

Jelas, kondisi berkendara terutama di jalan yang minim penerangan jalan penuh risiko. Oleh karena itu, meminimalkan kondisi tersebut di jalan menjadi opsi tidak bisa ditawar-tawar. Pengemudi dituntut konsentrasi tinggi dan tetap di jalur yang aman.

Kondisi fisik prima serta refleks gerak tubuh mesti dalam kondisi baik untuk mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Saat berbelok di jalan yang minim penerangan juga harus lebih ekstra berhati-hati. Kondisi samping jalan yang gelap dapat menipu mata padahal terdapat lubang yang harus dihindari pengemudi.

Fitur foglamp sudah banyak tersedia di mobil-mobil zaman sekarang. Salah satunya Peugeot 3008 & 5008 SUV yang memiliki fitur foglamp sekaligus berfungsi sebagai turning light sebagai salah satu cara mengemudi aman di malam hari. Lampu foglamp akan secara otomatis menyala sesuai arah belok kemudi saat melakukan manuver kendaraan.

Fitur ini sangat berguna untuk menghindari lubang atau berbagai hal yang perlu dihindari kendaraan saat berbelok. Selain itu lampu utama pada Peugeot 3008 & 5008 SUV juga sudah menggunakan teknologi Full LED Projector yang memberikan pencahayaan sangat terang dan fokus tanpa menyilaukan kendaraan di arah yang berlawanan.

>>> Syarat Naik Bus DAMRI Selama PPKM Level 4

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top