Tips Mengemudi Aman Dalam Perjalanan Jauh Pada Malam Hari

05/05/2017

Pengemudian
Share this post:
Tips Mengemudi Aman Dalam Perjalanan Jauh Pada  Malam Hari
Mengendarai mobil di malam hari pada dasarnya tentu sama saja dengan saat mengemudi saat siang hari. Kita membutuhkan konsentrasi, waspada dan tentu saja berhati-hati. Namun kondisi malam hari yang gelap, apalagi dalam kondisi jalan yang kurang cahaya tentu juga meningkatkan resiko hal yang tidak diinginkan. Baik itu resiko kecelakaan maupun adanya ancaman tindakan kejahatan. Kunci untuk mengemudi aman dalam perjalanan jauh pada malam hari itu apa?

Semua hal di dunia ini ada dua sisi, satu sisi baik dan satu sisi buruk. Dan mengemudi mobil pada malam hari juga memiliki sisi baik dan buruk. Sisi baik saat mengemudi pada malam hari adalah kita tidak terjebak dalam kemacetan, sedangkan  sisi buruknya adalah sangat berbahaya khususnya dalam perjalanan jauh. Berikut ini adalah beberapa tips mengemudi aman dalam perjalanan jauh pada  malam hari.

mobil-mobil di jalan pada malam hari
Hati-hati saat mengemudi pada malam hari

1. Periksa Oli

Jika Anda akan melakukan perjalanan jauh, jangan lupa memeriksakan keadaan oli mesin dan oli transmisi sebelum berangkat. Tujuan dari aksi ini adalah mengurangi masalah-masalah yang mungkin terjadi dengan mobil yang bisa menganggu perjalanan Anda.

2. Mengatur ketinggian lampu

Banyak orang yang tidak memperduli dalam mengatur ketinggian lampu mobil jadi tidak sedikit mobil  yang memiliki lampu  dengan ketinggian kurang tepat . Baik itu terlalu rendah, atau terlalu ke atas. Jika lampu  diatur terlalu rendah, Anda tidak akan bisa melihat jalanan dengan baik. Namun jika lampu diatur terlalu ke atas, maka ia akan mengganggu pengendara lain, khususnya yang berlawanan arah. Jadi Anda harus mengatur ketinggian lampu sesuai dengan standar pabrik. Jika tidak bisa mengaturnya sendiri, lebih baik Anda minta bantuan dari bengkel yang terpercaya.
>>> Untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman mengemudi mobil, silahkan klik sini

 

3. Gunakan lampu standar

Kualitas lampu sangat penting bagi setiap mobil, Jadi jangan menggunakan lampu yang tidak sesuai dengan  standar pabrik atau bohlam aksesoris. Pastikan Anda menggunakan bohlam dalam kondisi baik dengan kualitas cahaya yang baik pula. Lampu yang baik adalah lampu yang mampu memberikan penerangan di jalan  dengan baik namun tidak membuat mata pengendara di depan Anda menjadi silau dan terganggu.

Lampu depan mobil
Gunakan lampu standar dalam perjalanan jauh

4. Bersihkan Kaca

Salah satu hal juga sangat penting adalah menjaga kebesihan kaca. Jika melihat sudah banyak jamur yang menempel di atas kaca mobil, Anda harus membersihkan mobil sendiri dengan obat anti jamur sebelum berangkat. Kaca yang berjamur dapat menghalangi pandangan Anda.. Sebaiknya Anda membersihkan juga kaca spion, kaca lampu, kaca depan dan kaca belakang.
>>> Baca juga: Penyakit ringan tapi berbahaya saat mengemudi


5. Bawakan Cadangan Alat

Jangan lupakan cadangan alat saat mengemudi dalam  perjalanan jauh pada malam hari. Tidak ada apa yang pasti dalam dunia ini, semua hal bisa terjadi di jalan seperti ban kempes. Pada malam hari sulit sekali untuk mencari tempat memperbaikinya. Jika Anda membawa beberapa peralatan cadangan seperti senter, ban serep, plas chamois dan sekring, Anda bisa memperbaiki sendiri dan bisa melanjutkan perjalanan.

cadangan alat mobil

Jangan lupa membawa cadangan alat mobil 

6. Jaga sirkulasi Udara
Jika Anda mengalami kemacetan hingga berjam-jam  dalam perjalanan, sebaiknya membuka kaca setiap 4 jam. Tujuannya adalah terjaga sirkulasi udara sehingga Anda selalu mendapatkan udara segar.

Demikianlah  beberapa tips mengemudi aman dalam perjalanan jauh pada malam hari. Silahkan Anda coba melaksanakan tips-tips tersebut  dan semoga ia akan bermanfaat bagi  Anda.
>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman, tips dan trik pemakaian mobil

Share this post:
 
back to top