Tips Mempersiapkan Mobil Untuk Track Day dari Pembalap Tiga Generasi

14/11/2018

Pengemudian
Tips Mempersiapkan Mobil Untuk Track Day dari Pembalap Tiga Generasi
Apalah gunanya kendaraan bertenaga tinggi jika tidak digunakan untuk kecepatan tinggi? Tentu saja bukan di jalan, simak tips mempersiapkan mobil untuk track day yang disampaikan khusus oleh Pembalap Tiga Generasi, Jimmy Lukita.

Buat apa membeli supercar atau mobil bertenaga tinggi jika tidak dibawa kebut-kebutan? Mobil bisa ‘lupa’ bagaimana rasanya digeber berkecepatan tinggi. Tetapi tidak juga harus dibawa ngebut di jalan, ada yang namanya track day. Nah, kali ini Cintamobil.com akan mengungkapkan tips mempersiapkan mobil untuk track day.

Track day sendiri merupakan sebuah acara yang diselenggarakan, biasanya oleh komunitas pecinta mobil, dimana peserta diizinkan untuk merasakan mengemudi di jalur sirkuit balap yang ada, atau jalan alternatif (meskipun kurang umum dilakukan) seperti lapangan udara tertutup. Salah satu acara track day yang baru saja dilakukan di Indonesia adalah Porsche Club Sentul Track Day yang diselenggarakan Sabtu (10/11) lalu di Sentul International Sirkuit, Bogor.

Gambar Jimmy Lukita dan pembalap lain

Jimmy Lukita (tengah) bersama pembalap yang menjadi mentor dalam Porsche Club Sentul Track Day

Dalam acara yang juga mengajak beberapa komunitas mobil lainnya, tim Cintamobil.com sedikit berbincang-bincang dengan pembalap veteran Tanah Air, Jimmy Lukita tentang bagaimana mempersiapkan mobil untuk mengikuti track day di sirkuit, khususnya di Sirkuit Sentul.

1. Yang paling penting: persiapkan mobil!

Untuk mobil yang akan dibawa kebut-kebutan, pastikan semua komponen terlebih sistem keselamatan kendaraan berfungsi dengan normal. “Kalau kita bicara mobil, ya udah pasti secara keseluruhan [diperiksa]. Ban, brake pad-nya, lalu tyre pressure-nya. Ya, itu yang paling utama ya,” jelas pembalap senior yang memulai karir membalapnya dari sirkuit gokart ini.

Gambar Porsche Club Sentul Track Day

Para peserta dari Porsche Track Day di Sentul

Pemeriksaan ini untuk mengasumsikan bahwa mobil sudah dalam keadaan baik dan siap digunakan dengan kekuatan maksimal. Sia-sia rasanya jika sudah bersemangat mengikuti track day namun akhirnya kecewa karena kendaraan kurang maksimal ketika dibawa bermanuver. Terlebih, kurangnya persiapan mobil bisa membahayakan, apalagi kesalahan terdapat pada komponen keselamatan seperti ban atau rem.

>>> Paling Banyak Update Foto Supercar, Ini Dia Ibukota Supercar Dunia

2. Sirkuit berbeda dengan jalanan

Setelah memastikan kendaraan siap sedia untuk digunakan, jangan lupa untuk mempelajari sirkuit yang akan ditempuh. Terlebih bagi pengemudi yang terbiasa mengemudi di jalanan yang dipenuhi dengan kendaraan lain, maka mengemudi di trek terkesan lebih mudah. Padahal, masih ada yang perlu diperhatikan sebelum memacu kendaraan di sirkuit yang kosong.

Gambar mobil berkendara di sirkuit

Berkendara di sirkuit yang kosong berbeda dengan di jalan

“Yang namanya sirkuit itu beda kan dengan di jalan. Bisa kita lihat disini lebar sirkuit 15 meter dan jalanan kosong. Tetapi kita ga sadar sebelum belokan mobil harus nge-rem dulu, downshift, baru belok. Kalau speednya ga sesuai dengan kendaraan yang kita kendarain, mobil itu akan out,” jelasnya. “Tetap ada yang namanya breaking point, racing line, sehingga mobil itu bisa belok dengan sempurna.

>>> Dapatkan tips mengemudi terbaik dari Cintamobil.com hanya di sini

3. Perhatikan semua tikungan

Tak sama seperti di jalan raya, berkendara di sirkuit merupakan tantangan tersendiri. Terlebih ketika akan menghadapi tikungan. Bahkan, pembalap yang memulai karir di dunia balapan mobil pada tahun 1984 ini memperingatkan pengemudi untuk memperhatikan setiap belokan. “[Perhatikan] semua tikungan. Bahkan tikungan di sini (Sirkuit Sentul, red) ada yang kita bilang turn dua, tikungan paling gampang yang high-speed. Itu kalau salah mobil bisa [menabrak] ke tembok.”

Gambar mobil yang sedang menikung di atas sirkuit sentul

Perhatikan semua tikungan ketika berada di dalam sirkuit

Di sirkuit Sentul, khususnya tikungan kedua, disebut high-speed karena biasanya pengemudi menghampiri tikungan tersebut dengan kecepatan tinggi. “Karena itu [tikungan] high-speed. High-speed kalau kita salah, lebih fatal daripada yang low-speed.”

Intinya, perhatikan semua tikungan, meskipun terkesan mudah dilewati. “Kalau orang awam mungkin pikir ‘lari 60? gue aja nikung di jalanan lebih dari itu’, tetapi itu ga gampang. Dengan tikungan yang se-tight itu, dengan lari 60 sampai 70 itu ga gampang.”

>>> Temukan informasi seputar harga mobil Porsche di kota Anda

4. Ingin kebut-kebutan? Lampiaskan di sirkuit

Terakhir, pria yang saat ini menurunkan kemampuan membalapnya kepada anaknya yang juga pembalap nasional, Gerhard Lukita, menegaskan bahwa berkendara dengan sportcar tidak boleh seenaknya di jalanan. “Terutama mobil sportcar yang horse power-nya besar, kita harus memperhatikan pengemudi lain. Ada banyak pengendara lain yang unpredictable, bisa belok di depan kita mendadak.”

Gambar Porsche berwarna putih di sirkuit

Lampiaskan semua tenaga mobil hanya di sirkuit

Dan tips mempersiapkan mobil untuk track day yang terakhir, pastikan untuk selalu mengetes kecepatan di tempat yang sudah ditentukan. Jangan sembarangan mengetes sportcar Anda di jalanan, meskipun sepi. Karena bukan seperti sirkuit yang memang digunakan untuk kecepatan tinggi, banyak kejadian tidak terduga yang bisa saja terjadi.

>>> Baca juga semua tips dan trik mobil yang bermanfaat lainnya disini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top