Tips Melintasi Proyek Pembangunan Jalan

06/05/2017

Pengemudian
Share this post:
Tips Melintasi Proyek Pembangunan Jalan
Meski melintas di area perbaikan jalan, tetap konsentrasi, menjaga jarak aman dengan mobil di depan maupun di belakang dan perhatikan rambu agar selamat sampai tujuan.

Pembangunan atau perbaikan jalan tidak hanya menyebabkan kemacetan lalulintas saja tetapi juga menimbulkan hambatan untuk perjalanan Anda. Lebih parah lagi Anda bisa mengalami beberapa insiden yang tidak diharapkan saat berkendara di jalan yang sedang diperbaiki. Jadi melintasi jalan  juga memerlukan tips-tips agar selamat sampai tujuan.

rangkaian mobil melewati proyek pembangunan jalan
Perbaikan jalan selalu terjadi macet dalam waktu lama

1. Menjaga Jarak

Menurut Pak Jusri Pulubuhu, founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consultant (JDDC) kunci berkendara dalam kondisi jalan sedang diperbaiki adalah menjaga jarak dengan mobil di dekat maupun di depan. Menjaga jarak menjadi pilihan yang pintar untuk selamat di jalan.  

2. Rute Alternatif

Jika ada waktu, lebih bagus Anda mencari jalan alternatif untuk sampai tempat tujuan dengan aman dan menghemat waktu. Coba mencari satu atau dua jalan termasuk ‘jalan tikus’ yang juga bisa menjadi opsi untuk menghindari jalan yang sedang diperbaiki.  

>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang tips dan trik mengemudi mobil


3. Rambu dan Petugas Setempat

Rambu dan petugas di proyek pembangunan jalan

Perhatikan rambu dan petugas setempat

Perhatikanlah tanda lalu lintas lokal atau baru dipasang di kawasan dekat proyek. Biasanya, saat proyek berlangsung, petugas memberikan tanda dan rambu lokal bahkan mengatur lalu lintas sesuai kebutuhan untuk meminimalisasi dampak yang tidak diinginkan. Anda harus ikuti petunjuk itu. Pendek kata, jangan sekali-kali menerobos tanpa melihat kelilingnya dan menikmati kondisi ini dengan kepala dingin  Jika tidak diperhatikan akibatnya bisa fatal.   

4. Waspada Saat dan Pasca Hujan

Cuaca  ekstrim  masih menggelayut di beberapa kota di Indonesia termasuk  Jakarta. Saat menyetir dalam konsidi hujan khususnya melewati  jalan yang sedang diperbaiki Anda harus waspada berkali lipat. Kondisi jalan rusak dan berlubang menyimpan potensi sangat bahaya, karena permukaan jalan itu tergenang air. Sehingga kewaspadaan tinggi tetap harus dilakukan baik saat hujan maupun pasca hujan.

Mobil melewati proyek pembanguan jalan
Perhatikan durasi proyek

5. Durasi Proyek

Namanya proyek, tentu ada rentang waktu pengerjaan dan Anda perlu tahu durasi proyeknya. Informasi tentang proyek ini setidaknya menjadi acuan Anda tetap melewati jalan alternatif selama proyek ini berlangsung.
Atas itu adalah beberapa tips untuk melintasi proyek pembangunan jalan dengan baik. Semoga bermanfaat untuk sobat-sobat.
>>> Membaca tulisan lain tentang pengalaman, tips dan trik pemakaian mobil, klik sini

Share this post:
 
back to top