Naik Mobil Listrik untuk Perjalanan Jauh? Begini Cara Menghemat Dayanya

28/05/2021

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Saat menempuh perjalanan jauh, penting bagi Anda untuk menghemat daya mobil listrik, yang bisa dilakukan dengan menggunakan kaca film dan merawat baterai.

Mobil listrik merupakan salah satu alternatif transportasi yang kehadirannya kian populer di bursa otomotif dunia. Pasalnya, mobil yang ditenagai oleh baterai lithium-ion dan diklaim sebagai kendaraan masa depan ini mengusung konsep ramah lingkungan yang mampu mengurangi polusi udara akibat emisi gas CO2.

Selain itu, pengeluaran mobil ini hanya membutuhkan pengisian daya (charge) disebut-disebut empat kali lebih hemat dibandingkan mobil konvensional yang masih mengonsumsi bahan bakar. Tapi rupanya ada lagi lho cara menghemat daya mobil tanpa asap itu ketika diajak berpergian jarak jauh. Simak penjelasannya berikut ini. 

mobil listrik hemat biaya

Kendaraan listrik kini menjadi salah satu alternatif transportasi yang digemari karena diklaim lebih hemat biaya

1. Menggunakan Kaca Film

Sebenarnya, ada banyak faktor yang membuat konsumsi daya baterai di kendaraan listrik menjadi boros. Salah satunya adalah performa kompresor AC yang berfungsi secara optimal untuk mendinginkan suhu kabin. Untuk menghemat penggunaan daya baterai, Anda bisa memanfaatkan kaca film mobil dengan kadar gelap 20 persen. 

Kaca film dengan kadar gelap 20 persen sudah bisa menolak panas sinar infrared dan sinar ultraviolet, sehingga tanpa menyalakan AC dengan suhu paling tinggi, kabin sudah terasa dingin. Dengan terjaganya suhu kabin, secara otomatis performa kompresor AC tidak akan terlalu besar. Hal ini mengakibatkan konsumsi daya listrik dapat diminimalisir sehingga tidak boros saat menempuh perjalanan jauh.

>>> Begini Cara Teknologi Kaca Film Mengirit Energi di Mobil Listrik

kaca film pada mobil listrik

Pengaplikasian kaca film pada mobil dapat membantu menghemat daya baterai saat perjalanan jauh

2. Memperhatikan Perawatan Baterai

Selain menggunakan kaca film mobil, agar daya baterai mobil lebih tahan lama saat menempuh perjalanan jauh, Anda juga harus memerhatikan perawatan baterai, termasuk cara mengisi dayanya. Sejumlah pabrikan mobil seperti Hyundai lebih menyarankan pengendara untuk mengisi ulang daya baterai menggunakan metode slow charging ketimbang metode fast charging sebelum melakukan perjalanan. Mengapa? Alasannya adalah jika menggunakan metode slow charging, daya serta baterai kendaraan listrik akan dijamin tahan lama karena menggunakan arus AC atau alternate current, yang lebih proper dan disarankan di buku manual. 

>>> Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Mobil Listrik di Indonesia

Selain metode slow charging, usahakan pula Anda melakukan pengisian daya pada waktu-waktu ideal, yakni setiap hari atau paling tidak 2 hari sekali dengan tujuan agar tegangan dalam baterai tidak drop. Selain itu, pengisian pada waktu ideal juga membuat daya baterai lebih tinggi dari waktu ke waktu.   

baterai mobil listrik

Agar daya mobil lebih irit dan baterai lebih tahan lama, jangan lupa untuk memerhatikan metode pengisian ulangnya

>>> Benarkah Mobil Listrik Tesla Model 3 Layak Dibeli?

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top