Tips Hemat Bahan Bakar di Tol Trans Jawa

10/06/2019

Pengemudian

4 menit

Tips Hemat Bahan Bakar di Tol Trans Jawa
Mudik lebaran 2019 untuk para pengguna mobil pribadi semakin dimanjakan dengan akses tol Trans Jawa. Menawarkan waktu yang lebih cepat namun juga berpotensi membuat mobil boros bahan bakar. Namun ada beberapa cara atau tips hemat bahan bakar di Tol Trans Jawa.

1. Eco Driving

Aktifkan fitur ECO mode

Teknik Eco Driving bisa membantu Anda lebih hemat bahan bakar dalam perjalanan via tol Trans Jawa

Trik atau cara ini bisa Anda lakukan saat mengendarai mobil apapun. Gaya mengemudi yang agresif seperti mengebut melewati batas kecepatan maksimal di rambu lalu lintas, serta salip kanan-kiri mobil di depan bisa membuat bahan bakar cepat habis. Terlebih bila Anda terlalu sering menginjak pedal gas terlalu dalam. Usahakan jaga kecepatan di 60-80 km/jam dan tidak melakukan manuver mendadak atau terlalu sering. Bila mobil Anda dilengkapi fitur ECO mode, optimalkan fitur ini selama perjalanan.

>>> Temukan mobil idaman Anda di sini

2. Fitur Cruise Control

Fitur cruise control pada mobil Mitsubishi

Fitur Cruise Control bisa Anda optimalkan untuk menjaga kecepatan mobil secara konsisten

Fitur cruise control umumnya dijumpai pada mobil-mobil mewah. Fitur ini menjaga kecepatan stabil dan Anda tidak perlu menginjak atau menahan pedal gas karena kecepatan diatur oleh komputer. Fitur ini bisa Anda optimalkan sebagai tips hemat bahan bakar di Tol Trans Jawa dengan mengatur kecepatan di 80 km/jam sesuai rambu lalu lintas.

>>> Mogok Di Tol Trans-Jawa? Tenang, Catat Daftar Nomor Telepon Mobil Derek Berikut Ini

3. Transmisi Manual

Mobil transmisi manual dengan 3 pedal

Umumnya mobil transmisi manual lebih hemat bahan bakar dibandingkan otomatis

Bila Anda mempunyai mobil dengan transmisi manual, bersyukurlah karena saat melintasi tol Trans Jawa akan lebih hemat bahan bakar. Perpindahan gigi yang bisa Anda lakukan dengan RPM yang tepat membuat mobil melaju dengan konsumsi bahan bakar lebih efisien. Meskipun risiko yang harus Anda hadapi adalah ketika bertemu macet membuat kaki kiri tidak bisa beristirahat lama.

4. Tekanan Angin Ban

Tekanan angin ban rekomendasi pabrik

Pastikan tekanan angin ban Anda sesuai dengan rekomendasi pabrikan

Salah satu tips hemat bahan bakar di Tol Trans Jawa yang mungkin kerap dianggap sepele adalah tekanan angin ban. Padahal bila ban mobil Anda kekurangan tekanan angin bisa membuat mobil lebih boros bahan bakar. Sebaliknya bila melebihi rekomenasi tekanan angin ban dari pabrikan memang bisa tetap efisien tapi mempunyai risiko berbahaya untuk keamanan dalam perjalanan.

>>> Dapatkan tips mengemudi lainnya hanya di sini

5. Matikan Mesin

Starter mobil untuk mematikan dan menghidupkan mesin

Bila berhenti dalam waktu lama, matikan mesin untuk menghemat bahan bakar

Ketika dalam perjalanan jauh, Anda akan beberapa kali berhenti di tempat istirahat (rest area). Saat berhenti, matikan mesin mobil agar tidak dalam keadaan idle. Mesin mobil yang terus menyala saat berhenti bisa membuat konsumsi bahan bakar lebih boros. Alhasil Anda harus mengeluarkan biaya ekstra untuk mengisi bahan bakar. Sudah cukup jelas bukan tips hemat bahan bakar di Tol Trans Jawa dari Cintamobil.com?

>>> Tips & trik lainnya ada disini

 
back to top