Tips Dan Pengetahuan Yang Dibutuhkan Untuk Berkendara Ketika Hujan

27/12/2017

Pengemudian
Share this post:
Tips Dan Pengetahuan Yang Dibutuhkan Untuk Berkendara Ketika Hujan
Dengan akhir tahun dan curah hujan meningkat di setiap kota di Indonesia, berkendara ketika hujan mempunyai tantangan tersendiri. Tentunya, menghindari berkendara ketika hujan deras merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk menghindari kecelakaan di jalanan. Namun, bagaimana jika kita harus menempuh perjalanan di dalam rintangan hujan deras?

Selalu ingat bahwa berkendara dalam keadaan hujan sangat membutuhkan konsentrasi dan kesabaran yang tinggi. Selain itu, perhatika. beberapa tips yang harus dilakukan untuk berkendara dengan aman ketika hujan melanda

banyak mobil sedang berkendara di jalan saat hujan terjadi

Perhatikan beberapa tips untuk berkendara ketika hujan

1. Jangan memaksakan diri

Seperti yang telah dikatakan di atas, hindari berkendara di dalam hujan seperlunya. Jika tidak terlalu penting, jangan membahayakan diri dengan berkendara ketika hujan sedang deras. Jika memang tidak bisa dhindari lagi, setidaknya tunggu beberapa saat sampai hujan tidak terlalu deras. Ingat, keselamatan adalah hal yang paling utama

2. Persiapkan kondisi mobil

Untuk berkendara di musim hujan ini, perhatikan dan selalu lakukan perawatan mobil secara berjangka. Hal ini untuk menghindari mobil mengalami mogok dan berhenti di jalanan dalam keadaan hujan. Hujan akan membuat semua hal mudah yang terjadi ketika cerah menjadi lebih susah. Bayangkan hujan-hujanan mendorong mobil, tentu saja bukan kegiatan yang ingin teman lakukan, kan?

gambar terlihat dari kaca depan sebuah mobil yang sedang berkendara dalam hujan terjadi

Hujan akan mengganggu padangan, pelan-pelan dalam berkendara

3. Pelan-pelan

Tidak perlu buru-buru ketika sedang berkendara di waktu hujan sedang melanda. Masalahnya, ketika sedang buru-buru dan kendaraan di depan berhenti mendadak, tentu saja hal ini akan menyulitkan teman dalam berhenti. Apalagi ketika hujan, biasanya kita tidak bisa melihat dengan jelas dibandingkan sewaktu cerah. Karena itu, kehati-hatian sangat diperlukan untuk keselamatan di musim hujan ini.

>>> Mungkin Anda tertarik, Pengalaman Mengemudi: Mengendalikan Mobil yang Kehilangan Kendali

4. Jaga jarak dengan kendaraan di depan

Menjaga jarak dengan kendaraan di depan erat kaitannya dengan poin di atas. Ketika hujan, kondisi jalanan akan menyulitkan kita untuk bisa melihat dengan jelas. Apalagi ketika hujan turun sangat deras, tentu saja akan menghalangi pandangan. Karena itu, sebisa mungkin jaga jarak dengan kendaraan di depan untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

sebuah mobil berwarna silver sedang berkendara di jalan saat hujan terjadi malam hari

Selalu pelan-pelan dalam mengerem untuk menghindari slip

5. Hindari pengereman secara tiba-tiba

Menjaga jarak akan memudahkan teman untuk mengerem ketika dibutuhkan. Mengerem secara tiba-tiba akan meningkatkan resiko ban slip dan mobil menjadi tidak terkendali. Dengan jalanan licin karena hujan akan mempersulit mobil untuk mengerem. Untuk melambat, lepaskan kaki dari pedal gas lebih awal dari biasanya dan tekan pedal rem secara perlahan.

>>> Klik di sini untuk membaca tips pengemudian lainnya!

6. Hati-hati dengan hydroplaning

Hydroplaning merupakan istilah teknis yang terjadi ketika ban mendapatkan traksi lebih banyak pada air dibandikan pada jalanan itu sendiri. Ketika hydroplaning terjadi, kendaraan akan slip tanpa terkontrol. Ketika terjadi hydroplaning, atau mobil slip, jangan panik. Lepaskan kaki pada pedal gas dengan tenang dan arahkan ke bagian samping secara perlahan. Jangan lupa berika tanda pada lampu sein untuk memperingatkan pengendara lain. Yang terpenting, jangan membuat putaran mendadak atau menekan pedal rem dengan keras.

gambar terlihat dari kaca depan sebuah mobil yang sedang berkendara dalam hujan terjadi

Jendela yang buram bisa mengganggu pandangan dalam berkendara

7. Perhatikan jendela yang buram

Hujan akan membuat tingkat kelembapan menjadi meningkat. Ketika hujan, terkadang teman akan melihat jendela mobil menjadi berkabut saat berkendara. Sebagian besar sistem ventilasi mobil mencakup fungsi yang akan beberkja untuk mengurangi kabut yang berada pada jendela dan kaca depan. Tapi jika kabut masih mengganggu penglihatan, jika perlu menepi sebentar untuk membersihkan kabut sehingga membuat teman bisa melihat lebih jelas.

Untuk lebih jelas, perhatikan beberapa tips mengemudi dalam keadaan hujan yang diupload oleh Discover India berikut.

Ketika musim hujan datang, yang diperlukan adalah mobil yang tetap terawat agar bisa bertahan di semua kondisi serta pengetahuan dan tips untuk berkendara ketika hujan. Selalu perhatikan kecepatan dan jangan terburu-buru dalam mengemudi. Keep safety driving, guys!

Share this post:
 
back to top