Tips Berkendara Sore Hari, Waspada Pergantian dari Terang ke Gelap

21/10/2019

Pengemudian

5 menit

Share this post:
Tips Berkendara Sore Hari, Waspada Pergantian dari Terang ke Gelap
Banyak yang kurang memperhatikan bahayanya berkendara sore hari. Padahal diwaktu inilah sering terjadi kecelakaan akibat mata yang harus menyesuaikan dengan kondisi cahaya sekitarnya.

Saat berkendara di jalan, tentu Anda harus bisa menghadapi semua situasi alam yang ada. Baik siang hari, malam hari, kondisi panas terik, hujan lebat, maupun banjir. Nah ada satu kondisi alam yang juga wajib diwaspadai. Yaitu saat sore hari.

>>> Pentingnya Cek Kondisi Mobil Sesaat Sebelum Berkendara Di Pagi Hari

Berkendara sore hari terbilang butuh perhatian. Karena kondisinya perpaduan antara terang dan gelap. Misalnya saat matahari mulai tenggelam, yaitu antara pukul 17.30 - 18.00. Pada jam-jam ini tak jarang sering timbul kecelakaan.

1. Mata Butuh Penyesuaian

matahari sore silau

Jangan paksakan berkendara sore hari

Jusri Pulubuhu, Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) mengungkapkan, waktu paling krusial ketika berkendara adalah saat peralihan antara terang ke gelap. Dalam kondisi ini sebaiknya pengemudi beristirahat sejenak.

>>> Promo mobil baru terbaik klik disini

"Gunanya agar mata kita beristirahat sekaligus melakukan penyesuaian. Istirahatlah sejenak, misalnya sembari sholat Maghrib," kata dia. Jika mata sudah menyesuaikan maka Anda bisa kembali melanjutkan perjalanan.

2. Istirahatkan Mata Sejenak

nyetir mobil

Sebaiknya beristirahat sejenak dan pejamkan mata

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

Selain itu, kata Jusri, mengistirahatkan mata juga perlu saat berkendara sore hari. Karena ketika malam, maka mata akan bekerja lebih keras dibanding ketika siang. "Mata dipaksa menyerap lebih banyak sinar agar pandangan jelas. Jadi lebih baik istirahatkan dulu matanya," lanjut Jusri.

Karenanya, jika berkendara sore hari, maka sebaiknya jangan paksakan mengemudi. Carilah tempat istirahat untuk berhenti sejenak. Jika memungkinkan pejamkan mata beberapa saat, agar mata benar-benar istirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

>>> Tips dan trik lainnya cari disini

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Lebih Beresiko, Inilah Ancaman Berkendara Malam Hari

19/08/2019

Pengemudian

5 menit

Ancaman berkendara malam hari akan muncul bukan hanya dari faktor luar pengendara, namun juga dari dalam tubuh pengemudi itu sendiri. Untuk itulah tingkat kewaspadaan lebih para pengemudi diperlukan.

Lihat juga

Tips Berkendara Aman Menghadapi Truk di Jalan

11/09/2019

Pengemudian

5 menit

Berkendara aman menghadapi truk bisa dengan mempertimbangkan beberapa hal berikut ini. Karena banyak sekali kasus kecelakaan fatal di jalan raya melibatkan truk.

Lihat juga

Trik Mendahului Bus yang Aman di Jalan Raya

13/10/2019

Pengemudian

5 menit

Mendahului bus yang aman di jalan raya perlu untuk memperhatikan beberapa hal. karena dimensi dan jarak pandang bus berbeda dengan mobil biasa.

Lihat juga

Review MINI 60 Years Edition 2019: Edisi Ulang Tahun Datang ke Indonesia

28/07/2019

Editor rate:

Dipasarkan mulai Maret 2019 lalu, MINI akhirnya membawa edisi ulang tahun ke Indonesia melalui GIIAS 2019. Dikenal dengan nama MINI 60 Years Edition 2019, mobil yang cuma dibawa 60 unit ke Indonesia tetap mempertahankan desain dan fitur berkualitas tinggi dengan tampilan eksklusif dari MINI.

Lihat juga

Harga Suzuki Baleno 2020: Harga & Promo Baleno September Terbaru

01/09/2020

Suzuki

Suzuki New Baleno terbaru ini baru saja diluncurkan pertengahan bulan Desember 2019 lalu, apakah sedan value for money ini layak dimiliki? Dan berapa harga Suzuki Baleno ini?

Lihat juga