Tips Berkendara Saat Tahun Baru dengan Aman

23/02/2018

Pengemudian
Tips Berkendara Saat Tahun Baru dengan Aman
Untuk berkendara saat Tahun Baru pastikan Anda memiliki persiapan untuk mobil. Periksa ban untuk inflasi yang tepat. Pastikan ada cairan wiper kaca depan yang cukup untuk menghadapi musin hujan.

Pastikan Anda memiliki alat darurat dengan kabel jumper, flare atau senter, dan kotak pertolongan pertama. Malam tahun baru merupakan saat dimana jalanan padat dan seringkali terjadi hal yang tidak diinginkan. Berikut berapa hal yang bisa membantu Anda berkendara saat tahun baru dengan aman.

1. Berkendaralah dengan kecepatan yang normal

Memutuskan untuk pergi ke mana pun lima menit lebih awal, bukan karena terlambat lima menit, jadi saya tidak perlu menyetir di luar batas kecepatan, tidak terburu-buru atau menyalip saat melintasi jalur untuk melewati kendaraan lain dalam perjalanan.

Gambar yang menunjukan kondisi lalu lintas yang padat pada malam hari

Berkendara dengan santai dan kecepatan normal

Jika dalam berkendara, beberapa menit tambahan itu akan membuat Anda menghindari bahaya yang mengancam jiwa di sebuah jalan kota yang sibuk atau tempat perbelanjaan di pinggiran kota.

2. Jangan mengemudi ketika sudah lelah

Sebuah kecelakaan 90% kecelakaan disebabkan oleh kesalahan pengemudi, termasuk kesalahan yang disebabkan oleh rasa kantuk. Jadi, jika Anda lelah, segeralah menepi dan keluar dari kendaraan untuk meregangkan badan terutama kaki, bahu dan leher.

Gambar yang menunjukan seorang pengemudi pria yang sedang mengantuk ketika mengemudi

Jangan memaksakan diri untuk mengemudi

Belilah minuman berkafein dan sesuatu untuk dimakan agar bisa mengisi energi. Istirahatlah selama beberapa menit sebelum kembali ke jalan untuk melanjutkan perjalanan.

3. Perhatikan kendaraan yang berada didepan

Itu akan memberi Anda beberapa milidetik lagi untuk bereaksi terhadap lampu rem atau belokan yang mengindikasikan beberapa hambatan atau bahaya lain di depan. Selalu berikan sinyal arah setiap kali ingin berpindah jalur dan perhatikan kaca spion dari dalam jendela mobil.

Gambar yang menunjukan jalanan yang sepi ketika siang hari dengan sedikit mobil yang lewat

Selalu waspada dengan lalu lintas di depan

Jika memungkinkan untuk berpindah jalur, lakukan dengan kecepatan yang normal dan aman. Sehingga tidak merugikan diri Anda dan pengemudi lain di jalan.

>>> Baca juga Tips aman mengemudi bagi wanita hamil

4. Kontrol emosi ketika berkendara

Waspadalah terhadap pengemudi yang mengemudi secara tidak menentu atau agresif, atau meluncur melintasi jalur untuk melewati jalur yang berada dalam batas kecepatan, terutama pada liburan akhir pekan seperti Malam Tahun Baru. Berkendara dengan bijaksana, ikuti peraturan yang ada dijalan dengan baik. Emosi hanya akan membuat semuanya menjadi kacau dan tak terkendali.

Gambar yang menunjukan seorang pria yang sedang mengemudikan mobil sambil memegang smarthphone tanpa memegang setir mobil

Jangan biarkan emosi dan telepon genggam mengganggu konsentrasi Anda

5. Jangan melakukan chat atau telepon ketika berkendara

Sebuah studi oleh Insurance Information Institute mengindikasikan pengendara yang menggunakan telepon genggam untuk telpon atau chat empat kali lebih mungkin mengalami kecelakaan. Hindari untuk menerima telpon atau sekedar membalas chat, jika harus diterima atau dibalas. Menepilah sebentar agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan dan merugikan Anda dan pengendara lain dijalan.

>>> Baca juga tips mengemudi lainnya disini

6. Jangan mengkonsumsi minuman yang mengurangi konsentrasi

Mengkonsumsi alkohol saat berkendara merupakan salah satu penyebab banyaknya terjadi kecelakaan karena konsentrasi pengemudi sudah berkurang bahkan cenderung hilang. Hal ini sangat berbahaya karena bisa membahayakan diri bahkan bisa membunuh Anda atau pengendara lain.

Gambar yang menunjukan pengemudi yang sedang memegang botol bir ketika sedang mengemudi

Perhatikan konsumsi minuman ketika mengemudi

Jadilah pengendara yang menaati setiap peraturan dan bijaksana di jalan, dengan mematuhi hal tersebut tidak banyak lagi kecelakaan yang terjadi dan merenggut korban jiwa. Berkendara saat Tahun Baru seharusnya menjadi kegiatan yang menyenangkan, jangan sampai liburan Anda berganti menjadi peristiwa yang tidak diinginkan atau berakhir dirumah sakit atau kantor polisi.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

 
back to top