Tips Berkendara di Tengah Angin Kencang

21/09/2020

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Tips Berkendara di Tengah Angin Kencang
Berkendara di jalan raya berhadapan dengan berbagai kondisi, termasuk angin kencang jika sedang musimnya. Berikut tips berkendara di tengah angin kencang.

Berkendara nyaman di jalan raya dipengaruhi banyak faktor. Mulai dari kendaraan yang prima, tubuh yang bugar, infrastruktur jalan yang baik, kondisi lalu lintas kondusif, hingga cuaca yang bersahabat. Yang terjadi di lapangan hambatan berkendara bisa datang tanpa diduga. Seperti cuaca yang kurang bersahabat oleh adanya hujan lebat disertai kabut, atau angin kencang.

Daerah rawan angin kencang

Angin kencang memang tidak selalu terjadi setiap hari. Namun ada area-area dimana angin kencang lebih sering berhembus. Dan itu harus diwaspadai, terutama jika sedang mengemudikan kendaraan bermotor baik sepeda motor maupun mobil.

Pertama; di ketinggian. Di area jalan yang lebih tinggi dari permukaan tanah angin biasanya berhembus lebih kencang dari yang lain. Misalnya saat melewati jembatan atau jalan di pegunungan. Area-area tersebut biasanya ditandai dengan adanya rambu-rambu “Hati-hati! Hembusan Angin Kencang” agar pengendara lebih waspada.

Kedua; Di jalanan lapang. Jalanan lapang seperti persawahan dan pesisir juga rawan hembusan angin kencang karena tidak terdapat objek pelindung seperti pepohonan atau bangunan.

>>> Daftar Titik Rawan Kecelakaan Lalu Lintas di Jawa Tengah

Foto rambu-rambu hembusan angin di Jembatan Lemah Ireng I Tol Semarang-Solo

Rambu-rambu peringatan Hembusan Angin terpasang di Jembatan Lemah Ireng I (879 m) Tol Semarang-Solo

Tips Berkendara di Tengah Angin Kencang

Selain kedua area di atas, angin kencang bisa terjadi dimana saja. Namun yang terpenting adalah memahami teknik berkendara yang aman di tengah terpaan angin kencang. Perlu diketahui terpaan angin kencang bisa membuat kendaraan kehilangan keseimbangan.

Makin berbahaya lagi jika kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi, hembusan angin kencang bisa membuat kendaraan tergelincir keluar jalur. Bagi pemotor diterpa angin kencang bisa membuat pengendara terpelanting jatuh.

Karenanya, perlu kewaspadaan tinggi dan berhati-hati. Berikut tips berkendara di tengah angin kencang agar aman dan selamat, sebagaimana dibagikan Jasa Marga

1. Waspadai keadaan sekeliling

Waspadai keadaan dan objek di sekeliling kendaraan. Jangan sampai lengah karena berbagai kemungkinan bisa terjadi. Misalnya laju kendaraan lain yang tidak stabil karena tertiup angin, atau mungkin banyak pepohonan yang dikhawatirkan tumbang.

2. Jaga keseimbangan dengan mengontrol kecepatan

Angin kencang bisa menimbulkan efek melayang bagi kendaraan yang tengah melaju. Semakin berbahaya jika kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi. Untuk menghindari bahaya besar usahakan menjaga keseimbangan kendaraan. Caranya dengan menurunkan kecepatan hingga titik aman kendaraan melaju dengan stabil.

>>> Bukan Hanya Banjir, Waspadai Juga Pohon Tumbang Saat Musim Hujan

Foto menunjukkan pohon tumbang di jalan Tol Cikampek KM 57, Desember 2016

Pohon tumbang, potensi bahaya berkendara saat angin kencang

3. Turunkan kecepatan

Menurunkan kecepatan kendaraan menjadi cara paling penting untuk tetap aman di tengah terpaan angin kencang. Kendaraan bakal tetap stabil dan lebih terjaga dari keluar jalur.

4. Tetap tenang dan konsentrasi

Seperti saat cuaca normal, ketenangan dan konsentrasi sangat dibutuhkan. Tidak perlu panik, yang penting tetap berkendara yang baik sebagaimana cara di atas serta mematuhi aturan lalu lintas.

>>> Baca tips dan trik lain tentang otomotif dan lalu lintas di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Tips Mengemudi Mobil Di Jalan Pegunungan

10/06/2017

Pengemudian

Persiapkan diri dan persiapkan kendaraan, menanjak dengan gigi rendah, menfaatkan engine brake di tanjakan, pastikan kondisi aman sebelum menyalip, jangan menikung kencang, waspada blind sport, antisipasi hujan dan kabut, menggunakan rem pakir adalah beberapa tips mengemudi mobil di jalan pegunungan.

Lihat juga

5 Tips Melintas Di Jalanan Pegunungan Berkabut Parah

02/03/2019

Pengemudian

Salah satu daerah favorit yang sangat sering dijadikan tempat rekreasi ialah daerah pegunungan. Akan tetapi saat musim hujan jalanan pegunungan kebanyakan menjadi berkabut, ini menjadi tantangan besar untuk mereka yang bepergian dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Lihat juga

Nyetir Mobil saat Hujan Deras, Lampu Mana yang Sebaiknya Dinyalakan?

28/08/2020

Pengemudian

5 menit

Ketika nyetir mobil saat hujan deras apakah sebaiknya harus menyalakan lampu utama atau cukup menyalakan lampu senja saja?

Lihat juga

Waspada Mengemudi Saat Hujan Baru Turun

22/07/2020

Pengemudian

3 menit

Musim pancaroba membuat cuaca sering berganti secara cepat, hal ini tentu harus diantisipasi, sebab Anda harus lebih waspada mengemudi saat hujan baru turun...

Lihat juga

Rawan Celaka, Ketahui Dulu 7 Tips Berkendara Aman Di Kabut Asap

23/09/2019

Pengemudian

7 menit

Kebakaran Hutan dan Lahan tampaknya terus menghantui di beberapa wilayah. Merespon hal tersebut, Cintamobil.com akan memberikan 7 tips berkendara aman di kabut asap, setidaknya dapat membantu mengurangi potensi kecelakaan.

Lihat juga
 
back to top