Tips Berkendara di Kondisi Jalan Basah Supaya Tetap Aman

15/10/2020

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Tips Berkendara di Kondisi Jalan Basah Supaya Tetap Aman
Memasuki musim hujan ada sejumlah hal yang harus diperhatikan. Berikut tips berkendara di kondisi jalan basah saat musim hujan supaya tetap aman dan nyaman.

Sebagian wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan. Sejumlah persiapan pun harus dilakukan termasuk oleh pengendara. Pengendara harus memastikan kondisi mobilnya prima agar tak menyusahkan nantinya.

Salah satu yang harus dipastikan kondisinya bagus adalah ban.

>>> Memasuki Musim Hujan, Ini 5 Cara Merawat Wiper Agar Panjang Umur

tips berkendara

Berkendara di jalanan basah

Ban Punya Peran Penting

Dilansir Goodyear, Kamis (15/10/2020), sebelum berkendara di kondisi jalan basah, setidaknya ban harus memiliki sisa kedalaman telapak yang cukup untuk mampu memecah genangan air yang ada diantara permukaan jalan dan ban Anda. 

Jika ban Anda sudah aus sekitar 2.5 mm atau 3 mm mendekati garis, sebaiknya pertimbangkanlah untuk mengganti ban. Ini dilakukan demi keamanan dan keselamatan Anda bila harus berkendara di kondisi jalan basah.

Kemudian perhatikan soal tekanan angin ban. Tekanan angin yang terlalu tinggi atau terlalu rendah bisa mengurangi kemampuan traksi ban, aus ban terlalu dini, hingga merusak ban. 

tips berkendara

Cek tekanan ban sebelum berkendara di jalan basah

Periksalah tekanan angin secara berkala (sekurangnya sebulan sekali) memastikan semua dalam kondisi bertekanan sepatutnya. Pastikan Anda bisa melihat jalanan yang basah karena hal ini penting untuk keselamatan mengemudi. 

Wiper juga harus diperiksa umur pemakaian dan kondisinya. Kalau terlihat bekas jejaknya dikaca, gantilah. Pastikan kendaraan kamu juga dapat dilihat oleh pengguna jalan lainnya. Nyalakan lampu dan pastikan semuanya berfungsi normal.

Bila memang Anda terpaksa berkendara di jalanan basah ada sejumlah tips yang bisa diikuti berikut. 

>>> Tips Mempersiapkan Kendaraan Sebelum Masuk Musim Hujan

1. Perlambat Laju Kendaraan 

Jalan basah bisa mengurangi daya cengkeram ban, memperpanjang jarak pengeremanan mengurangi kemampuan kemudi untuk menghindari gangguan.

2. Jaga Jarak 

Jaga jarak kendaraan di depan karena jarak pengereman lebih jauh saat jalan basah. Berjarak juga menghindari cipratan air dari ban mobil depan, sehingga kamu bisa melihat jalan dengan lebih baik.

3. Tetap di Jalur

Berganti arah tiba-tiba bisa mengurangi kemampuan kontrol, terutama pada jalan yang licin sehingga mengemudilah dengan lebih santai.

4. Berhenti Bila Kurang Yakin

Jika hujan semakin deras dan kamu merasa kurang nyaman dengan kemampuan pandang di depan, sebaiknya berhenti. Curah hujan yang tinggi menambah beban penghapus kaca, menyebabkan sejumlah air menggenangi kaca dan membuat pandangan terhalang.

tips berkendara

Tetap berhati-hati dan waspada

5. Hati-hati saat Hujan Turun Pertama

Hujan pertama membuat jalan menjadi licin karena campuran lumpur dan oli kering dengan air menjadi lapisan yang licin di jalan. Biasanya agak terasa kehilangan kontrol kemudi sehingga berhati-hatilah pada setengah jam pertama hujan turun.

6. Injak Rem Perlahan 

Biarkan rem mobil Anda kering setelah melewati genangan air. Caranya bisa dilakukan dengan menginjak pedal rem secara perlahan. 

7. Hindari Kaca Berembun

Kalau kaca berembun, gunakan pengatur udara untuk menghilangkan kelembaban di dalam kendaraan. Kalau tidak ada fasilitas ini, buka sedikit kaca jendela agar udara bersirkulasi.

>>> Cara Mencegah Kaca Mobil Berjamur di Musim Hujan

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Wajib Anda Ketahui, Ini Tips Berkendara Saat Hujan

07/11/2019

Pengemudian

3 menit

Musim hujan telah tiba, Anda harus melipatgandakan konsetrasi di jalan ketika berkendara saat hujan. Maka dari itu, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk pengendaraan yang aman di musim hujan.

Lihat juga

Nyetir Mobil saat Hujan Deras, Lampu Mana yang Sebaiknya Dinyalakan?

28/08/2020

Pengemudian

5 menit

Ketika nyetir mobil saat hujan deras apakah sebaiknya harus menyalakan lampu utama atau cukup menyalakan lampu senja saja?

Lihat juga

Cara Mencegah Kaca Mobil Berjamur di Musim Hujan

25/09/2020

Perawatan dan service

3 menit

Sejumlah wilayah di Indonesia mulai memasuki musim hujan. Untuk itu, ada baiknya untuk mempersiapkan segala hal termasuk mencegah kaca mobil berjamur.

Lihat juga

Amankah Mencuci Mobil dengan Air Hujan?

30/04/2020

Perawatan dan service

3 menit

Musim hujan masih berlangsung di negeri kita tercinta, artinya masih banyak mobil kotor karena kehujanan. Anyway amankah mencuci mobil dengan air hujan?

Lihat juga

Kajian Roda Empat: Episode Perdana tentang Tips Pengemudi Siaga di Musim Hujan

17/01/2020

Pasar mobil

2 menit

Podcast perdana Kajian Roda Empat dari Cintamobil.com membawa obrolan seputar tips dan trik serta informasi terkini seputar otomotif dalam layanan Spotify.

Lihat juga