Tips Berkendara Aman Bagi Pengemudi Truk dan Bus Ala Daimler

13/05/2020

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Tips Berkendara Aman Bagi Pengemudi Truk dan Bus Ala Daimler
Pengemudi truk tetap beraktivitas di masa pandemik ini. Dan Daimler Commercial Vehicles Indonesia berbagi tips berkendara aman bagi pengemudi truk dan bus.

Di tengah situasi darurat pandemik virus Corona,masih banyak pengemudi truk dan bus yang bertugas mengantar kebutuhan logistik dan lainnya ke berbagai wilayah di Indonesia. Kondisi tubuh yang tidak prima dapat enyebabkan kelelahan dan microsleep yang bisa berbahaya. Kali ini, Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) berbagai tips berkendara aman bagi pengemudi truk dan bus di jalanan.

1. Tidur cukup sebelum berkendara

Berkendara memakan pikiran dan konsentrasi serta melelahkan. Terlebih ketika berkendara jarak jauh. Sebelum melakukan perjalanan jarak jauh, pastikan untuk menjaga kebugaran tubuh dengan tidur yang cukup. Usahakan untuk tidur, sekitar 7 hingga 8 jam sebelum melakukan perjalanan.

2. Pastikan posisi berkendara terbaik

posisi duduk pengemudi bus yang sedang berkendara
Posisi berkendara menentukan kenyamanan selama perjalanan jauh

Rasa kantuk sangat sering datang ketika posisi duduk terlalu nyaman dan membuat tubuh terlalu rileks. Hal ini bisa berbahaya ketika berkendara. Atur kursi dengan posisi duduk yang tegak sehingga membuat tubuh tetap terjaga dan sedia selama berkendara.

>>> Tips Berkendara Aman Menghadapi Truk di Jalan

3. Lakukan aktivitas untuk menjaga konsentrasi

Mengemudi dalam waktu yang lama akan membuat konsentrasi berkurang. Untuk menjaga agar tetap terjaga dan bersemangat ketika berkendara, DCVI menyarankan agar Anda melakukan aktivitas lain untuk menjaga konsentrasi. Seperti mendengarkan musik atau mengobrol bersama asisten pengemudi. Tapi hindari mendengarkan musik dengan tempo yang cepat.

4. Menepi ketika sudah mengantuk atau kelelahan

pengemudi truk yang sedan beristirahat dan berolahraga di luar truk
Jangan lupa menepi ketika merasakan kantuk dan kelelahan

Kelelahan sangat mempengaruhi rasa kantuk, apalagi bagi pengemudi truk atau bus yang sebagian besar berkendara dalam waktu yang lama. Disarankan untuk segera menepi apabila rasa kantuk sudah tak tertahankan. Keluar dari kendaraan untuk melakukan peregangan otot atau berhenti dan beristirahat ketika Anda sudah kelelahan.

>>> Promo mobil baru yang menarik buat Anda ada disini

5. Kurangi minuman berkafein dan perbanyak minum air putih

Mengkonsumsi kafein berlebih memang memberikan efek prima karena membuat jantuh bekerja lebih kencang dan peredaran darah lancar. Tapi ketika efeknya habis, tubuh akan merasa letih, konsentrasi berkurang dan dehidrasi. Karena itu, perbanyak minum air putih atau air mineral pada saat sahur dan berbuka untuk menjaga stamina dan konsentrasi.

6. Jaga kebersihan di dalam kabin

setir truk Daimler berwarna hitam
Jangan lupa untuk menjaga kebersihan di dalam kabin truk/bus

Meskipun tidak termasuk dalam pengemudian yang aman, disarankan untuk tetap menjaga kebersihan di dalam kabin untuk mencegah penularan Covid-19. Beberapa cara yang bisa dilakukan bagi para pengemudi truk dan bus yaitu memakai masker, menggunakan hand sanitizer, dan tak lupa membersihkan kabin secara rutin.

Sebagian besar tips berkendara, baik pengemudi truk dan bus atau pengendara pada umumnya, ketika berkendara di masa pandemik adalah dengan menjaga kebersihan dan kesehatan selama berkendara. Jangan paksakan untuk berkendara jika sudah merasa lelah. Pasalnya elelahan dan keletihan bisa mempermudah datangnya penyakit. Stay healthy, guys!

>>> Tips trik lainnya bisa dibaca disini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Entitas Baru, Daimler Commercial Vehicle Manufacturing Indonesia Siap Lanjutkan Torehan Positif 2019

18/02/2020

Pasar mobil

2 menit

Mewujudkan Project Future dari Daimler AG di Indonesia, PT Daimler Commercial Vehicle Manufacturing Indonesia akhirnya diresmikan di Wanaherang, Jawa Barat.

Lihat juga

Volkswagen, BMW dan Daimler Kembali Diperiksa Terkait Kolusi Pengaturan Emisi

20/09/2018

Pasar mobil

‘The Big Three’ pembuat mobil asal Jerman – Volkswagen, BMW, dan Daimler – tidak bisa terlepas dari dugaan kecurangan pengaturan emisi kendaraan.

Lihat juga

Modus Baru Penyelundupan Pemudik, Sembunyi di Truk Molen dan Bagasi Mobil

07/05/2020

Event - Promosi

5 menit

Masih ada saja berbagai modus baru yang dilakukan masyarakat dalam upaya penyelundupan pemudik. Tujuannya tentu demi lolos dari penjagaan petugas dan sampai ke kampung halaman.

Lihat juga

Kampanye #BersamaIsuzu Bentuk Dukungan Buat Para Sopir Truk

16/04/2020

Event - Promosi

5 menit

Demi membantu para korban terdampak virus corona di Indonesia, Isuzu meluncurkan kampanye sosial dengan tema #BersamaIsuzu. Kampanye #BersamaIsuzu ini juga mengajak semua lapisan masyarakat ikut berdonasi.

Lihat juga

Tak Hanya Mobil, Truk Mitsubishi Fuso Juga Bisa Servis #DiRumahAja

15/04/2020

Event - Promosi

3 menit

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors memberikan layanan servis di rumah saja khusus bagi konsumen kendaraan niaga truk Mitsubishi, bagaimana cara mendapatkannya?

Lihat juga
 
back to top