Tips Berbuka Puasa saat Terjebak Macet

28/04/2021

Pengemudian

3 menit

Tips Berbuka Puasa saat Terjebak Macet
Terjebak kemacetan bisa menimbulkan suasana hati yang kurang menyenangkan. Nah, buat Anda yang sedang berpuasa berikut tips berbuka puasa saat dalam kemacetan.

Beragam situasi bisa terjadi saat berkendara di jalan raya, dari yang menyenangkan hingga yang menjengkelkan, seperti terjebak banjir, atau terjebak kemacetan. Namun apapun keadaannya Anda dituntut untuk tetap berkendara dengan baik dengan konsentrasi yang benar-benar terjaga.

Di bulan puasa, ada momen buka puasa yang terkadang waktunya tiba saat berkendara. Lantas bagaimana jika situasi lalu lintas sedang macet? Bagaimana pula cara mempersiapkan diri? Berikut tips berbuka puasa saat terjebak dalam kemacetan, sebagaimana dibagikan Hutama Karya lewat IG-nya.

1. Persiapkan minuman dan makanan ringan

Sebelum perjalanan sebaiknya persiapkan minuman dan makanan ringan untuk dibawa dalam kendaraan. Anda bisa bawa air mineral, buah-buahan kaya serat dan praktis dibawa, kue kering, roti gandum, atau snack bar. Anda bisa mempersiapkannya dari rumah, atau membeli di minimarket sebelum kendaraan bertemu dengan kemacetan. Jika Anda berkendara lewat tol, persiapkan bekal diatas sebelum kendaraan masuk tol.

>>> Hindari Membawa 3 Makanan ini di Mobil untuk Buka Puasa

Minuman di dalam mobil

Siapkan bekal minuman dan makanan ringan dalam mobil

2. Jaga emosi dan tetap tenang

Terjebak di kemacetan bisa memunculkan suasana hati yang buruk. Terlebih dalam kondisi lapar, emosi terkadang mudah terpancing. Cobalah tetap tenang dan jaga emosi. Bagaimanapun juga Anda marah-marah tidak akan mengubah keadaan. Selama kendaraan di depan masih tersendat, kendaraan Anda juga tidak akan melaju dengan lancar.

Karenanya beruntung kalau Anda sudah mempersiapkan bekal minuman dan makanan ringan di mobil. Anda bisa melipir ke pinggir jalan untuk berhenti dan berbuka puasa. Atau kalau tidak memungkinkan karena di jalan tol atau terjebak di tengah jalur, Anda bisa memanfaatkan kemacetan untuk buka puasa di dalam mobil.

3. Cari masjid/mushola terdekat untuk melanjutkan beribadah

Setelah berbuka segera cari masjid/mushola terdekat untuk melanjutkan beribadah Sholat Maghrib. Di jalan tol Anda bisa mampir ke rest area terdekat. Selain beribadah Anda bisa memenuhi bermacam keperluan seperti makan, membeli sesuatu, toilet, isi BBM dan yang lain.

Ketiga poin diatas semuanya penting, namun nomor satu bisa Anda prioritaskan. Hati akan merasa lebih tenang jika ada perbekalan karena Anda bisa segera berbuka puasa meski dalam kemacetan.

>>> Megahnya Resta Pendopo KM 456, Rest Area Skybridge Pertama di Indonesia

Foto salah satu gerai oleh-oleh di Rest Area KM 429A Ungaran-Jawa Tengah

Manfaatkan rest area untuk berbuka puasa

>>> Sedang Di Perjalanan, Jangan Paksakan Diri Berbuka Puasa Di Rumah

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top