Tips Belajar Mobil Manual untuk Kaum Hawa Biar Cepat Mahir

05/03/2021

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Tips Belajar Mobil Manual untuk Kaum Hawa Biar Cepat Mahir
Belajar mobil manual buat kaum hawa menjadi pengalaman tersendiri. Agar lebih cepat beradaptasi dan mahir berkendara, Anda bisa mempraktikan tips berikut ini.

Belajar mobil memang susah-susah gampang. Kalau bisa beradaptasi, maka kemungkinan untuk bisa berkendara juga makin cepat. Pun demikian bagi kaum wanita. Seiring berjalannya waktu, wanita dituntut lebih mandiri mengingat padatnya pekerjaan yang harus dikerjakannya. Oleh sebab itu, banyak dari wanita yang tertarik belajar mobil untuk memudahkan pekerjaannya. 

Biasanya, saat belajar mobil ada yang menawarkan pilihan mobil manual dan juga matik. Kalau Anda lebih tertarik belajar mobil manual, berikut sederet tips yang bisa dipraktikan agar lebih cepat mahir mengendarainya dikutip dari laman Daihatsu, Jumat (5/3/2021). 

>>> Wajib Diketahui Wanita, Cara Menyalip Mobil yang Benar di Jalan

1. Pahami Fungsi Tombol di Mobil

fitur mobil

Tiap tombol di mobil memiliki fungsi yang berbeda

Sebelum Anda mengoperasikan mobil, ada baiknya untuk memahami fungsi setiap tombol dan fitur yang tersedia. Ini akan membantu Anda meminimalisir rasa gugup saat berkendara. Seperti diketahui, setiap tombol dan fitur di mobil memiliki fungsi yang berbeda. 

Tanpa memahami informasi dasar tersebut, wajar jika Anda merasa takut untuk mengendarainya. Usai memahami setiap fungsi tombolnya, segera terapkan ilmu yang didapatkan agar lebih cepat mahir berkendara. 

2. Pilih Tempat Belajar yang Pas

Saat Anda memutuskan untuk belajar mobil manual, carilah tempat yang tepat. Tentunya, Anda bisa belajar di area yang luas dan cenderung sepi dari pengguna jalan lain agar lebih leluasa dan meminimalisir hambatan.

Lokasi yang tempat dapat mempercepat adaptasi Anda untuk mengendarai mobil manual sebelum akhirnya turun ke jalan ramai. 

Young beautiful woman sitting in school car ready for classes Free Photo

Pilih tempat belajar yang cenderung luas dan sepi dari pengguna jalan lain

>>> 4 Pertimbangan Penting Sebelum Memilih Mobil yang Cocok untuk Wanita

3. Menjaga Fokus 

Mengendarai sebuah mobil bisa menjadi masa menegangkan bagi para pengemudi mobil pemula. Bahkan perasaan khawatir sudah dirasakan ketika masuk ke dalam kabin kendaraan, di mana Anda akan disambut dengan banyaknya tombol yang harus dioperasikan di saat yang tepat. 

4. Minta Didampingi oleh yang Lebih Ahli

Jangan coba-coba untuk belajar mobil manual seorang diri tanpa didampingi yang lebih ahli. Ini untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan ketika Anda menemui hambatan di jalan. Anda bisa mengajak kerabat, saudara, teman, yang memang lebih mahir dalam berkendara. 

Mereka juga bisa membantu ketika Anda menghadapi kesulitan sekaligus mengambil sikap guna menghindari bahaya. 

Driving instructor showing vehicle dashboard and buttons to the student taking driving lessons Free Photo

Minta dampingi oleh yang lebih ahli

5. Rajin Berlatih

Rajin berlatih adalah kunci Anda bisa lebih cepat berkendara. Setiap orang memiliki waktu berbeda untuk bisa menguasainya, namun dengan rutin berlatih tentunya proses belajar tidak akan menghianati hasil. 

Young business woman sitting in car Free Photo

Usahakan untuk terus berlatih

Oleh sebab itu, teruslah asah kemampuan Anda dan tidak berhenti berlatih di satu medan saja. Jika menyetir di padatnya jalan perkotaan sudah lihai dilakukan, tidak ada salahnya mencoba menyusuri medan yang lebih ekstrim dengan tingkat kesulitan lebih tinggi seperti jalan kompleks perumahan atau jalan menanjak. 

Kalau sudah mahir jangan lupa untuk membuat Surat Izin Mengemudi (SIM) agar Anda tak diliputi rasa was-was. SIM merupakan salah satu persyaratan Anda berkendara kemanapun. 

>>> Baru atau Bekas: 5 Mobil Matic Murah untuk Wanita Harga Rp100 Jutaan

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top