Tips Bekerja Nyaman Saat #DiRumahAja Tanpa Berkendara

08/05/2020

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Tips Bekerja Nyaman Saat #DiRumahAja Tanpa Berkendara
Meski tanpa berkendara, di rumah aja pun Anda bisa menjalankan tugas, tapi pastikan semuanya bisa berjalan lancar. Berikut tips bekerja nyaman saat #DiRumahAja!

Pandemi virus Corona (COVID-19) belum bisa dikendalikan membuat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa wilayah diperpanjang hingga pertengahan dan akhir Mei 2020. Anjuran untuk menjalani aktivitas di rumah aja juga masih berlaku, seperti bekerja, belajar, serta beribadah. Terkecuali buat orang yang pekerjaannya tidak bisa dilakukan di rumah, boleh tetap beraktivitas dengan mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah.

Foto menunjukkan kampanye Honda parkir di rumah

Dukung kampanye #DiRumahAja, Honda ajak parkir di rumah agar pemilik bisa bekerja nyaman

Tips bekerja nyaman saat #DiRumahAja

Bekerja di rumah, ada sisi enaknya, tapi juga banyak gangguannya. Enaknya, Anda tidak perlu berkendara sehingga aman dari terjebak kemacetan serta bisa menghemat biaya operasional kendaraan. Anda juga bisa setiap saat bertemu dengan keluarga dan orang-orang tercinta. Sisi tidak enaknya, yaitu banyak gangguan terutama yang berkaitan dengan kedisiplinan. Terlalu santai dan menunda-nunda, banyak bergurau dengan anak-anak atau tak kuasa menahan rasa ingin tidur.

Diperlukan kedisiplinan tinggi agar Anda bisa mendapatkan hasil kerja yang maksimal. Berikut tips yang harus Anda lakukan agar tetap merasa nyaman meski bekerja #DiRumahAja.

1. Lakukan persiapan layaknya mau berangkat kerja di luar

Dimulai setelah bangun tidur dan menjalankan shalat Subuh, yang biasanya berolahraga, lakukan olahraga ringan di rumah. Setelah itu mandi, dandan rapi dan sarapan, baru bersiap menjalankan aktivitas kerja.

2. Buat daftar kerja berdasarkan prioritas

Mungkin ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Buat daftar pekerjaan itu berdasarkan prioritas untuk didahulukan. Skala prioritas bisa karena sudah deadline hari ini, lebih mudah dikerjakan, dan yang lain.

>>> Sisi Positif di Rumah Aja dan Tak Berkendara di Bulan Puasa

Gambar menunjukkan daftar rencana kerja

Jangan lupa membuat daftar rencana kerja yang akan dilakukan

3. Atur posisi dan tempat kerja yang nyaman

Ciptakan posisi dan tempat kerja yang nyaman. Bisa di ruang depan, ruang tengah atau ruang khusus untuk bekerja. Tak ada salahnya juga di bagian luar rumah seperti taman belakang atau teras depan sepanjang itu nyaman dan tidak terganggu orang lain.

4. Perhatikan kebersihan tempat kerja

Kebersihan tempat kerja adalah salah satu yang vital menciptakan suasana bekerja nyaman saat #DiRumahAja. Jangan biarkan tempat kerja dipenuhi sampah meski hanya kecil seperti bungkus permen, remah makanan atau tetesan air bekas minum. Untuk hal ini mau tidak mau Anda harus menyediakan tempat sampah khusus di area kerja.

5. Pastikan Internet bekerja dengan baik

Jika pekerjaan Anda membutuhkan internet, pastikan koneksi lancar tanpa tersendat. Ganti dan gunakan provider yang terbaik jika Anda tidak mendapatkan internet bagis dari provider lama.

>>> Pirelli Kembangkan Teknologi Ban yang Dapat Terhubung ke Internet 5G

Foto menunjukkan bekerja di rumah dengan posisi tiduran

Atur posisi yang paling nyaman untuk bekerja

6. Disiplin dalam waktu bekerja dan istirahat

Ini hal yang paling vital dari semua tips di atas, disiplin dalam waktu kerja dan istirahat. Meski tak ada pengawasan dari atasan Anda harus berusaha disiplin waktu sejak mulai bekerja, misalnya mulai kerja jam 07.00 / 08.00, istirahat jam 12.00, masuk lagi jam 13.00, lalu berhenti jam 16.00 / 16.30.

Tips bekerja nyaman saat #DiRumahAja di atas bersifat fleksibel. Penerapannya disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada, serta yang terpenting adalah komitmen dan disiplin.

>>> Tips dan trik menarik lainnya seputar mobil ada disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Sisi Positif di Rumah Aja dan Tak Berkendara di Bulan Puasa

03/05/2020

Pengemudian

3 menit

Tak boleh bepergian karena ada wabah COVID-19, jangan terlalu gundah. Ada banyak sisi positif di rumah aja yang bisa kamu dapat, terlebih di bulan puasa Ramadhan ini.

Lihat juga

Perhatikan 4 Kesalahan Mencuci Mobil Sendiri Saat Di Rumah Saja

02/05/2020

Perawatan dan service

4 menit

Mencuci mobil sendiri saat di rumah aja bisa menjadi aktivitas mengasyikkan. Tapi ingat, ada beberapa kesalahan mencuci mobil sendiri yang harus Anda hindari.

Lihat juga

Tips Merawat Mobil Saat Kerja di Rumah Dari Daihatsu

01/05/2020

Perawatan dan service

3 menit

Tidak menggunakan mobil bukan berarti tidak merawatnya. Bagi Anda yang bekerja di rumah, berikut tips merawat mobil dari Daihatsu untuk menjaga mobil dalam kondisi prima.

Lihat juga

Perawatan di Rumah, Ini 6 Perawatan Mobil Matik yang Sering Terlupa

01/05/2020

Perawatan dan service

3 menit

Masa-masa karantina ini mengharuskan kita untuk tetap di rumah. Sedangkan untuk perawatan mobil matik yang dilakukan di rumah, ada beberapa hal yang sering terlupa.

Lihat juga
 
back to top