Tips Aman Tidur di Dalam Mobil untuk Perjalanan Jauh

10/02/2018

Pengemudian
Tips Aman Tidur di Dalam Mobil untuk Perjalanan Jauh
Ketika berpergian jarak jauh, ada kalanya kita tidak bisa sampai tujuan dalam waktu sehari, jadi ada beberapa pengemudi yang tidur di dalam mobil. Tapi, bukan sembarangan, ada beberapa tips tidur di dalam mobil yang harus dilakukan untuk menghindari terjadinya kecelakaan atau hal yang tidak diinginkan selama kita tidur

.Konsep tidur di dalam mobil sudah ada mulai dari mobil mempunyai atap dan menjadikannya tempat yang lumayan bagus untuk tiduk di kala malam hari. Namun, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa tips tidur di dalam mobil yang diberikan oleh Cintamobil seperti di bawah ini.

1. Yang paling penting, pilih lokasi

Memilih tempat merupakan prioritas pertama Anda jika menginginkan kualitas tidur yang baik dan aman. Anda pastinya ingin menemukan tempat dimana Anda bisa tidur dengan tenang dan menghindari ditilang oleh polisi ketika Anda bangun. Untuk itu, Anda bisa pergi ke jalan tanah kecil di pinggir jalan yang tidak terlalu jauh dari jalan raya.

Gambar yang menunjukan seorang wanita baru bangun tidur di dalam mobil ditemani seekor anjing

Perhatikan lokasi tempat Anda berhenti

Meskipun ada banyak mobil, orang yang lalu lalang dan bahaya lainnya, ada banyak tempat yang bisa Anda jadikan sebagai tempat untuk memarkirkan kendaraan Anda. Selalu pastikan tidak ada tanda-tanda yang melarang Anda untuk memarkirkan kendaraan Anda. Serta, perhatikan tempat yang begitu gelap sehingga memberikan kesempatan orang lain melakukan tindakan kriminal.

2. Persiapkan tempat tidur

Dalam beberapa kasus, kebanyakan pengendara yang ingin tidur di dalam mobil hanya beralaskan kursi pengemudi dengan jaket yang digulung untuk dijadikan bantal. Ini adalah persiapan minimum yang bisa Anda lakukan. Namun, jika Anda memang sudah memprediksi bahwa Anda akan menghabiskan malam di dalam mobil, sebaiknya Anda mempersiapkan segala sesuatunya.

Gambar yang menunjukan bagian dalam mobil yang dijadikan sebagai kasur

Persiapkan barang yang membuat tidur Anda nyaman

Kenyamanan untuk tidur di dalam mobil terletang pada kenyamanan tempat tidur Anda. Anda bisa mempersiapkan kasur udara yang bisa diletakkan di dalam mobil agar Anda bisa menikmati sensasi tidur yang menyenangkan. Selain itu, pastikan jika Anda juga mempersiapkan selimut, karena tidur di mobil sama dinginnya dengan tidur di dalam tenda pada malam hari.

>>> Baca juga Mengetahui blind spot atau titik buta pada mobil

3. Jangan terlalu gelap

Sama seperti memperhatikan posisi Anda memarkir mobil, Anda juga harus memberikan sedikit penerangan di dalam mobil. Hal ini untuk membantu Anda dalam menerangi interior mobil dan mempermudah semua kegiatan di dalam mobil. Bagaimana jadinya jika Anda ingin mengambil smartphone Anda tapi harus meraba-raba semua penjuru mobil untuk mendapatkannya?

Gambar yang menunjukan seorang wanita sedang memasang lampu pada bagian dalam mobil

Jangan biarkan kegelapan menghalangi Anda

4. Pastikan untuk selalu bersih

Jika Anda tidur di mobil, sampah-sampah mungkin lebih mudah berjatuhan ke lantai mobil. Hal ini tentu saja akan menyusahkan Anda ketika akan membersihkan mobil dikemudian hari. Karena itu, pastikan jika Anda tetap menjaga kebersihan selama tidur di dalam mobil. Untuk itu, siapkan satu kantong plastik atau tempat sampah untuk menampung semua hal yang sudah tidak terpakai dan sampah-sampah yang Anda hasilkan selama menikmati malam di dalam mobil.

Gambar yang menunjukan alat-alat kebersihan di bagian kursi mobil

Jaga kebersihan, meskipun itu mobil Anda

>>> Baca juga tips mengemudi lainnya disini

5. Ventilasi itu perlu

Mungkin mengejutkan, namun ini adalah sebuah hal yang sangat diperlukan. Jika Anda mengunci mobil anda dengan erat dengan jendela tertutup, Anda akan terbangun dengan suhu panas, lengket, dan bau. Jendela tertutup rapat dan Anda akan merasa seperti di sauna. Jika Anda memiliki mobil yang mempunyai sunroof yang terbuka, belilah selembar jendela kecil yang panjangnya 2-3 inci di semua sisi dari sunroof Anda.

Gambar yang menunjukan mobil hitam dengan sunroof yang bisa dibuka untuk ventilasi

Ventilasi sangat penting ketika tidur di dalam mobil

Jika tidak, buka sunroof Anda sedikit, tapi cukup kecil sehingga tidak ada hewan yang bisa masuk. Hal ini akan membuat mobil Anda memiliki ventilasi yang cukup untuk Anda bernafas dan menghilangkan potensi Anda bisa mengalami kecelakaan kekurangan oksigen. Jika Anda tidak mempunyai sunroof, membuka jendela sedikit juga bisa menjadi alternatif.

Perhatikan video berikut tentang bagaimana cara tidur di mobil

Beberapa tips tidur di dalam mobil sepertinya sangat mudah dilakukan, namun beberapa pengemudi melupakan hal tersebut sehingga membuat mereka mengalami hal yang tidak terduga. Untuk itu, selalu waspada dan ingat bagaimana tindakan sekecil apapun bisa membuat Anda menjadi nyaman atau malah menyusahkan.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

 
back to top