Tips Aman Perjalanan Malam Hari Pakai Mobil Sendiri

30/12/2019

Pengemudian

3 menit

Tips Aman Perjalanan Malam Hari Pakai Mobil Sendiri
Ada nuansa berbeda memilih perjalanan malam hari saat bepergian jauh. Tapi sebaiknya ikuti tips berikut agar perjalanan senantiasa aman dan menyenangkan!

Ada banyak kekurangan melakukan perjalanan pada malam hari jarak jauh menggunakan mobil sendiri. Mulai dari kondisi tubuh yang kurang fit setelah seharian beraktivitas, gangguan visibilitas yang disebabkan suasana gelap atau silau oleh paparan lampu kendaraan lain, hingga risiko tidak kejahatan.

Meski demikian ada suasana berbeda yang membuat perjalanan malam hari banyak dipilih, seperti lalu lintas yang lebih lengang hingga cuaca tidak panas seperti saat siang. Nah, buat Anda yang memilih perjalanan malam hari, ikuti tips berikut agar perjalanan aman dan menyenangkan.

Foto saat melintas di jalan tol malam hari

Perjalanan malam menghadirkan nuansa berbeda

>>> Cocok Buat Isi Libur Lebaran, Ini Tempat Wisata di Jakarta yang Instagramable

Tips Aman Perjalanan Malam Hari

1. Jaga kondisi tubuh

Persiapkan kondisi tubuh yang segar sejak sebelum keberangkatan. Tidurlah di siang hari untuk beberapa waktu tubuh kembali segar dan tidak mengantuk. Jaga pula kondisi tubuh saat di perjalanan. Jangan memaksakan diri terus berkendara jika lelah atau kantuk mulai datang. Singgahlah di rest area terdekat atau di area yang aman untuk beristirahat seperti SPBU, restoran atau masjid-masjid di pinggir jalan. Umumnya tempat ibadah umat muslim ini punya area parkir cukup luas. Sekalian di tempat-tempat tersebut Anda bisa memenuhi hajat seperti ke toilet atau ke mini market buat ngopi.

>>> Perhatikan 3 Hal Ini Agar Konsentrasi Nyetir Tidak Menurun

2. Jaga kondisi mobil

Yang ini berlaku pula buat Anda yang melakukan perjalan siang hari. Pastikan mobil dalam kondisi prima mulai dari kondisi ban, tekanan angin ban, lampu-lampu, pengereman, transmisi dan komponen vital lain. Ada baiknya jika sebelum dipakai perjalanan mobil diservis di bengkel resmi. Pastikan pula bahan bakar dan saldo e-toll mencukupi jika perjalanan harus melalui jalan tol.

Foto menunjukkan mobil minivan berhenti di tanah lapang

Tetap jaga kondisi mobil dan kondisi tubuh saat menempuh perjalanan jarak jauh

>>> Temukan mobil pilihan terbaik kami di sini

3. Hindari jalanan sepi dan tak dikenal

Jika ada jalan lain yang lebih dikenal atau lebih ramai, lebih baik hindari jalanan-jalanan sepi untuk meminimalisir tindak kejahatan. Jika tak ada jalan lain, usahakan cari barengan kendaraan lain yang juga akan melintas.

Ada baiknya juga jika sebelum perjalanan Anda mencari informasi untuk jalanan di daerah yang belum Anda kenal. Bisa melalui internet atau dengan bertanya pada teman dan saudara yang mengetahui jalanan tersebut karena sering lewat.

>>> Melintasi Di Jalan sepi, Ini yang Perlu Diwaspadai dan Dipersiapkan

4. Isi pulsa Hp

Jangan lupakan juga mengisi Hp Anda dengan pulsa reguler dan pulsa data. Tujuannya, jika terjadi kondisi emergency seperti mogok, terlibat kecelakaan, atau jadi korban kejahatan, Anda bisa menghubungi bantuan dari pihak berwajib maupun dari orang yang Anda kenal.

Gambar ilustrasi Emergency Call 911

Penting menyimpang nomor-nomor darurat dalam ponsel

>>> Ini Tips Menghindari Kejahatan Modus Pecah Kaca Mobil

Rekomendasi

Jangan sekadar berburu kesenangan dengan melakukan perjalanan malam hari saat bepergian, pertimbangkan masak-masak berbagai risiko yang mungkin terjadi di jalanan!

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top