Tips Aman Parkir saat Cari Hidangan Berbuka Puasa

23/04/2021

Pengemudian

3 menit

Tips Aman Parkir saat Cari Hidangan Berbuka Puasa
Ketika sedang mencari hidangan berbuka, perhatikan tips aman parkir untuk kendaraan Anda. Apa saja yang perlu diperhatikan ketika parkir menjelang berbuka?

Salah satu aktivitas yang seru dan hanya terjadi saat bulan puasa adalah berburu takjil menjelang berbuka. Karena terlalu seru, terkadang membuat sebagian besar orang lengah dengan barang bawaannya, termasuk kendaraan yang hendak diparkir. Anda perlu mengetahui tips aman parkir ketika sedang mencari takjil. Menjelang berbuka memang biasanya suasana jalanan sangat ramai sehingga dibutuhkan tingkat kewaspadaan yang tinggi. 

Suasana jalanan yang ramai ditambah lahan parkir semakin sedikit karena dipakai untuk orang berjualan tentu saja membuat Anda harus lebih berhati-hati ketika memarkirkan kendaraan. Kondisi seperti ini membuat Anda sebagai pemilik kendaraan terpaksa harus parkir di tempat terbuka. Konsekuensi parkir mobil di tempat terbuka harus Anda terima seperti risiko mobil rusak hingga pencurian. 

Berikut ini adalah beberapa tips aman parkir ketika Anda sedang mencari menu hidangan berbuka puasa.

1. Cari Lokasi Parkir yang Terdapat Petugasnya

Ketika sedang mencari lokasi parkir yang kosong, jalan dengan perlahan dan jangan lupa nyalakan lampu sein.  Dengan demikian, pengendara di belakang Anda dan petugas parkir yang berjaga akan tahu bahwa Anda sedang mencari lokasi parkir. Jika Anda melihat lokasi parkir yang kosong, pastikan bahwa lokasi tersebut sesuai dengan ukuran mobil Anda. 

Usahakan untuk selalu memarkirkan kendaraan tidak jauh dari tempat Anda membeli hidangan. Parkir di sisi jalan yang aman akan memudahkan Anda dalam mengawasi keamanan mobil. Jangan segan untuk meminta bantuan petugas parkir apabila hendak meninggalkan kendaraan dalam kondisi yang cukup lama.

petugas parkir sedang memarkirkan kendaraan

petugas parkir sedang memarkirkan kendaraan 

Dengan kata lain, pastikan bahwa tempat parkir yang akan Anda tuju telah memiliki petugas keamanan dan telah dilengkapi dengan teknologi cctv untuk memantau area parkir. Selain gedung parkir yang besar, beberapa area ruko, restoran, atau tempat sejenisnya telah dilengkapi dengan petugas parkir dan cctv. 

2. Jika Tidak Ada Petugas Parkir, Cari Lokasi yang Dekat dengan Pos Penjagaan

Memang tidak semua lahan kosong yang bisa dijadikan parkir memiliki petugas. Jika Anda yakin bahwa lahan kosong tersebut aman dan tidak mengganggu pengguna jalan lain, Anda bisa memarkirkan kendaraan di sana. Namun perlu diingat, bahwa mungkin saja lokasi seperti itu berisiko besar untuk terjadi kejahatan. Solusinya, Anda bisa mencari  lahan parkir kosong yang dekat dengan pos penjagaan sehingga bisa meminimalisir terjadinya kejahatan. 

petugas parkir sedang memarkirkan mobil

petugas parkir yang sedang memarkirkan mobil di jalan

3. Jangan Terlalu Sibuk dengan Barang Bawaan Ketika Keluar Masuk Mobil

Mencari hidangan berbuka puasa memang menyenangkan sekali. Rasanya semua makanan dan minuman yang terlihat ingin dibeli untuk dibawa pulang. Kondisi ini justru akan menyulitkan Anda ketika membawanya kembali ke mobil.

Terlalu sibuk dengan barang bawaan ketika masuk dan keluar mobil akan menurunkan tingkat kewaspadaan Anda terhadap area sekitar. Penting sekali untuk membawa barang secukupnya ketika keluar masuk mobil. Dengan begitu, Anda menjadi lebih waspada terhadap apapun yang terjadi di lingkungan sekitar. 

>>> Perlukah Memakai Body Cover Mobil Saat Parkir di Luar Rumah?

4. Beri Jarak Kanan dan Kiri Mobil

Mengingat saat-saat mencari hidangan berbuka adalah suasana yang cukup ramai, tips aman parkir mobil selanjutnya adalah memastikan lokasi parkir yang Anda pilih memang sesuai dengan ukuran mobil. Jangan pernah memaksakan parkir kendaraan di lokasi yang tidak sesuai dengan ukuran mobil Anda. Selain dapat menyulitkan proses masuk dan keluarnya kendaraan, parkir di area sempit juga berisiko membuat kendaraan Anda tergores.

mobil sedang parkir di stasiun

kondisi mobil yang terparkir di sebuah stasiun 

Ketika menjelang berbuka, beberapa parkiran di dekat restoran atau toko makanan pasti akan ramai. Sediakan jarak yang cukup untuk kendaraan lain. Setidaknya cukup leluasa untuk membuka pintu mobil tanpa menggores tubuh kendaraan di sebelah mobil Anda. Sisakan ruang kosong antar muka mobil dengan mobil lain guna menghindari risiko tertabrak ketika mengeluarkan mobil.

5. Amankan Posisi Mobil dengan Memperhatikan Tuas Gigi

Terakhir, tips aman parkir ketika berada di lingkungan yang ramai adalah memastikan bahwa mobil dalam posisi aman. Caranya adalah dengan memperhatikan tuas gigi, apakah sudah dalam kondisi “P” atau parking sebelum Anda meninggalkan mobil. Untuk menambah keamanan, jangan lupa untuk menarik rem tangan. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah agar mobil tidak bergerak mendadak ketika Anda tinggalkan.

posisi tuas gigi mobil perlu diperhatikan saat parkir

saat parkir, memperhatikan posisi tuas gigi pada mobil sangatlah penting

Pada kondisi jalan datar, pasang rem tangan memang sangat membantu keamanan posisi kendaraan. Jika Anda parkir pada jalanan menurun, pasang rem tangan dan posisi transmisi di gigi mundur atau “R”. Jika jalanan menanjak, pasang rem tangan dan posisikan pada gigi 1 atau “D”. Dan ketika Anda ingin menyalakan mobil, pastikan Anda sudah memindahkan gigi ke posisi netral atau “N”. 

Demikianlah tips aman parkir yang perlu Anda perhatikan ketika mencari hidangan berbuka puasa. Selalu tingkatkan kewaspadaan ketika akan meninggalkan mobil dalam waktu yang lama maupun sebentar. 

>>> Begini Cara Parkir Mobil Matic di Tanjakan Biar Tetap Aman

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top