Tips Aman Menyalip Kendaraan

09/09/2020

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Tips Aman Menyalip Kendaraan
Belajar dari kecelakaan maut di jalan Pantura Kabupaten Tuban Jawa Timur karena gagal menyalip dengan sempurna, berikut tips aman menyalip kendaraan di depan!

Kecelakaan maut terjadi di jalur Pantura Dusun Bogang, Desa Beji, Kecamatan Jenu, Tuban, Jawa Timur pada Senin, (7/9/2020) siang hari. Sebuah minibus Kijang bernopol K 8824 EB yang bermaksud menyalip kendaraan di depannya bertabrakan dengan truk bernopol S 8252 HJ dari arah berlawanan. Akibatnya, 6 orang tewas di tempat dan 1 orang selamat. Seluruhnya adalah penumpang mobil Kijang. Sedangkan sopir truk juga selamat.

Akibat gagal menyalip

Dirilis laman NTMC Polri, (7/9/2020), kejadian bermula dari mobil Kijang dari arah barat berusaha mendahului kendaraan lain yang belum diketahui jenisnya. Namun belum sempurna menyalip dari dari arah berlawanan datang truk melaju kencang.

Pengemudi Kijang yang bermaksud membanting setir ke kiri gagal karena kendaraan sudah terlalu dekat. Bagian kanan Kijang menghantam keras bak belakang sebelah kanan truk hingga terkelupas dan penumpang terlempar keluar berhamburan.

>>> Kecelakaan Lalu Lintas Jadi Salah Satu Penyebab Terbesar Kematian di Dunia

Foto menunjukkan Toyota Kijang hancur usai menabrak truk

Kegagalan menyalip bisa menimbulkan kerugian besar

Tips aman menyalip kendaraan

Terlepas dari hasil penyelidikan yang dilakukan kepolisian Satlantas Polres Tuban, kasus di atas memberi gambaran betapa pentingnya mengetahui dan mengikuti prosedur menyalip yang aman.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) membagikan tips aman menyalip kendaraan di depan. Setidaknya ada 3 hal yang wajib diperhatikan saat hendak menyalip, yaitu pastikan situasi aman, berikan tanda, dan manuver overtaking.

Pertama; Pastikan situasi aman

Pastikan tidak ada objek yang menghalangi pandangan ke arah berlawanan atau jalur yang akan digunakan untuk menyalip. Pastikan juga tidak ada objek yang bisa menimbulkan potensi bahaya baik itu kendaraan yang datang dari arah berlawanan, atau kendaraan di belakang dengan cara melihat spion.

“Biasakan melihat situasi belakang, depan dan samping dulu. Apakah sudah dalam kondisi clear dan aman atau belum, kalau sudah baru bersiap mendahului,” tutur Sony.

Termasuk dalam poin pertama ini, jangan menyalip di area-area blind corner atau jalur yang tidak bisa terlihat oleh pandangan. Misalnya di tikungan yang terhalang sesuatu (seperti pohon, bangunan, tebing, dan yang lain), atau di jalanan yang berkontur cembung dimana kendaraan dari depan tidak akan terlihat.

Jangan pula menyalip di area larangan karena adanya rambu-rambu atau marka jalan solid (marka bersambung).

>>> Kenali Makna Warna Dasar Rambu-Rambu Lalu Lintas

Foto menunjukkan saat berkendara di belakang kendaraan besar

Menyalip kendaraan lain tidak boleh dilakukan sembarangan

Kedua; Beri isyarat hendak menyalip

Berikan isyarat yang bisa diketahui pengemudi kendaraan lain beberapa saat sebelum menyalip dengan menyalakan lampu sein, sedikit klakson, serta sedikit kedipan menggunakan high beam.

“Dengan kita menyalakan lampu sein, selain untuk memberikan informasi terhadap kendaraan di sekitar, juga berguna untuk kita meminta izin dengan kendaraan lain.” jelas Sony.

Ketiga; Lakukan manuver menyalip

Setelah tanda diberikan dan situasi benar-benar aman, lakukan eksekusi berupa manuver menyalip. Ambil ancang-ancang dengan menurunkan gigi satu tingkat, lalu lakukan akselerasi agar kendaraan melaju lebih cepat. Ingat, pastikan mobil bisa lebih cepat dari kendaraan yang disalip. Jika tidak, lebih baik bersabar dan hindari coba-coba karena justru berbahaya.

Setelah berhasil menyalip, kembali ke jalur dengan aman. Pastikan seluruh bodi mobil benar-benar sudah berada di depan kendaraan yang disalip dengan memperhatikan spion, jika seluruh bodinya sudah terlihat berarti sudah aman. Beri tanda sein kiri dan arahkan kendaraan ke jalur kiri dengan halus melandai.

>>> Tidak Boleh Seenaknya Sendiri, Ini Etika Menyalakan Lampu Sein

Foto menunjukkan sebuah mobil mencoba menyalip mobil lain di jalan raya

Menyalip kendaraan lain tidak boleh dilakukan sembarangan

>>> Tips dan trik otomotif paling lengkap bisa Anda dapatkan di sini!

Share this post:
Fatchur Sag
Penulis
Fatchur Sag
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Agar Tidak Celaka, Pelajari Cara Menyalip Mobil Yang Tepat

05/09/2019

Pengemudian

2 menit

Anda mungkin pernah melihat kecelakaan yang terjadi akibat pengemudi gagal menyalip mobil di depan. Umumnya kecelakaan tersebut terjadi karena kurangnya perhitungan saat hendak menyalip. Ya, menyalip memang tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Nah agar tidak celaka, ada cara menyalip mobil yang tepat sehingga perjalanan tetap aman.

Lihat juga

Kembali Menyalip, Toyota Avanza Tinggalkan Jauh Mitsubishi Xpander

28/08/2019

Pasar mobil

3 menit

Makin menarik salip menyalip antara Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander. Setelah sebelumnya Xpander sukses mengasapi Avanza, giliran berikutnya Avanza yang melesat jauh meninggalkan Xpander dengan jarak yang cukup jauh.

Lihat juga

Mau Menyalip, Pastikan Pandangan Tak Terhalang Apapun

30/06/2019

Pengemudian

3 menit

Salah satu yang harus benar-benar diperhatikan bagi pengemudi saat mau menyalip kendaraan di depan adalah memastikan diri pandangan tak terhalang apapun. Lantas apa risikonya jika itu dilanggar?

Lihat juga

Trik Mendahului Bus yang Aman di Jalan Raya

13/10/2019

Pengemudian

5 menit

Mendahului bus yang aman di jalan raya perlu untuk memperhatikan beberapa hal. karena dimensi dan jarak pandang bus berbeda dengan mobil biasa.

Lihat juga

Aturan Menyalip Atau Mendahului Kendaraan Lain Di Depan Anda

25/04/2018

Pengemudian

Apakah menyalip kendaraan lain diperbolehkan? Boleh saja asal anda mengetahui aturan menyalip kendaraan lain yang biasa sering dilakukan. Biasanya aturan menyalip atau mendahului kendaraan lain ini wajib diingat oleh para pengemudi ketika berpergian dalam jarak yang cukup jauh.

Lihat juga