Tips Aman Mengemudi Dekat Angkot

09/04/2021

Pengemudian

5 menit

Berikut ini adalah tips jika mengemudi dekat angkot supaya tetap aman dan terhindar dari kecelakaan. Sebab sopir angkot kerap mengemudi dengan seenaknya.

Mengemudi dekat angkot alias angkutan kota seringkali kita merasa serba salah. Jika mengalah, si sopir angkot malah berhenti sembarangan di depan kendaraan Anda. Apabila diberi tanda dengan klakson, dia diam. Tapi jika kita ingin mendahului, dia malah tancap gas.

Perilaku sebagian besar pengemudi angkot ini memang kerap bikin kesal. Tak jarang juga akibat ulah si sopir angkutan tersebut, kondisi jalan raya yang semula lancar-lancar saja berubah jadi macet.

Ini akibat pengemudi angkot kerap bermanuver semaunya sendiri yang berisiko timbulnya kecelakaan. Lalu bagaimana seharusnya sikap Anda supaya berkendara dekat angkot yang aman? Nah berikut ini ada tips dari Toyota Indonesia.

>>> Suzuki New Carry Juga Jadi Angkot di Filipina

1. Selalu Waspada dengan Pergerakan Angkot

Angkot Bali

Pengemudi angkot sering tiba-tiba berpindah lajur tanpa memberi tanda

Hal utama yang wajib diterapkan apabila saat mengemudi menjumpai angkutan perkotaan tersebut yakni wasapda. Pastikan Anda bisa menghindar dari pergerakan angkot yang tiba-tiba. Karena sering kali mereka belok atau berhenti seenaknya dengan alasan menaikkan atau menurunkan penumpang. Ditambah lagi, seringnya mobil-mobil angkot ini tidak dilengkapi lampu rem dan sein yang memadai.

2. Lebih Baik Diberi Jarak

>>> Tips Aman Mengemudi di Tanjakan atau Turunan Curam

Angkot Depok

Lebih baik biarkan angkot melaju duluan

Mengemudi dekat angkot supaya aman dan terhindar dari senggolan yang menyebabkan kendarana Anda rusak adalah dnegan memberinya jarak. Biarkan mereka mendahului kendaraan Anda, lalu beri jarak aman supaya Anda dapat bermanuver manakala si sopir tiba-tiba berhenti atau pindah lajur. Karena terkadang mereka juga tidak menyalakan lampu sein apabila bermanuver.

3. Sabar Jangan Terpancing Emosi

Angkot Bandung

Jangan sampai terpancing emosi ulah sopir angkot

>>> Review Daihatsu Zebra Espass 1995

Sikap yang juga penting saat berkendara dekat angkot adalah banyak bersabar. Jangan sampai Anda terpancing emosi hanya gara-gara kelakuan si sopir angkot. Sebab jika Anda protes akibat perilaku pengemudi angkot itu, maka hal tersebut hanya tindakan sia-sia karena mereka hanya fokus ke penumpang untuk mengejar setoran.

Itu tadi beberapa hal yang harus Anda lakukan jika saat mengemudi bertemu dengan angkot.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan informasi menarik lainnya tentang mobil

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top