Tips Aman dan Efisien Berkendara di Persimpangan Jalan

30/01/2018

Pengemudian
Share this post:
Tips Aman dan Efisien Berkendara di Persimpangan Jalan
Tabrakan adalah salah satu jenis kecelakaan yang paling sering terjadi di persimpangan atau interseksi. Mengetahui resiko utama dari benturan persimpangan dan bagaimana cara menghindarinya dapat membantu meminimalkan kemungkinan kecelakaan anda.

Interseksi atau persimpangan digambarkan sebagai situasi lalu lintas yang paling kompleks bagi pengendara karena pejalan kaki, pesepeda, dan pengguna jalan lainnya bertemu setiap hari. Karena itu, Cintamobil akan memberikan saran untuk berkendara di persimpangan yang aman dan efisien.

1. Apa itu persimpangan?

Persimpangan adalah lokasi dimana dua atau lebih jalan bertemu atau melintas dan lalu lintas yang bergerak kearah berbeda. Kendaraan terseput datang dalam berbagai desain, konfigurasi dan ukuran. Dalam desain lalu lintas, persimpangan bisa berisi enam jalan konvergensi. Misalnya, persimpangan enam arah bisa melinatkan persimpangan dua jalan yang saling tegak lurus dan jalan lain melintasi mereka secara diagonal.

Gambar yang memperlihatkan perimpangan dengan 6 jalan yang dilihat dari atas

Contoh persimpangan dengan 6 jalan

Peralihan dan manuver lalu lintas yang terjadi di persimpangan menciptakan peluang terjadinya konflik antar kendaraan, kendaraan dengan pejalan kaki, atau kendaran dengan sepeda. Konflik ini bisa mengakibatkan kecelakaan lalu lintas. Definisi ini menekankan bahaya inheren persimpangan, menggambarkan bagaimana terjadi ‘konflik’ pada persimpangan.

>>> Baca juga Tips berkendara di terowongan dengan aman

2. Kenapa persimpangan bisa berbahaya?

Terlalu banyak kendaraan yang berbenturan dan menyebabkan kematian ketika terjadi kecelakaan di persimpangan. Sebagai pengguna jalan, anda harus mengakui bahwa persimpangan menjadi salah satu momok yang menakutkan bagi pengemudi. Bahkan, tak jarang kemacetan di jalan berawal dari tidak teraturnya kendaraan yang melintas di persimpangan.

Gambar yang memperlihatkan keributan dan kemacetan yang terjadi pada persimpangan

Persimpangan kerap menjadi awal dari kemacetan

Lalu, kenapa persimpangan berbahaya? Beberapa alasannya adalah:

  • Pengguna jalan saling bertemu dengan pengemudi yang terburu-buru, ceroboh, agresif, mengantuk, tidak fokus atau baru belajar mengemudi.
  • Tabrakan sering menimbulkan benturan T atau tabrakan samping yang membahayakan.
  • Tabrakan samping memiliki tingkat kematian dan luka serius lebih tinggi karena hanya ada sedikit struktur pelindung kendaraan yang melindungi penumpang dari benturan.
  • Jika kekuatan tabrakan cukup kuat, kendaraan yang tertabrak bisa berguling sepenuhnya.
  • Kemungkinan untuk menghindari cedera serius atau kematian merosot drastis jika kecelakaan yang terjadi lebih dari 50 km/jam.
  • Cedera umum yang mungkin dialami korban termasuk cedera otak dramatis, cedera tulang belakang luka bakar yang parah dan patah tulang.
  • Pejalan kaki yang lebih tua sangat beresiko mengalami cedera atau kematian saat melintasi persimpangan.

>>> Baca juga tips mengemudi lainnya disini

3. Berkendara dengan benar di persimpangan

Yang paling penting, berhati-hati dalam melintas persimpangan merupakan cara teraman yang bisa anda lakukan. Namun, beberapa tips untuk mengemudi dengan aman di persimpangan di antaranya adalah:

  • Mulailah dengan memastikan anda berada di jalur yang benar sebelum persimpangan. Sadarilah ‘blind spot’ pegemudi lain dan tetaplah berada di dalam jalur.
  • Hindari gangguan, seperti musik keras atau percakapan. Selalalu fokus pada jalan dan bersiap-siap untuk mengerem tiba-tiba. Gangguan dalam mengemudi merupakan salah satu penyebab utama kecelakaan di persimpangan.
  • Saat melambat, perhatikan kecepatan mobil di depan anda. Selalu bersiap dengan memperhatikan lampu rem untuk mengantisipasi kapan mereka melambat dan berhenti.

Gambar yang menjelaskan bagaimana cara jalan yang benar di persimpangan

Berikut cara jalan di persimpangan 6

  • Jangan mengekor di belakang mobil atau memotong. Mengekor atau memotong meningkatkan resiko kecelakaan jika kendaraan di depan anda berhenti tiba-tiba.
  • Saat berada di persimpangan, jaga jarak aman antara mobil dan dengan mobil di depan anda. Sebaiknya, beri jarak satu kendaraan sehingga memberikan kesempatan anda untuk bereaksi ketika mobil di depan mengerem tiba-tiba.
  • Yang paling penting, perhatikan kendaraan lain. Jika anda berada pada tiga persimpangan, perhatikan juga dua persimpangan lain. Jika berada pada empat persimpangan, perhatikan kendaraan yang datang dari tiga persimpangan lain.

Perhatikan cara aman berkendara di persimpangan berikut ini

Cobalah untuk lebih berhati-hati ketika melintasi persimpangan, apalagi jika anda melintasi perlintasan tanpa lampu lalu lintas. Memperhatikan lalu lintas dan selalu waspada merupakan cara mengemudi aman ketika berkendara di persimpangan.

 >>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

Share this post: