Tips Aman Berkendara Selama Berpuasa, Ini Langkah-Langkahnya

05/05/2019
Bulan Ramadhan telah tiba, tentu kegiatan sehari-hari pun menjadi berubah, tak seperti hari lainnya. Hal tersebut tentu juga berdampak pada pola berkendara masyarakat di area perkotaan baik dalam masalah kemacetan, potensi ngantuk dan beberapa hal lainnya. Merespon hal tersebut, Cintamobil.com hendak memberikan tips berkendara aman selama puasa.

Supaya puasa Anda selalu lancar selama bulan Ramadhan, ada beberapa hal yang patut diperhatikan khususnya dari segi berkendara. Mengakali hal tersebut, Cintamobil.com berhasil memantau banyak hal dan menyimpulkan beberapa tips berkendara aman selama puasa.

1. Berangkat Lebih Awal

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah berangkat lebih awal daripada hari biasa. Mengapa begitu? Ya, lewat metode ini Anda setidaknya dapat terhindar dari kemacetan parah. Belum lagi, Anda bisa terjauh dari perasaan emosi atau marah kepada pengendara lainnya, mengingat kemacetan selalu identik dengan berdesak-desakan dan ugal-ugalan karena terburu waktu. Setidaknya, berangkat lebih awal menjadi salah satu siasat utama dalam berkendara di bulan puasa.

Mengendarai mobil di pagi hari dapat membuat Anda terhindar dari kemacetan

Berangkatlah lebih pagi dari hari biasanya untuk mendapatkan berbagai manfaat positif

>>> Punya mobil sudah bukan impian lagi. Tidak percaya? Coba simak harga mobil selengkapnya di sini

2. Gunakan GPS

Jika dibutuhkan, Anda juga bisa gunakan aplikasi GPS dari Handphone. Fitur satu ini sangatlah penting dan direkomendasikan untuk pengguna jalan dalam mencari rute perjalanan tercepat sampai tujuan. Meski kedengarannya praktis, namun berhati-hatilah dalam menggunakannya mengingat Anda sebagai pengendara harus tetap berfokus pada jalan di depan. Sebaiknya Handphone dipegang oleh penumpang di sebelah Anda atau bisa dipasang di dashboard mobil menggunakan perangkat khusus. Paling praktis apabila mobil Anda memiliki panel audio via Bluetooth, hanya perlu menyambungkan Handphone Anda dan biarkan GPS memberi komando dalam bentuk audio.

Perangkat Handphone GPS dapat mempermudah Anda untuk berkendara lebih fokus

Direkomendasikan untuk menggunakan GPS dengan komponen pembantu seperti di atas

>>> Baca juga: GPS Tracker Kreasi Anak Indonesia Siap Jaga Kendaraan Dari Potensi Pencurian

3. Banyak-Banyaklah Mengalah

Mengalah nyatanya adalah cara terbaik dalam berkendara. Hal tersebut pernah kami bahas lebih sebelumnya dalam artikel berbeda. Ya, sebisa mungkin berilah kendaraan lain untuk mendahului mobil Anda sehingga tak perlu mendengar klakson atau gaya mereka yang cenderung ugal-ugalan. Jika diibaratkan dalam bahasa Jawa seringkali kita dengar “Sing waras sing ngalah”, ya itu langkah paling bijak memang. Hal ini membuat Anda terhindar dari emosi dan bersabar menjadi salah satu nilai kebaikan di bulan puasa.

4. Kendalikan Emosi

Jika nantinya Anda masih juga terjebak macet dan cenderung mengarah ke emosi, pastikan Anda bisa mengendalikannya. Mengakalinya, tariklah nafas dalam-dalam dan hembuskan perlahan. Hal paling penting lainnya adalah mengalihkan emosi tersebut ke arah positif seperti mengucapkan syukur berkelanjutan dan berdoa. Tentu hal ini sangatlah positif untuk dilakukan dikarenakan bulan puasa dan jika bisa dilakukan sebagai kebiasaan Anda kedepannya.

Mengendarai mobil dengan sabar adalah hal terpenting supaya Anda terhindar kecelakaan

Berkendaralah dengan penuh kesabaran dan ingatlah akan esensi dari bulan penting ini

>>> Baca juga: Mengalah, Cara Paling Aman Menghadapi Pengemudi Arogan Di Jalan Raya

5. Pantau Lebih Lanjut Mobil Anda

Aspek teknis juga penting untuk Anda pantau lebih lanjut. Pastikan Anda melakukan pengecekan terhadap kondisi mobil. Komponen penting seperti oli, performa pengereman, kelistrikan hingga mesin, perlu untuk diamati lebih detail. Untuk lebih mudahnya, jangan lupa untuk melakukan perawatan berkala secara rutin di diler resmi atau bengkel mobil favorit Anda.

Memeriksa kondisi mobil juga menjadi hal terpenting supaya Anda dapat berkendara dengan aman dan nyaman

Pastikan untuk memeriksa kondisi mobil secara berkala

>>> Simak tips dan trik mobil paling update lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
1

berita lain