Tilang Elektronik di Jalan Tol Sudah Berlaku, Ini Daftar Lokasinya

28/11/2019

Pengemudian
Share this post:
Tilang Elektronik di Jalan Tol Sudah Berlaku, Ini Daftar Lokasinya
Setelah disejumlah ruas jalan protokol, tilang elektronik di jalan tol juga sudah berlaku. Bahkan titik-titik kamera dipasang pada ruas jalan yang menghubungkan antara Jakarta dengan kota-kota lain disekitarnya.

Selain diterapkan pada sejumlah ruas jalan protokol, Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) ternyata juga diberlakukan di jalan tol. ETLE merupakan istilah lain dari tilang elektronik. Dan ternyata, ada sejumlah titik jalan tol di Jabodetabek yang sudah menerapkan sistem ini.

Tilang elektronik di jalan tol sejatinya memiliki sistem yang sama dengan tilang elektronik di jalan protokol. Sistem penegakan hukum berbasis teknologi informasi itu merupakan inisiasi dari pihak Polda Metro Jaya.

Gambar menunjukkan rambu tilang elektronik di jalan

Sebelumnya berlaku di beberapa jalan protokol

>>> Jangan Panik, Begini Cara Mengurus Tilang Elektronik

Menggunakan alat berupa kamera ETLE, setiap pelanggar lalu lintas akan terfoto. Selanjutnya bukti foto berupa kendaraan dan nomor kendaraan tersebut akan dikirim kepada nama pemilik yang sesuai dengan nama di STNK kendaraan tersebut. Kemudian pelanggar yang mendapat bukti tilang berkewajiban membayar denda yang sudah ditetapkan oleh pihak Polda Metro Jaya.

Gambar menunjukkan kamera tilang elektronik di jalan Indonesia

Sejumlah ruas jalan tol juga sudah dipasang kamera ETLE

Berikut titik-titik tilang elektronik di jalan tol yang sudah diberlakukan:

  1. Gerbang Tol Semanggi 1
  2. Gerbang Tol Kuningan 1
  3. Tol Dalam Kota, Cawang arah Tomang
  4. Tol Jagorawi - Cibubur (kedua arah)
  5. Tol JORR, Rorotan arah Cikunir
  6. Tol Jakarta - Tangerang, arah Tangerang
  7. Tol Prof Sedyatmo, Tomang arah Bandara Internasional Soekarno-Hatta
  8. Tol Jakarta - Cikampek (kedua arah)

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Prasetyo Adhi
Share this post:

Berita lain

Tilang Elektronik Berlaku Untuk Pelat B, Bagaimana Dengan Yang Lain

03/07/2019

Pasar mobil

3 menit

Polda Metro Jaya menegaskan tilang elektronik diberlakukan untuk kendaraan pelat B. Meski demikian kendaraan lain yang melakukan pelanggaran tetap bakal ditindak sesuai dengan aturan yang berlaku.

Lihat juga

Kamera CCTV Telah Dipasang Untuk E-Tilang Di Persimpangan Kota Semarang

26/09/2017

Pasar mobil

Setelah kepolisian menggelar sosialisasi pada tanggal 15 sampai tanggal 24 September, pelaksanaan E-Tilang melalui Closed Circuit Television (CCTV) resmi dilakukan. Pada tanggal 24 yang lalu, ada 26 titik persimpangan di Kota Semarang sudah dilengkapi kamera CCTV.

Lihat juga

7 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Lampu Merah

21/03/2018

Pengemudian

Dari sekian banyak hal yang terkait peraturan lalu-lintas, lampu merah pantas disebut sebagai rambu paling sakral dan tidak bisa dibantah peraturannya. Karena itu, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan ketika lampu merah.

Lihat juga

Tips Aman Melintasi Perlintasan Kereta

19/06/2017

Pengemudian

Matikan musik, perhatikan lampu rambu perlintasan kereta, mengurangi kecepatan dan menjaga jarak aman, tidak memaksakan diri saat terjadi kemacetan, hindari kesempatan aji mumpung, perhatikan segala arah, pastikan kondisi ban baik adalah beberapa tips aman jika melintasi perlintasan kereta.

Lihat juga

Tips Melintasi Proyek Pembangunan Jalan

06/05/2017

Pengemudian

Meski melintas di area perbaikan jalan, tetap konsentrasi, menjaga jarak aman dengan mobil di depan maupun di belakang dan perhatikan rambu agar selamat sampai tujuan.

Lihat juga