Throttle Controller RaceChip XLR Hadirkan Kemudahan Mengatur Karakter Performa Mobil

23/01/2020

Pengemudian

3 menit

Throttle Controller RaceChip XLR Hadirkan Kemudahan Mengatur Karakter Performa Mobil
Adopsi prinsip kerja drive mode, Throttle Controller RaceChip XLR mampu mengubah karakter respon mobil jadi lebih efisien atau agresif dengan mudah dan cepat

Berkembangnya teknologi mobil masa kini turut membuat para pabrikan otomotif merancang sistem dimana mobil bisa berganti respon dari karakter halus dan efisien menjadi agresif dan kencang. Kebutuhan ini biasanya tersedia pada mobil-mobil yang secara standar menghadirkan pilihan mode berkendara. Hanya saja, terkadang perbedaan antara penggunaan mode satu dengan lainnya tidak begitu terasa signifikan perbedaannya oleh pengemudi.

Foto RaceChip XLR

RaceChip XLR adalah produk aftermarket untuk throttle controller yang dipasarkan RaceChip Indonesia

>>> Baca juga: Memahami Cara RaceChip Indonesia Upgrade Potensi Performa Mesin Mobil Berturbo

Untuk itu, banyak pabrikan aftermarket merilis produk throttle controller, yang fungsinya menghadirkan mode berkendara lebih beragam dan spesifik. Cara kerja throttle controller sendiri menggunakan proses manipulasi data input dari injakan pedal menuju throttle, yang di-set sesuai pilihan mode maupun hitungan teknis dari engineer yang merancang produk tersebut. Salah satu produk throttle controller yang cukup ramai digunakan ialah RaceChip XLR yang didatangkan oleh RaceChip Indonesia.

"RaceChip XLR adalah salah satu solusi bagi pemilik mobil yang ingin bisa lebih presisi dan memiliki opsi lebih banyak dalam mengatur karakter respon mesin saat berkendara. Engineer RaceChip di Jerman sudah mengatur kalibrasi khusus untuk kebutuhan berkendara efisien sampai responsif melalui produk ini," jelas Renaldi Hutasoit, Principal RaceChip Indonesia.

Foto RaceChip XLR dipasang di mobil

RaceChip XLR memiliki total 7 mode berkendara yang dipilih melalui controller ini

>>> Tahun baru mobil baru? Temukan pilihannya di sini

RaceChip XLR memiliki total 7 mode berkendara yang tersedia mulai dari Eco+, Eco, Neutral, Sport, Sport+, Race, dan Race+. Masing-masing mode berkendara bisa dipilih melalui controller berbentuk kenop putar, atau secara nirkabel melalui RaceChip Apps.

Pemasangan aksesoris throttle controller dari RaceChip ini cukup mudah. Pertama adalah melepas kabel konektor yang ada di pedal gas, digantikan kabel konektor dari "brainbox" RaceChip XLR. Lalu kabel konektor ECU mesin yang sebelumnya dilepas dari pedal gas, diarahkan ke slot konektor yang ada di brainbox. Jangan lupa hubungkan controller ke brainbox, agar input mode berkendara pilihan bisa terbaca oleh sistem RaceChip XLR.

Salah satu cara membuktikan kinerja RaceChip XLR adalah dengan menginjak pedal gas ditahan setengah dan takometer stabil di 2.000 rpm (kondisi mode Neutral). Ketika memilih mode ECO, sekalipun injakan pedal sama, jarum rpm mesin pasti akan turun sampai ke 1.000-1.500 rpm (Eco+ dan Eco), dan saat masuk ke mode Race+ maka RPM mesin akan melonjak jauh sampai ke 4.000 rpm atau lebih.

 Foto Diagram RaceChip XLR

Diagram perbedaan masing-masing mode berkendara di RaceChip XLR

>>> Temukan tips mengemudi lainnya di sini

Saat di jalan, ketika menggunakan mode Eco maka performa mesin seolah dibuat "tertahan" sekalipun injakan pedal gas sudah di posisi setengah. Tapi ketika masuk mode Sport bahkan Race, cukup memposisikan injakan pedal gas sedikit, namun respon mesin seolah layaknya sedang menginjak pedal gas secara penuh. Hal ini juga memungkinkan respon transmisi, khususnya transmisi otomatis dan CVT, lebih reaktif karena menyesuaikan akselerasi mobil yang lebih cepat.

Untuk memiliki RaceChip XLR, kini sudah tersedia di dealer partner RaceChip Indonesia dengan kisaran harga Rp3.5 jutaan. Produk ini kompartibel untuk semua mobil Jepang maupun Eropa, dan bisa diaplikasikan untuk mesin turbo maupun mesin naturally aspirated. Terkait info detil untuk produk RaceChip XLR bisa menghubungi 08111072700 & 081218904140 atau instagram @racechip_store.

>>> Simak juga artikel tips dan trik bermobil lainnya di sini

 
back to top