Tetap Nyaman, Begini Tips Melewati Polisi Tidur

17/08/2019
Bagi Anda yang sering mengemudi melewati jalanan perumahan tentu akan sering bertemu polisi tidur atau speed bump. Tentu penumpang akan merasa tidak nyaman bila pengemudi melintasinya tidak benar. Belum lagi bila ground clearance mobil Anda rendah, agar tidak tergesek polisi tidur, perli trik yang benar. Nah agar perjalanan tetap nyaman, ada beberapa tips melewati polisi tidur yang bisa Anda coba.

1. Rem Mendadak

Lampu rem menyala saat malam hari

Jangan lakukan rem mendadak saat melintasi polisi tidur

Jangan mengerem mendadak ketika menghadapi polisi tidur. Karena ini sangat berbahaya, baik bagi Anda maupun pengemudi lain di belakang. Bila dalam kecepatan tinggi, lakukan pengereman 50 meter sebelum melewati polisi tidur. Sementara bila dalam kecepatan rendah bisa 20 meter sudah mengurangi kecepatan.

>>> Tips Parkir Mobil Aman dan Tidak Melanggar Lalu Lintas

2. Teknik Diagonal

Melakukan teknik miring saat melewati polisi tidur

Mobil dengan ground clerance rendah bisa menggunakan teknik diagonal saat melewati polisi tidur

Saat ini cukup banyak polisi tidur yang dibangun dengan tidak semestinya. Terkadang ketinggian polisi tidur tidak sesuai dengan yang diatur dalam peraturan. Untuk menghadapi polisi tidur seperti ini sebaiknya Anda melakukan trik diagonal atau melindas polisi tidur dengan menyamping. Namun perlu dipastikan tips melewati polisi tidur seperti ini harus dipastikan kondisi lalu lintas dalam keadaan lengang, sehingga tak mengganggu pengguna jalan lain. Teknik diagonal juga berguna untuk kendaraan dengan ground clearance rendah.

>>> Bukan Asal Dibuat, Yuk Kenali Aturan Tentang Polisi Tidur

3. Malam Hari

Lalu lintas malam hari

Gunakan lampu dekat saat berkendara malam hari untuk melihat tingginya polisi tidur

Ketika berkendara pada malam hari, ada baiknya gunakan lampu dekat bukan lampu jauh. Hal ini untuk dapat melihat lebih fokus kondisi jalan dan posisi polisi tidur di jalan. Sehingga Anda bisa memperkirakan tinggi polisi tidur apakah perlu menggunakan teknik diagonal atau cukup melaju pelan.

>>> Temukan tips pengemudian lainnya di sini

4. Jaga Jarak

Melihat mobil belakang dengan spion

Jaga jarak dengan mobil di depan agar terhindar saat rem melewati polisi tidur

Mengemudi di gang atau jalan dengan polisi tidur yang cukup banyak, sebaiknya jaga jarak dengan kendaraan di depan. Kondisi ini penting untuk menjaga jarak pandang Anda dengan kondisi jalan. Selain itu ketika mobil di depan berhenti mendadak karena melewati polisi tidur, Anda bisa mengantisipasinya.

>>> Promo mobil baru terbaik ada disini

5. Jangan Mengebut

Mobil sport melewati polisi tidur

Jangan mengebut saat melewati polisi tidur agar merawat suspensi

Meskipun ada beberapa polisi tidur yang kecil atau cukup landai, jangan lantas Anda kala melaluinya. Tips melewati polisi tidur yang seperti itu bisa membuat sistem suspensi kendaraan Anda cepat rusak. Komponen seperti shockbreaker atau karet ball joint juga rentan robek. Jadi, sudah paham tips yang benar melewati polisi tidur? Selamat mencoba.

>>> Tips & trik lainnya cek disini

Mahmudi Restyanto

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain