Tetap Aman di Jalan, 5 Tips Untuk Menghindari Ranjau Paku

13/03/2019

Pengemudian
Share this post:
Tetap Aman di Jalan, 5 Tips Untuk Menghindari Ranjau Paku
Sebagai pengemudi mobil tentu kita tidak ingin mengalami masalah apapun di tengah perjalanan, termasuk terkena ranjau paku. Berikut tips untuk selamat dari jebakan paku liar dari Cintamobil.com!

Belakangan ini kasus penyebaran ranjau paku oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab kembali marak terjadi. Dilansir dari Tribun Medan, seorang pengendara dengan akun Facebook Levi Levi terkena serpihan aluminium tajam di bagian ban depan motornya ketika melintasi kawasan Kalimalang, Jakarta Timur.

Disinyalir, paku aluminium jauh lebih berbahaya ketimbang paku besi. Selain tidak bisa disapu dengan magnet, bahan tersebut tetap akan menempel di bagian tapak setelah dilibas. Bila tak kunjung dibersihkan, ban akan robek lebih parah hingga menganga, memaksa pengemudi untuk membeli baru.

Modus operandi para penebar ranjau paku bermacam-macam, biasanya sebagai penglaris tambal ban atau bengkel yang lokasinya tak jauh dari tkp, hingga mengarah ke tindak kriminal seperti perampokan dan pemerkosaan. Berbagai pihak seperti kepolisian setempat dan komunitas Sapu Bersih (Saber) Ranjau terus berusaha memberantas aksi tidak terpuji ini. Lantas apa saja yang harus diperhatikan saat berkendara supaya terhindar dari ranjau paku?

1. Hindari kubangan

gambar menunjukan Kubangan di jalan

Genangan air jadi salah satu tempat untuk menebar ranjau paku

Supaya tidak gampang ketahuan, para pelaku biasanya menyembunyikan ranjau paku di beberapa titik, seperti genangan air. Seringkali saat berkendara kita terpaksa melewati kubangan, baik karena mencari celah jalan yang bebas hambatan atau memang kondisi jalan buruk. Lebih baik menunggu saat macet, atau cari alternatif jalan lainnya.

>>> Baca juga: Solusi Jika Kehabisan BBM di Tengah Jalan dan Jauh dari SPBU

2. Hindari melindas kardus/ botol di jalanan

gambar menunjukan banyak Botol plastik

Botol plastik dan kardus biasa jadi tempat persembunyian ranjau paku lainnya

Selain kubangan, ada beberapa kasus ranjau paku yang tersembunyi di dalam botol atau kardus. Sepintas memang hanya seperti sampah yang tercecer. Tapi supaya tidak kerepotan kemudian, tidak ada salahnya untuk menghindarinya. 

>>> Tips pengemudian terbaru dan terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

3. Waspada di malam hari dengan bantuan lampu sorot

gambar menunjukan sebuah Lampu sorot di mobil berwarna merah

Mulai latih kepekaan saat mengemudi di malam hari

Jarak pandang terbatas juga menjadi keuntungan penebar ranjau paku. Cukup sulit untuk mendeteksinya, namun bila kita melatih kepekaan terhadap jalanan di malam hari, tentu bukan menjadi masalah.

>>> Baca juga Tips paling ampuh untuk menghilangkan mabuk kendaraan

4. Melaju di bagian tengah atau kanan

gambar menunjukan Tepi jalan dengan marka jalan

Sudah seharusnya mobil berjalan di sisi tengah atau kanan

Sudah menjadi kewajiban bagi mobil untuk berjalan di bagian tengah atau kanan jalan. Namun dalam kondisi macet, banyak pengemudi rela mencari celah, termasuk bibir jalan, tempat utama untuk menyebar ranjau paku. Lagi-lagi, lebih baik mengantre.

>>> Cari mobil untuk berbagai kebutuhan? Klik di sini!

5. Siap sedia ban serep

gambar menunjukan ban mobil dengan jelas

Kuasai juga skill mengganti ban

Kalau sudah kena ranjau paku, apa mau di kata? Namun bila bisa mengganti ban sendiri dengan cadangan yang telah dibawa, tentu kita tidak perlu pergi ke tukang tambal ban. 

>>> Kumpulan tips dan trik otomotif terlengkap bisa Anda temukan disini

Share this post:
 
back to top