Tetap Aman dan Nyaman, Perlu Teliti Sebelum Memulai Perjalanan

06/10/2018

Pengemudian
Share this post:
Tetap Aman dan Nyaman, Perlu Teliti Sebelum Memulai Perjalanan
Banyak yang harus diperhatikan sebelum berkendara baik di dalam kota maupun keluar kota. Tidak hanya mental dan fisik pengemudi, tapi juga kondisi mobil. Agar tetap aman dan nyaman, perlu teliti sebelum memulai perjalanan.

Perencanaan yang matang akan membuahkan hasil yang maksimal. Seperti halnya mengemudi, ketika hendak memulai perjalanan ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Paling mendasar adalah kesiapan pengemudi, apakah dalam keadaan sehat? Bila sedang sakit, lebih baik cari pengemudi pengganti atau menggunakan pilihan transportasi lain.

>>> Baca juga: Menggunakan City Car untuk Perjalanan Jauh? Kenapa Tidak!

Tidak lupa siapkan kotak P3K untuk antisipasi bila terjadi kecelakaan di perjalanan atau untuk menolong orang lain. Bila fisik terasa sehat dan siap untuk mengemudi, jangan lupa untuk cek surat-surat. Mulai dari STNK (surat tanda nomor kendaraan), SIM (surat izin mengemudi) dan dokumen penting lainnya.

Sediakan selalu kotak P3K pada mobil

Kotak P3K wajib hadir di mobil untuk mengantisipasi saat ada yang terluka di mobil

Selain itu, kondisi mobil juga wajib dilakukan pengecekan agar perjalanan lebih aman. Seperti semua cairan yang ada di mobil baik oli, minyak rem, air radiator dan lainnya. Sehingga tidak muncul masalah ditengah perjalanan.

>>> Memeriksa Ban dan Pelek Sebelum Perjalanan Jauh: Keharusan untuk Keamanan

Khusus untuk oli mesin, jika berencana melakukan perjalanan jauh ratusan kilometer, sebaiknya cek odometer terlebih dahulu. Bila hampir melewati batas waktu ganti oli atau bahkan sudah melewati, ganti oli ke bengkel resmi karena perjalanan panjang membuat mesin bekerja ekstra keras.

Periksa tekanan angin ban

Periksa selalu tekanan angin ban sebelum berpergian jauh dan lakukan secara periodik

Hal lainnya yang juga harus diperhatikan adalah cek lampu-lampu di mobil. Lampu depan (headlight), lampu sein, lampu kabut (jika ada), lampu rem, juga lampu mundur untuk meminimalisir kecelakaan.

>>> Dapatkan berbagai informasi tips aman di jalan hanya di sini

Tidak kalah penting juga cek tekanan angin ban. Bisa dilihat rekomendasi pabrik pada pilar B berapa tekanan angin yang cocok untuk ban mobil. Beberapa mobil tekanan angin pada roda depan dengan belakang berbeda. Jangan dilupakan juga tekanan angin ban cadangan apakah siap untuk digunakan dalam kondisi darurat.

Cek lampu mobil apakah masih berfungsi normal

Pastikan lampu mobil semua dalam berfungsi normal agar lebih aman dalam perjalanan jauh

Tidak ketinggalan siapkan charger untuk di mobil serta aplikasi navigasi pada telepon seluler bila memerlukan petunjuk jalan. Namun untuk keselamatan berkendara, sebaiknya navigasi dioperasikan oleh penumpang.

>>> Berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
 
back to top