Terpaksa Menerobos Genangan Air, Ini 7 Hal Yang Harus Diperhatikan

07/12/2018

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Terpaksa Menerobos Genangan Air, Ini 7 Hal Yang Harus Diperhatikan
Sangat tidak dianjurkan menerobos genangan air yang bagi kendaraan yang memiliki ground clearance rendah. Bahkan untuk kendaraan kendaran yang memiliki ground clearance tinggi juga tidak disarankan menerobos kalau genangan dirasa cukup tinggi. Tapi bila keadaan memaksa pengemudi perlu mempersiapkan diri secara matang dengan banyak pertimbangan.

Mitsubishi L300 menerabas banjir di Semarang

Potensi banjir meningkat seiring datangnya musim hujan

Musim hujan tiba. Banyak masalah muncul di jalanan seperti macet, tanah longsor, pohon tumbang, genangan air hingga banjir. Kalau kemacetan mungkin sudah biasa, sebab tidak hanya di musim hujan kondisi jalanan di kota-kota besar sudah sering kali macet seperti di Jakarta. Yang paling jadi momok bagi pengendara yaitu jika berhadapan dengan genangan air dan banjir. Bagi warga yang tinggal di dataran tinggi mungkin tidak pernah mengalami yang namanya banjir, tapi tidak dengan yang tinggal di dataran rendah seperti di beberapa wilayah di Jakarta, Semarang, Demak dan yang lain, banjir sudah jadi hal biasa.

Berkendara mobil pada musim hujan di kawasan tersebut bikin hati kebat-kebit alias tidak tenang. Apalagi kalau bukan kekhawatiran bakal terjebak banjir yang kadang datang dengan tiba-tiba. Memang pengemudi bisa saja nekat menerobos genangan air karena terburu-buru harus sampai di tujuan. Ini sangat tidak disarankan karena risiko yang dihadapi tak pernah diketahui. Bisa saja mobil mogok atau bahkan terperosok ke dalam lobang jalanan yang tidak terlihat.

Tapi kalau memang keadaan memaksa mobil harus menerobos genangan air, agen pemegang merek Mitsubishi Indonesia, PT MMKSI menyarankan pengemudi untuk memperhatikan beberapa hal penting berikut.

1. Pahami karakter mobil dan kondisi mobil

Beda jenis mobil beda ukuran ground clearance. Mobil jenis sedan sudah pasti sangat rendah, begitu pula dengan mobil jenis city car juga tidak cukup tinggi. Lain halnya dengan mobil-mobil jenis SUV biasanya memiliki ground clearance tinggi. Ini jadi keuntungan saat melanju di jalan raya dan melewati genangan air yang tidak terlalu tinggi.

2. Perkirakan seberapa dalam genangan air yang ada di depan

Ini sangat penting dilakukan, sebab meski mobil sudah memiliki ground clearance tinggi tapi kalau airnya lebih tinggi juga sama saja berisiko. Untuk memperkirakan bisa dilakukan dengan melihat sekeliling, ada tidak kendaraan lain yang sudah lebih dulu menerobos genangan air. Atau pengemudi bisa melihat kendaraan besar seperti truk yang melintas karena kendaraan besar semacam ini biasanya cukup berani menerobos.

3. Pastikan filter udara tidak kemasukan air

Jika memang tidak ada jalan lain kecuali menerobos genangan air pengemudi harus bisa memastikan filter udara tidak kemasukan air yang menyebabkan water hammer yang bisa merusak mesin.

>>> Tanda-Tanda Anda Harus Mengganti Filter Udara Mobil

Mitsubishi Pajer Sport terabas genangan air

Punya ground clearance tinggi bukan berarti bebas terabas banjir

4. Selalu gunakan gigi rendah

Baik itu mobil transmisi manual atau transmisi otomatis, gunakan gigi rendah saat menerobos genangan air dan selalu meju dengan kecepatan rendah secara konstan. Jangan coba-coba mengocok gas karena berpotensi menimbulkan riak air atau gelombang.

5. Jangan nyalakan mesin kalau mobil mogok

Bila keputusan menerobos genangan air ternyata mengakibatkan mobil mogok karena ketinggian melebihi batas aman, jangan pernah mencoba menghidupkan mesin lagi. Perilaku ini bisa mengakibatkan kerusakan yang lebih parah.

6. Periksa kondisi rem usai berhasil melewati genangan

Jika sudah berhasil melewati genangan air periksa rem dan pastikan dalam kondisi normal atau berfungsi optimal. Caranya sederhana; jalankan mobil dengan kecepatan rendah 5-10 km/jam lalu injak pedal rem berkali-kali untuk memastikan kondisinya oke.

7. Periksa ke bengkel resmi

Jangan tunggu sampai mobil benar-benar bermasalah. Segera bawa ke bengkel resmi untuk dilakukan pemeriksaan bagaimana kondisi kendaraan yang sebenarnya.

>>> Ini Rahasianya, 10 Tips Berkendara Aman Di Musim Hujan Versi Cintamobil.com

>>> Berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top