Ternyata Ini Penyebab Anda Mudah Mengantuk dalam Perjalanan Jauh

13/05/2021

Pengemudian

2 menit

Share this post:
Banyak yang mengeluhkan rasa kantuk yang menjalar ketika sedang melakukan perjalanan jauh. Usut punya usut, ternyata hal ini dipengaruhi getaran pada kursi.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh RMIT University di Australia dilakukan untuk mengetahui apa penyebab pengemudi dan penumpang lebih mudah tertidur ketika sedang melakukan perjalanan jauh. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa getaran yang dihasilkan oleh kursi bisa membuat Anda mengantuk.

"Saat Anda lelah, tidak perlu banyak waktu untuk mulai mengangguk dan kami telah menemukan bahwa getaran lembut yang dibuat oleh kursi mobil saat Anda mengemudi dapat membuai otak dan tubuh Anda," kata salah satu peneliti, Stephen Robinson.

Uji Coba Dari 15 Sampel

Dilansir dari Science Alert, Robinson dan rekan peneliti lainnya mengumpulkan 15 sukarelawan ke simulator virtual yang bisa bergetar pada frekuensi yang berbeda-beda. Setiap relawan diuji dua kali; satu kali tanpa getaran dan satu kali dengan getaran frekuensi rendah 4-7 Hz.

penumpang yang sedang tidur dalam perjalanan jauh
Getaran di dalam mobil bisa membuat mengantuk setelah 15 menit

>>> Ini Durasi Aman Paling Disarankan Saat Mengemudi Jarak Jauh!

Tim peneliti mengukur variabilitas detak jantung (HRV) peserta setap 60 menit. HRV adalah indikator kantuk karena tubuh mengubah sistem saraf yang menjadi pusat lelah. Monitor menunjukkan rasa kantuk pengemudi setelah hanya 15 menit. Rata-rata, rasa kantuk meningkat signifikan dalam 30 menit. Para relawan terus merasa lebih mengantuk hingga tes selesai.

Para peneliti menyimpulkan bahwa otak mengalami sinkronisasi dengan getaran yang terjadi. Inilah yang membuat tubuh memasuki tahap awal dari proses tertidur. Sehingga membuat pengemudi, apalagi penumpang, lebih mudah mengantuk dalam perjalanan jauh.

>>> Perjalanan Jauh dengan Anak Makin Nyaman dengan Cara Ini

Penelitian Masih Berjalan

Sayangnya ada yang masih perlu diperhatikan mengenai penelitian ini. Pasalnya, studi ini masih memiliki keterbatasan: pengujian hanya melibatkan 15 sampel. Apalagi rentang penelitian masih terbatas dan sempit. Mereka dikirim ke jalanan raya virtual yang monoton, tanpa gangguan dari perjalanan sebenarnya.

"Penelitian kami juga menunjukkan bahwa getaran pada beberapa frekuensi mungkin memiliki efek berlawanan dan membantu orang tetap terjaga," kata Robinson. "Jadi kami juga ingin memeriksa frekuensi yang lebih luas, untuk menginformasikan desain mobil yang berpotensi memanfaatkan getaran tersebut."

pengemudi yang sedang tidur dalam kendaraan otonom
Getaran di mobil bisa dimanfaatkan bagi kendaraan otonom

Mengubah desain jok mobil sehingga membuat tidak terlalu nyaman bisa meminimalisir kondisi mengantuk ketika sedang dalam perjalanan jauh ini. Meskipun pengembangan teknologi kendaraan yang bisa mengemudi sendiri atau otonom bisa mengatasi masalah ini.

>>> Dapatkan beragam mobil baru dan bekas lainnya di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top