Ternyata Berkendara Dekat Mobil Emergency Harus Ekstra Hati-Hati

29/01/2019

Pengemudian
Ternyata Berkendara Dekat Mobil Emergency Harus Ekstra Hati-Hati
Mobil Emergecny merupakan kendaraan prioritas utama yang harus didahulukan ketika berada di jalan. Beberapa di antaranya adalah kendaraan pemadam kebakaran, ambulan hingga pengantar jenazah. Namun tak sedikit dari banyak pengendara lain merasa panik ketika salah satu mobil Emergency tersebut melintas. Bukan saja dalam hal situasi namun juga dari suara sirine berasal sehingga pengendara merasa panik. Berikut Cintamobil.com memberikan tips berkendara aman ketika mobil Emergency melintas.

Dalam dunia medis terdapat istilah “Golden Hour” yakni 1 jam setelah kecelakaan sangat menentukan hidup dan mati seseorang yang mengalami kecelakaan. Dalam skenario ini para tenaga ahli medis hanya memiliki waktu 12 menit saja untuk menangani luka-luka dari korban kecelakaan dan membawanya ke rumah sakit terdekat. Tak heran, hal ini menyebabkan lalu lintas tiba-tiba menjadi panik ketika mobil ambulan melintas. Apalagi disertai iring-iringan sirine yang menandakan pengendara lain harus segera menepi demi meraih momentum “Golden Hour” tersebut. Berikut tips berkendara aman ketika berhadapan dengan mobil Emergency:

Mobil Emergency umumnya memberikan suara sirine dan lampu merah-biru sebagai penanda akan prioritas

Mobil Emergency seperti Ambulance umumnya membuat kaget pengendara lain sehingga diperlukan kewaspadaan lebih ketika berkendara

1. Jangan Panik

Dalam berkendara, kepanikan adalah awal dari banyak kasus kecelakaan. Pengendara yang merasa panik umumnya akan kehilangan konsentrasi dalam berkendara. Dalam menghadapi kasus ini, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah tidak panik. Biarkan mobil Emergency mendahului Anda serta pastikan jarak mobil Anda dengan mobil lainnya masih dalam tahap aman.

Panik Berkendara menjadi salah satu sebab terjadinya potensi kecelakaan

Jangan panik selagi mobil Emergency melintas, tetap fokus dan tenang

Di sisi lain, Anda tak perlu khawatir akan ambulan yang lewat atau mungkin kendaraan kepolisian dan pemadam kebakaran. Pasalnya, mereka sudah terlatih dan terbiasa menghadapi jalanan dengan kondisi darurat.

>>> Jika Anda tertarik, Anda juga mengunjungi lapak kami untuk mengetahui harga mobil yang dijual di bulan ini

2. Jangan Malah Melanggar Aturan Lalu Lintas

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, suara sirine dan lampu merah-biru dari mobil Emergency menandakan setiap pengendara harus memberi prioritas jalan dengan cara menepi. Namun meski bagaimana pun, pastikan Anda menepi di tempat yang benar-benar aman. Tak jarang dari mereka yang menepi hingga memasuki jalur bus sehingga berpotensi mendapatkan surat tilang dari polisi lalu lintas.

Lampu merah tetap harus dipatuhi dan jangan panik selama mobil Emergency mendahului Anda

Tetap tenang dan perhatikan rambu-rambu lalu lintas

Meski dalam situasi darurat pun, Anda harus tetap mengikut aturan lalu lintas yang ada. Sama halnya dengan menerobos lampu merah. Tentu banyak dari Anda sudah melihat bahwa tak jarang kendaraan lain ikut-ikutan menerobos lampu merah seperti yang sudah dilewati mobil Emergency. Hal ini tetap salah dalam aturan lalu lintas. Jadi jangan heran apabila nantinya tiba-tiba polisi mengejar kendaraan tersebut dan memberikan surat tilang.

>>> Simak juga review mobil terbaru dari Cintamobil.com, dengan kritis dan mendalam

3. Jangan Membuat Gerakan Tiba-Tiba

Adapun hal penting lain adalah jangan melakukan pengereman mendadak. Tak jarang juga banyak pengendara yang sudah panik akan suara sirine, melakukan pengereman mendadak. Pasalnya, tindakan mendadak tanpa pemberitahuan bisa membuat pengendara di belakang Anda kaget dan tidak merespon pergerakan Anda. Hal ini sangatlah berbahaya dan berpotensi mengakibatkan kecelakaan. Merespon hal ini, Anda hanya perlu tetap tenang dan menjaga konsentrasi. Berikan lampu sein untuk tanda menepi lalu menepilah sembari menunggu mobil Emergency mendahului Anda.

Lampu sein dinyalakan untuk memberikan notifikasi kepada pengendara lain

Jangan lupa memberikan pemberitahuan seperti lampu sein sebelum melakukan pergerakan atau menepi

>>> Jika Anda tertarik, Anda bisa mengetahui tips dan trik mobil lainnya hanya di situs Cintamobil.com

 
back to top