Ternyata asal usul pedal mobil berasal dari bahasa Latin

06/05/2021

Pengemudian

5 menit

Share this post:
Pedal mobil diartikan sebagai perangkat mekanikal yang didesain untuk dioperasikan oleh kaki kiri maupun kaki manusia dengan cara ditekan, diinjak lalu dilepas.

Apakah pedal itu? Mungkin bagi banyak orang terasa seperti pertanyaan konyol. Untuk apa ditanyakan? Itu kan perangkat yang dioperasikan dengan kaki kan? Yang memang benar, kata pedal berasal dari bahasa  Latin “pes pedis” yang berarti kaki sehingga pedal diartikan sebagai perangkat mekanikal yang didesain untuk dioperasikan oleh kaki manusia dengan cara ditekan dan diinjak. Pada kendaraan bermotor seperti mobil, bus, truk, umumnya  dilengkapi pedal  yang mengikuti standar otomotif modern dengan urutan kopling (kiri), rem (tengah) dan gas/akselerator (kanan). Sementara pedal mobil penganut transmisi otomatis cukup dengan pedal rem dan pedal gas.    

 >>> Tips Sederhana Agar Tak Salah Menginjak Pedal Gas dan Rem

Urutan Pedal 

Posisi pedal mobil mengikuti urutan sebagai berikut (dari kiri ke kanan)—pedal kopling, pedal rem dan pedal gas—terdapat pada kendaraan bermotor yang dilengkapi transmisi manual. Sedangkan pedal mobil dengan transmisi otomatis (konvensional, manual auto clutch)  hanya memiliki dua buah pedal (pedal rem dan pedal gas). Pada umumnya, pedal gas dan pedal rem dioperasikan oleh kaki kanan, sementara pedal kopling dioperasikan oleh kaki kiri.

gambar pedal

Tata letak pedal mengikuti urutan CBA (clutch, brake, accelerator)

Namun ada juga pengemudi yang mengoperasikan pedal rem dengan kaki kiri (left foot braking) atau mengoperasikan pedal rem sambil “menahan” pedal gas secara bersamaan (heel and toe). Teknik pengoperasian pedal mobil seperti itu biasanya digunakan oleh para pembalap/pereli

Model Pedal

Secara umum, ada dua macam posisi operasional pedal pada kendaraan bermotor (mobil, bus, truk); pedal model gantung dan pedal  model berdiri. Pedal model gantung memiliki engsel yang berada di balik dashboard atau terpasang pada firewall. Sedangkan pedal model berdiri mempunyai engsel yang berada di lantai dek. Pedal model berdiri sering dijumpai pada mobil jaman dahulu seperti VW Beetle.

gambar pedal

BMW memadukan pedal gantung dan pedal berdiri

Tetapi ada juga mobil modern yang menerapkan pedal model berdiri seperti mobil balap atau mobil reli berupa sistem pedal box. Saat ini, pedal model gantung sudah menjadi standar pada kebanyakan mobil modern. Uniknya, ada juga mobil yang memadukan keduanya; pedal model gantung untuk pedal kopling dan pedal rem, serta pedal model berdiri untuk pedal gas. Salah satu contohnya  bisa dijumpai pada pedal mobil BMW.  

Rem Parkir Model Pedal

Beberapa mobil menggunakan rem parkir model pedal yang ditempatkan pada sisi kiri  sehingga dioperasikan oleh kaki kiri pengemudi. Pengoperasian rem parkir model pedal dilakukan dengan cara menginjak sekali  untuk mengaktifkan rem parkir dan menginjak sekali lagi untuk melepas rem parkir. Ada pula mobil yang memadukan sistem pedal untuk mengaktifkan rem parkir dan tuas tarik untuk melepas rem parkir.

gambar pedal

Rem parkir model pedal, tekan sekali untuk mengaktifkan dan tekan sekali lagi untuk melepas

Penggunaan rem parkir model pedal berarti mengurangi beban kerja tangan dan mengurangi kepadatan di dashboard maupun konsol tengah, namun menambah beban kerja kaki kiri. Toh, biasanya rem parkir model pedal terdapat pada mobil dengan transmisi otomatis sehingga kaki kiri lebih banyak menganggur dan istirahat.    
>>> Mengenal Teknologi E-Pedal Nissan, Praktis Untuk Berkendara Di Perkotaan

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top