Terlanjur Melintas di Jalanan Sunyi, Lakukan 5 Langkah Berikut Biar Tetap Aman

25/03/2019

Pengemudian
Share this post:
Terlanjur Melintas di Jalanan Sunyi, Lakukan 5 Langkah Berikut Biar Tetap Aman
Melintas di jalanan sunyi bisa jadi dilema bagi pengemudi. Di satu sisi bakal mempercepat jarak tempuh ke lokasi tujuan karena jalanan yang lengang memungkinkan pengemudi memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi. Di sisi lain juga terlintas rasa khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat di perjalanan, utamanya yang berkaitan dengan tindak kejahatan orang lain.

Seperti kita ketahui, kejahatan saat ini dapat terjadi pada siapa saja, dan dimana saja. Karenanya dibutuhkan selalu kemampuan dan kewaspadaan untuk menjaga diri serta jangan hanya sekadar mengharapkan sesuatu yang berbahaya tak akan terjadi pada diri kita. Mempersenjatai diri sendiri dengan kemampuan bela diri, itu penting. Begitu pula menghindari daerah-daerah yang berpotensi bahaya juga penting. Lalu bagaimana bila kita terlanjur melintasi di jalanan sunyi?

Foto jalan raya dalam kondisi sepi

Baik siang atau malam, melewati jalanan sunyi harus tetap waspada

Ada banyak alasan pengemudi mobil melintasi di jalanan sunyi, seperti memang sengaja ingin lewat di situ karena bisa mempercepat jarak tempuh, atau terpaksa melewatinya karena satu alasan yang sangat mendesak dan urgent. Namun, tak jarang juga yang beralasan tidak tahu kalau kondisi jalanan tersebut memang lengang, tidak banyak pemukiman dan tidak banyak dilewati kendaraan.

Apapun alasannya bagi Anda yang melintasi di jalanan sunyi sebaiknya berhati-hati. Anda bisa mencoba trik-trik berikut ini agar tetap aman:

1. Amati Kondisi di Sekitar Anda, Jangan Biarkan Pikiran Kosong

Tetap waspada setiap saat, ini adalah kuncinya. Mungkin Anda pernah mendengar tentang bagaimana para pelaku kriminal yang memakai cara hipnotis saat menguasai korbannya? Korban biasanya dikuasai saat pikiran sedang kosong atau sedang tidak konsen. Bahkan pelaku tindak criminal sekarang ini bisa saja melancarkan aksinya hanya lewat panggilan telepon. Saat Anda memikirkan segudang pekerjaan yang masih belum selesai, atau memikirkan sesuatu, Anda tidak sadar bahwa diri Anda sedang lengah. Pada waktu itulah, pelaku tindak kejahatan mulai beraksi. Apalagi saat Anda sedang melintasi jalanan sepi.

2. Berkendara Dengan Sigap

Selain tetap waspada, Anda juga harus tetap tegap, sigap, serta lebih gesit saat berkendara. Ini artinya adalah harus penuh wibawa saat berkendara, tidak terlihat loyo, atau kurang bersemangat. Selain itu tetap atur kecepatan kendaraan Anda, jangan terlalu ngebut atau jangan terlalu pelan. Usahakan untuk tetap pandai bermanuver, saat berkendara. Ini membuat para pelaku tindak kejahatan khususnya begal enggan mengincar korban yang “pandai bermanuver”.

>>> Melintasi Di Jalan sepi, Ini yang Perlu Diwaspadai dan Dipersiapkan

Foto rambu-rambu Jalan rawan longsor

Bukan hanya kejahatan yang membuat orang menghindari ruas jalan tertentu, tapi juga potensi bencana

3. Pacu Kendaraan Dalam Kecepatan Tinggi

Untuk menghindari kejahatan di jalan, saat melintasi di jalanan sunyi sebaiknya pacu kendaraan Anda pada kecepatan tinggi. Ini mungkin termasuk cara yang ekstrem. Tips ini hanya berlaku bagi Anda yang sudah mahir mengemudi dan kendaraan Anda memang cocok diajak bermanuver dengan kecepatan tinggi. Apalagi Anda mulai merasa ada kendaraan lain yang juga mengikuti Anda dari belakang, maka paculah mobil Anda pada kecepatan tinggi sampai Anda tiba di jalanan yang cukup ramai. Meskipun demikian tetap waspada dan hati-hati, agar tetap aman dan terhindar dari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

>>> Temukan mobil idaman dengan harga bersaing di sini

4. Tampil Sederhana

Seseorang terkadang memiliki peluang untuk melakukan tindak kejahatan saat melihat calon korbannya terlihat mewah. Khususnya bagi perempuan, sebaiknya berkendaralah dengan tampilan sederhana. Hindar memakai aksesoris maupun perhiasan yang tampil mencolok, sebab bisa memancing banyak pelaku tindak kejahatan. Pakai sandal atau sepatu yang biasa saja dan terlihat layak. Jangan terlihat berbeda dan mewah saat Anda mengemudi terutama saat menggunakan motor.

>>> Tips pengemudian terbaru dan terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

5. Berhenti di Tempat Ramai

Saat Anda melintas di jalanan sunyi dan merasa ada yang mengikuti segeralah mencari pemberhentian yang aman. Namun tetap, Anda harus memperhatikan sekeliling. Pastikan Anda tidak berhenti di tengah-tengah sekelompok orang yang mencurigakan dan tidak jelas, sebab  mungkin saja mereka adalah komplotan tindak kejahatan atau pelaku begal. Karena itu Anda harus benar-benar waspada. Berhentilah di tempat-tempat yang dipercaya aman, seperti di kantor pos, pom bensin, minimarket 24 jam, masjid atau bahkan di kantor polisi. Anda harus tahu situasi yang tepat untuk berhenti, pastikan kondisi saat kendaraan Anda berhenti tetap aman terkendali.

>>> Sama-sama Mengingatkan Pengemudi Untuk Istirahat, Fitur Ini Punya Banyak Nama

Foto seseorang sedang menggunakan laptop di mobil

Jangan tinggalkan barang-barang berharga agar tak mengundang tindak kejahatan

Mengingat tindak kejahatan bisa terjadi kapan saja, dimana saja, Anda harus tetap waspada dan memperhatikan area sekeliling agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top