Terjerembab di Jalan Amblas, Lakukan Hal Ini dan Jangan Panik

23/12/2018

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Terjerembab di Jalan Amblas, Lakukan Hal Ini dan Jangan Panik
Tak ada yang berharap tertimpa kejadian nahas saat berkendara di jalan raya. Tapi, yang namanya nasib tak ada yang tahu. Apa yang mesti dilakukan jika kebetulan kita terjebak di jalanan yang amblas, tentu harus dipersiapkan agar kejadian lebih buruk tidak terjadi.

Fenomena jalan amblas terjadi di Jalan Raya Gubeng, Surabaya, pada Selasa (18/12) malam. Banyak yang menduga amblasnya jalan hingga kedalaman sekitar 10 meter dan panjang 50 ini terkait dengan pembangunan Rumah Sakit Siloam. Hingga saat ini petugas masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab pasti amblasnya salah satu jalan utama kota Surabaya tersebut. Terlepas dari apa yang jadi penyebab dan bagaimana proses yang berkaitan dengan hukum selanjutnya, menarik untuk dicermati bagaimana bila kejadian itu menimpa pengendara. Apa yang mesti dilakukan?

Foto jalan Gubeng Surabaya yang amblas

Jalan amblas seperti di jalan raya Gubeng, Surabaya, Selasa (18/12) malam bisa terjadi dimana saja dan kapan saja tanpa diduga

>>> Indonesia Rawan Gempa, Pastikan Mobil Sudah Masuk Dalam Perluasan Bencana Alam

Yang namanya bencana seperti gempa bumi, tanah longsor dan yang lain seringkali datang tak terduga. Begitu pula dengan fenomena sinkhole atau tanah amblas kadang bebarengan dengan saat pengendara lewat yang membuatnya terjebak. Menghadapi situasi seperti ini sebagaimana menghadapi bencana lain.

  • Pertama dan paling utama berusaha tetap tenang dan tidak panik. Meski dirasa sulit, ketenangan sangat dibutuhkan agar otak bisa berfikir untuk menemukan cara untuk menyelamatkan diri.
  • Selanjutnya perhatikan kondisi tempat kendaraan terjerembab, kondisinya berair atau kering. Jika di air berusahalah untuk keluar agar tidak terjebak air di dalam kendaraan. Jika di tempat tidak berair dan tanah sudah berhenti bergerak, keluarlah dari kendaraan dan cari titik yang dirasa lebih aman.
  • Posisikan tubuh berada di samping kiri atau kanan lobang, jangan berada di tengah untuk menghindari kemungkinan ada kendaraan lain yang terjatuh.
  • Segera minta pertolongan pada orang lain yang berada di atas dengan berteriak atau menghubungi nomor polisi, pemadam kebakaran, ambulan, SAR atau siapapun yang bisa dihubungi. Katakan juga bagaimana kondisi tubuh dan kendaraan Anda agar tim bantuan bisa mempersiapkan peralatan yang diperlukan untuk memberi pertolongan.

Sekali lagi bencana seperti terjerambab di jalan ambas kadang datang tak terduga. Karenanya selalu berhati-hati dan jangan lupa selalu berdo'a agar diberi keselamatan selama berkendara hingga sampai tempat tujuan.

>>> Ini Rahasianya, 10 Tips Berkendara Aman Di Musim Hujan Versi Cintamobil.com

Foto sebuah mobil terjerembab di jalan amblas

Ketenangan sangat dibutuhkan untuk bisa mencari solusi menyelamatkan diri

>>> Punya mobil, sayang kalau tak baca tips dan triknya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top