Tempat Duduk Aman Dan Tidak Aman Di Mobil Yang Harus Anda Tahu

23/05/2017

Pengemudian
Share this post:
Tempat Duduk Aman Dan Tidak Aman Di Mobil Yang Harus Anda Tahu
Kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja jadi jangan lupa untuk mencari tahu cara menguranginya. Salah satu caranya adalah memilih tempat duduk yang cocok. Jadi tempat mana yang teraman dan tempat mana bahaya?

Gambar tempat duduk di dalam mobil

Tempat duduk mana yang paling aman?

1. Tempat duduk apa adalah tempat duduk teraman?

Seperti gambar di atas, tempat duduk teraman adalah kursi ketiga. Walaupun kursi ketiga adalah tempat teraman di mobil namun tidak banyak orang yang memilih tempat ini. Banyak orang tentunya  memilih kursi nomor 4 atau 5 ketika duduk di bangku belakang. Menurut para ilmuwan dari universitas Buffalo Amerika bangku belakang lebih aman daripada bangku depan 59-86 persen, kursi nomor 3 lebih aman (kira-kira 25 persen) dari kursi-kursi yang dekat jendela.
>>> Baca juga: Cara aman membawa bayi di dalam mobil
 

Mobil dan motor tabrak di jalan
Tabrakan di jalan

2. Tempat mana adalah tempat duduk terbahaya?

Kalau Anda masih belum mengerti jelas, coba membayangkan apa akan terjadi saat Anda sedang berjalan dan tiba-tiba terjadi kecelakaan. Jika 2 mobil tabrak, bangku di bagian depan akan banyak dipengaruhi meskipun Anda sudah memakai sabuk pengaman. Jika terjadi tabrakan di antara dua mobil, orang yang duduk di bangku depan juga ikut maju ke depan. Oleh karena itu, tempat duduk nomor kedua adalah tempat yang paling bahaya di dalam mobil.

>>> Untuk mengupdate tulisan lain tentang pengalaman mengemudi, klik sini
 

Jika tabrak dengan mobil di belakang atau mobil di sebelah kiri atau kanan, posisi duduk di dekat jendela adalah posisi yang banyak terpengaruh sedangkan penumpang  di posisi ketiga masih aman. Oleh karena itu, saat  melakukan perjalanan bersama anak atau bayi, para orang tua sering menempatkan anak-anak di posisi tengah di bangku belakang. Dengan begitu  anak atau bayi masih tetap aman saat terjadi tabrakan.

Bagi mobil travel, bangku dekat jendela adalah tempat paling bahaya. Jika terjadi kecelakaan, penumpang yang duduk di posisi itu akan mudah terluka karena pecahan dari kaca, lampu. dan bangku di tengah masih adalah posisi teraman.
>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman, tips dan trik pemakaian mobil

Share this post:
 
back to top