Teknologi V2X Ford Izinkan Kendaraan ‘Berbicara’ dengan Lampu Merah

16/01/2019

Pengemudian
Teknologi V2X Ford Izinkan Kendaraan ‘Berbicara’ dengan Lampu Merah
Ford mengikuti jejak Toyota dan Lexus dengan mengumumkan rencana untuk menginstal teknologi vehicle-to-everything atau teknologi V2X Ford (bisa diartikan sebagai teknologi dari kendaraan ke semua hal) untuk semua kendaraan mereka di Amerika mulai 2022 mendatang.

Teknologi V2X Ford yang sedang dikembangkan akan memungkinkan kendaraan untuk berkomunikasi satu sama lain serta berinteraksi dengan infrastruktur dan pejalan kaki. Untuk pejalan kaki, mereka yang memiliki smartphone bisa ditampilkan di layar kendaraan meskipun perjalanan kaki di sekitar tidak terlihat oleh pengemudi.

Manfaat keamanan lainnya termasuk kemampuan kendaraan yang mengalami kecelakaan untuk memperingatkan mobil yang datang mendekat. Kemampuan untuk berkomunikasi dengan infrastruktur mengindikasikan pengemudi mendapatkan pemberitahuan lanjutan tentang pembangunan, sehingga mereka bisa mengambil jalan memutar sebelum terjebak kemacetan.

>>> Kenapa Setir Kembali ke Tengah Secara Otomatis Setelah Berbelok?

Ilustrasi teknologi V2X Ford

Semua kendaraan Ford bisa berbicara satu sama lain

Teknologi ini disebut bisa mempercepat perjalanan Anda. Pasalnya si mobil bisa ‘berkomunikasi’ dengan lampu lalu lintas. ‘Berkomunikasi’ dengan artian pengemudi akan mendapatkan pemberitahuan tentang berapa lama lampu lalu lintas akan tetap merah, sehingga mereka bisa bersiap-siap ketika lampu berubah menjadi hijau.

>>> Ingin membeli mobil berteknologi tinggi? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

Ford menjelaskan sistem V2X telah dirancang untuk bekerja dengan serangkaian fitur bantuan pengemudi Co-Pilot360. Tidak terlalu mengejutkan, tetapi Ford mencatat bahwa teknologi dapat mengaktifkan sistem pengereman darurat otomatis jika pengemudi tidak merespons tabrakan yang akan datang.

Pesaing Ford dari Jepang, Toyota dan Lexus, sudah menggunakan sistem komunikasi jarak pendek khusus untuk menghindari biaya data seluler. Hal yang berlawanan diambil Ford ketika pabrikan asal Amerika ini mempertahankan jaringan seluler yang menggunakan koneksi 5G.

>>> Teknologi kendaraan terbaru dan terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

Gambaran teknologi Ford mobil melihat lampu merah

Teknologi baru bisa melihat berapa lama lampu merah dan pergerakan pejalan kaki

Direktur Eksekutif Ford, Don Butler, mengatakan sistem mereka memungkinkan komunikasi langsung antar perangkat. Hal ini bisa mengindikasikan teknologi Ford langsung menghubungkan mobil dengan mobil atau mobil dengan infrastruktur lainnya dengan catatan ‘sinyal tidak perlu terlebih dahulu menuju menara seluler’.

Masih banyak pertanyaan tentang teknologi Ford yang akan datang, tetapi ketergantungan pada koneksi seluler bisa menjadi rintangan. Pasalnya, pengemudi bisa enggan membayar biaya tambahan. Jadi, meskipun teknologi V2X Ford bisa ditanamkan pada jutaan kendaraan mereka, tetapi hanya segelintir pengemudi yang bisa memanfaatkannya.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top