Teknologi Anti Maling Mobil Terbaru yang Wajib Dicoba

11/01/2021

Pengemudian

5 menit

Teknologi Anti Maling Mobil Terbaru yang Wajib Dicoba
Dengan menggunakan Stealth Immobilizer, teknologi anti maling mobil ini memungkinkan setiap orang yang hendak menghidupkan mesin mobil wajib memasukkan kdoe PIN yang benar.

Setiap pemilik mobil tentunya tak mau mengalami kasus pencurian. Karenanya para produsen otomotif pun selalu mengeluarkan inovasi guna melindungi aset berharga konsumennya itu. Beragam teknologi keamanan anti maling pun kini sudah banyak beredar, mulai dari dipasang alarm mobil, sampai ditambah fitur pintar lainnya.

Satu dari beberapa teknologi anti maling mobil yang sudah diterapkan para produsen otomotif adalah Immobilizer. Fitur pintar ini memungkinkan kunci kontak untuk menghidupkan mesin mobil hanya dapat aktif apabila didekatkan dengan kunci yang telah dilengkapi immobilizer tersebut. Karena di kunci itu sudah terdapat data-data yang mampu terkoneksi dengan sistem mobil. Jadi tidak sembarang kunci bisa menghidupkan mesin kendaraan ini.

Menariknya, seiring perkembangan teknologi keamanan di sebuah kendaraan, para pencuri juga turut mempelajarinya. Sehingga masih ada juga sejumlah oknum yang mampu membobol kendaraan meskipun telah dilengkapi teknologi anti maling yang cukup lengkap.

>>> Kalahkan Honda Civic, Nissan Altima Menjadi Model Baru yang Paling Sering Dicuri

Perkenalkan, Teknologi Stealth Immobilizer

Tombl Start Stop Engine

Fitur anti maling mobil ini menambahkan kode PIN di sistem Immobilizer mobil Anda

Jika fitur Immobilizer pada mobil belum cukup untuk bisa melindungi kendaraan Anda dari kasus pencurian kendaran bermotor, maka coba aplikasikan fitur anti maling mobil terbaru bernama Stealth Immobilizer. Ini merupakan generasi terbaru dari pengembangan fitur Immobilizer yang selama ini sudah Anda kenal.

Dikutip dari Autoevolution, Senin (11/01/2021), pada Stealth Immobilizer data-data pada kunci kontak mobil akan diberi perlindungan ganda menggunakan kode PIN. Kode ini merupakan kombinasi tombol yang perlu ditekan oleh pemilik kendaraan setelah ia berhasil masuk ke dalam mobil dan hendak menghidupkan mesin kendaraan tersebut.

Jika kode PIN tidak dipencet atau kode yang dimasukkan salah, maka mesin tidak akan bisa bekerja. Sehingga dengan begini akan menghindari terjadinya pencurian. Atau minimal memperlambat kerja si pencuri ketika hendak membawa kabur kendaraan Anda. Karena umumnya pencuri punya target waktu tertentu saat melancarkan aksinya. Apabila target waktu itu sudah lewat, maka mereka tak akan ambil risiko untuk tetap melanjutkan aksi tersebut.

"Bahkan jika seseorang berhasil membuat salinan data immobilizer kunci mobil Anda, Stealth Immobilizer tetap akan memberikan perlindungan ganda karena mereka harus memasukkan kode PIN. Dan pencuri tidak akan mengetahui kalau mobil tersebut sudah dilindungi oleh kode PIN untuk bisa menghidupkan mesinnya," jelas keterangan resmi perusahaan pembuat Stealth Immobilizer.

>>> Toyota Patenkan Sistem Parfum dengan Gas Air Mata untuk Cegah Pencurian

Bisa Diaplikasikan pada Mobil Apa Saja

Start Stop Engine Button

Kode PIN untuk menghidupkan mesin mobil bisa terkoneksi juga dengan ponsel

>>> Review Honda Accord 3.5 V6 2008: Accord Bermesin Pintar

Fitur Stealth Immobilizer ini kabarnya bisa dikoneksikan dengan kabel tersembunyi pada sebuah kendaraan dan bisa terpasang pada kendaraan apapun. Sehingga pencuri akan kesulitan mencari kabel yang manakah yang terhubung dengan alat anti maling mobil ini jika bermiat memutuskan kabel tersebut.

Kemudian perangkat ini juga bisa terkoneksi ke ponsel pemilik mobil, sehingga penggunanya dapat melakukan konnfigurasi kode PIN baru kapan pun mereka mau. Bahkan akan muncul notifikasi jika ternyata suatu saat kode PIN yang sudah dipakai bisa di bobol orang lain.

"Jika mobil Anda sedang diservis, Anda tinggal mengubahnya ke mode servis. Sehingga sistem akan mematikan perangkat dan pihak bengkel tidak tahu keberadaan sistem ini," jelas perusahaan tersebut.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top