Segini Tekanan Ban Mobil Avanza yang Pas Buat Harian

13/03/2021

Pengemudian

8 menit

Share this post:
Segini Tekanan Ban Mobil Avanza yang Pas Buat Harian
Tekanan ban mobil Avanza bisa disesuaikan dengan ukuran ban yang digunakan serta kondisi muatan mobil tersebut. Sebab untuk tekanan ban untuk keperluan sehari-hari atau perjalanan bersama keluarga seperti saat mudik, ternyata berbeda.

Tekanan ban mobil Avanza menjadi hal yang wajib diperhatikan. Karena sama seperti mobil lain, tekanan angin pada ban akan mempengaruhi kenyamanan dan keselamatan di jalan raya. Sebab ban adalah komponen utama yang langsung bersentuhan dengan aspal saat berkendara. Jika ban kondisinya tidak prima, maka perjalanan pun akan jadi terganggu.

Yang perlu diperhatikan pula adalah, tekanan ban Avanza wajib disesuaikan dengan rekomemdasi dari pihak Toyota selaku pembuat mobil tersebut. Karena tentu tim teknisi Toyota sudah menghitung secara cermat mengenai beban maksimal dari kendaraan tersebut dengan ukuran ban yang digunakan. Selain itu, ada risiko yang mengintai apabila mengisi tekanan angin ban mobil Avanza secara berlebihan atau malah ukuran tekanan ban mobil Avanza Anda di bawah yang direkomendasikan.

Karena pentingnya mengenai tekanan angin pada ban mobil inilah, maka kali ini Cintamobil.com akan membahas berapa tekanan angin ban mobil Avanza yang ideal jika ban dan velg tersebut masih menggunakan ban standar.

>>> Garansi Beli Ban Goodyear Eagle F1 Sport, Jika Rusak Ganti Baru

Ketahui Ukuran Ban Standar Toyota Avanza

Ukuran Ban Mobil untuk Toyota Avanza

Ada beberapa ukuran ban yang digunakan pada Toyota Avanza

Sebelum mengatahui mengenai ukuran tekanan ban Avanza, maka perlu diperhatikan terlebih dahulu, ukuran ban dari mobil tersebut. Sebab ternyata Toyota Avanza menggunakan beberapa ukuran ban yang berbeda.

Untuk Toyota Avanza tipe E dan tipe G misalnya, menggunakan ban ukuran ring 14, sementara untuk Toyota Avanza tipe S atau Avanza Veloz, memakai ban ukuran ring 15. Adapun beberapa pemilik Toyota Avanza juga ada yang sudah mengganti ukuran ban yang berbeda, meski diameternya tetap 14 inci atau 15 inci.

Berikut beberapa ukuran ban Toyota Avanza yang biasanya dipakai:

Avanza tipe E dan Tipe G Avanza tipe S dan Avanza Veloz
185/70 R14 185/65 R15
195/70 R14 195/60 R15
  195/65 R15
  205/60 R15
  205/65 R15

>>> Tekanan Angin Ban Mobil Jadi Faktor Penting Agar Tak Celaka saat Hujan

Tekanan Ban Mobil Avanza Ring 14

Meskipun menggunakan ukuran ban cukup kecil, ternyata ukuran tekanan angin ban pada Avanza cukup besar. Untuk yang ring 14, jika dalam kondisi standar dengan mobil hanya diisi 1-2 penumpang tanpa barang bawaan, cukup isi dengan angi bertekanan 31 psi (2.1 bar) dan 35 psi (2.4 bar) untuk roda belakang.

Namun kalau kondisi mobil full muatan 5-7 penumpang ditambah barang bawaan di bagasi belakang, maka bisa naikkan tekanan ban menjadi 34 psi (2.3 bar) di bagian depan dan 38 psi (2.6 bar) di ban belakang.

Ukuran Ban Tekanan Angin Ban Depan Tekanan Angin Ban Belakang
185/70 R14 31 psi (210 kPa, 2.1 bar) 35 psi (240 kPa, 2.5 bar)
  34 psi (234 kPa, 2.3 bar) 38 psi (260 kPa, 2.6 bar)

Tekanan Ban Mobil Avanza Ring 15

Untuk Toyota Avanza tipe S atau Avanza Veloz, pada kondisi standar sudah menggunakan ban ukuran ring 15. Jika kondisi mobil hanya diisi 1-2 penumpang dan tanpa membawa barang di bagasi, maka bisa atur ukuran standar tekanan ban mobil Avanza tersebut di angka 33 psi (2.3 bar) untuk ban depan, dan 36 psi  (2.5 bar) untuk ban bagian belakang.

Tapi jika suatu saat mobil dimasuki 6-7 penumpang serta ada barang bawaan lain, maka bisa atur ukuran standar tekanan ban mobil Avanza Anda ke 34 psi (2.3 bar) untuk roda depan dan 38 psi (2.6 bar) di bagian roda belakang. Kondisi ini bisa Anda terapkan juga misalnya ketika mobil dipakai liburan atau perjalanan mudik bersama seluruh anggota keluarga.

Ukuran Ban Tekanan Angin Ban Depan Tekanan Angin Ban Belakang
185/65 R15 33 psi (230 kPa, 2.3 bar) 36 psi (250 kPa, 2.5 bar)
  34 psi (234 kPa, 2.3 bar) 38 psi (260 kPa, 2.6 bar)

>>> Ini Ukuran Tekanan Ban Innova untuk Harian

Cara Mengetahui Tekanan Angin Ban Avanza

Tabel Tekanan Angin Ban Mobil Avanza

Lihat stiker yang ada di pilar pintu pengemudi

>>> Review Toyota Avanza 2019: Demi Eksistensi Di Tengah Kompetisi

Setelah mengetahui berapa tekanan angin ban mobil Avanza yang ideal, maka langkah selanjutnya Anda harus mengecek satu per satu, tekanan angin pada ban kendaraan Anda. Cara mengetahuinya ada dua, pertama dengan melihat tabel tekanan angin ban mobil yang tercetak pada sticker yang tertempel di pilar pintu pengemudi. Disitu biasanya akan terlihat berapa standar tekanan ban mobil Avanza dengan ukuran ban yang digunakan.

Cara kedua, Anda bisa lihat tabel tekanan ban mobil pada buku pedoman pemilik kendaraan yang biasanya diserahkan oleh pihak dealer saat Anda membeli mobil tersebut. Ukuran tekanan angin ban ini biasnya terdapat pada bab pembahasan mengenai ban atau spesifikasi ban mobil tersebut.

Setelah itu, gunakan alat pengukur tekanan angin ban. Jika belum punya, Anda bisa membelinya di toko-too aksesoris mobil atau toko-toko online yang ada di e-commerce, atau bisa juga di toko penjual perkakas seperti Ace Hardware. Alat ukur tekanan angin ban mobil ini ada yang berbentuk analog dan ada juga yang sudah digital.

Untuk analog masih menggunakan jarum pada sebuah lingkaran yang dilengkapi petunjuk angka-angka yang menggunakan satuan psi. Sementara untuk yang model digilat sudah memakai angka numerik dengan satuan psi, bar, kpa, dan lainnya. Sebaiknya pilih alat pengukur tekanan ban mobil yang model digital, sebab akan mengukur tekanan angin lebih akurat sampai ke bilangan di belakang koma.

Lakukan pengukuran dengan cara alat pengukur di tusukkan ke pentil ban mobil. Pastikan tutup pentil terlebih dulu di buka, lantas alat pengukur di tusukkan sesaat saja ke lubang pentil ban sampai diketahui berapa tekanan angin pada ban tersebut. Jika tekanan angin ternyata berlebih, sebaiknya kurangi dengan cara ban dikempiska sedikit demi sedikit hingga ke batas ukuran ideal. Tapi kalau tekanan angin kurang, maka lakukan pengisian di tempat pengisian angin ban yang bisa dipercaya keakuratannya. Jangan lupa untuk memasang kembali tutup pentil sebelum mulai berkendara.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya seputar perawatan mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Dimana sebaiknya isi tekanan angin ban mobil?
Anda bisa memilih toko-toko ban yang dipercaya, atau di gerai-gerai pengisian tekanan angin ban yang ada di SPBU.
Mengapa tekanan angin ban bisa berkurang walau ban tidak bocor?
Tekanan angin ban akan berkurang setidaknya 1 psi setiap bulan walau kondisi ban tidak bocor. Tapi perhatikan juga, apabila kondisi pentil ban sudah getas, atau velg peang atau retak, maka tekanan angin di dalam ban bisa lebih cepat berkurang.
Benarkah isi tekanan angin ban lebih tinggi mobil bisa lebih hemat bahan bakar?
Sebenarnya ada risiko jika mengisi tekanan angin ban lebih dari 5 psi dari saran pabrikan mobil. Sebab nantinya tapak ban tidak akan mencengkram aspal dengan sempurna sehingga traksi ban juga berkurang. Kemudian dinding ban juga bisa beresiko benjol, dan pada kondisi terburuk, ban bisa pecah seketika.
Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top