Pentingnya Periksa Tekanan Angin Ban Kendaraan, Bisa Dilakukan Pas Ngabuburit

19/04/2021

Pengemudian

2 menit

Pentingnya Periksa Tekanan Angin Ban Kendaraan, Bisa Dilakukan Pas Ngabuburit
Memeriksa tekanan angin pada ban kendaraan adalah hal kecil yang biasa dilupakan. Tahukah Anda banyak manfaat yang didapat dengan rutin periksa tekanan angin ban.

Mengecek tekanan angin ban kendaraan memang harus dilakukan secara rutin. Hal ini sebaiknya dilakukan baik untuk mobil yang digunakan sehari-hari atau jarang digunakan. Dengan periksa tekanan angin pada ban kendaraan Anda akan mengetahui apakah ban dalam kondisi baik atau tidak. 

Tekanan angin ban pada kendaraan setiap jenisnya berbeda-beda. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mengecek buku manual kendaraan atau dengan rekomendasi pabrik ban untuk produk aftermarket mereka. Guna memastikan tekanan angin ban pada kendaraan yang normal, pengecekan dapat dilakukan rutin setiap dua minggu sekali untuk mobil yang tidak sering dipakai.

Pengecekan tekanan angin ban pada kendaraan wajib dilakukan satu minggu sekali untuk mobil yang sring digunakan. Tekanan angin pada ban kendaraan sangat berpengaruh terhadap performa mobil. Jika tekanan angin tidak sesuai, sebaiknya Anda tidak memaksakan kendaraan melaju terus. Hal ini sangat buruk bagi keselamatan karena akan membuat velg mobil menjadi rusak. 

Lalu Bagaimana Dengan Tekanan Ban Nitrogen?

Pentingnya Mengetahui Tekanan Angin pada Ban

Pentingnya memeriksa tekanan angin pada ban 

Kendaraan yang diisi oleh nitrogen memang diklaim memiliki banyak keunggulan, salah satunya yaitu ban lebih stabil dan tahan terhadap perubahan suhu. Tapi tetap saja tekanan angin ban yang tidak sesuai akan berdampak buruk terhadap kestabilan mobil. Jika tekanan angin lebih rendah dari yang direkomendasikan oleh pabrik maka ban mobil bisa tiba-tiba meletus ditengah jalan. Sebaliknya jika tekanan angin ban pada kendaraan berlebihan maka akan berakibat mobil susah dikendarai. Dalam jangka panjang hal ini dapat merusak mobil. 

Bagaimana Cara Periksa Tekanan Angin Ban Kendaraan? 

Kondisi Ban Mobil yang Baik dengan Pemeriksaan Tekanan Angin Rutin

Memeriksa tekanan angin pada ban akan meminimalisir risiko kecelakaan

Untuk periksa tekanan angin ban pada kendaraan Anda membutuhkan alat khusus yang ditempelkan pada katup atau pentil ban yang kemudian dapat mengukur tekanan angin pada ban kendaraan. Umumnya rekomendasi tekanan ban ditempel pada bagian pintu kemudi. Periksa tekanan angin ban dalam kondisi dingin, hal ini karena suhu panas akan mempengaruhi tekanan ban. Setelah melakukan pemeriksaan, tunggu minimal satu jam sebelum mobil digunakan kembali. Hal ini akan memperpanjang usia ban mobil Anda.

>>> Ternyata Ini Ukuran Tekanan Ban Mobil yang Ideal 

Manfaat Rutin Periksa Tekanan Angin Ban Kendaraan

Memeriksa tekanan angin ban pada kendaraan adalah hal yang sering kali dilupakan oleh pengemudia. Padahal periksa tekanan angin ban kendaraan adalah salah satu faktor keselamatan saat berkendara. Faktanya disebutkan oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi, banyak kecelakaan terjadi karena mobil mengalami pecah ban saat melaju. Agar kepedulian terhadap pemeriksaan tekanan ban semain meningkat, berikut manfaat yang Anda dapat jika rutin memeriksa tekanan angin ban pada kendaraan. 

Mengecek Tekanan Angin pada Ban Akan Menjaga Kenyamanan Berkendara

Rutin cek tekanan angin pada ban akan menjaga kenyamanan berkendara

1. Memperpanjang Usia Ban Mobil

Jika sering diperiksa maka ban akan lebih awet dan tidak mudah sobek. Hal ini karena ban yang kurang tekanan angin bisa cepat retak serta sobek sisi sampingnya lantaran beban berlebih tapi mobil terus dipacu dengan kondisi kempis. 

2. Menghemat Bahan Bakar

Ban yang mempunyai tekanan angin pas akan mengurangi beban mesin kendaraan. Jika angin dalam ban kurang maka permukaan ban yang bergesekan dengan tanah bertambah lebar. Akibatnya beban mesin akan bertambah dan konsumsi bahan bakar juga meningkat. 

3. Meminimalisir Risiko Kecelakaan

Risiko yang Dapat Terjadi Saat Tekanan Angin pada Ban Tidak Diperhatikan

Tekanan ban yang pas tentu saja berdampak baik pada kondisi ban

Tekanan ban berlebih atau kurang akan mengakibatkan ban kendaraan cepat pecah. Oleh karena itu usahakan untuk menjaga tekanan ban kendaraan sesuai buku petunjuk pemilik kendaraan. 

>>> Ini Daftar Tekanan Ban Mobil Ring 15 Sampai Ring 18

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top