Tarif Baru Tol Sedyatmo Resmi Berlaku Mulai 12 Mei, Simak Besarannya!

13/05/2019
Sempat tertunda sebelumnya karena mengoptimalkan sosialisasi kepada masyarakat, Jasa Marga akhirnya memberlakukan tarif baru Tol Sedyatmo mulai 12 Mei 2019 pukul 00.00 WIB.

Wacana penyesuaian tarif ruas jalan Tol Sedyatmo yang telah disuarakan sejak awal tahun 2019 akhirnya di implementasikan secara nyata. Jasa Marga selaku pengelola resmi menerapkan tarif baru Tol Sedyatmo mulai 12 Mei 2019 pukul 00.00 WIB.

Foto Gerbang Tol Sedyatmo dari udara

Tol Sedyatmo jadi salah satu akses paling penting dari dan menuju Bandara Soekarno Hatta Jakarta

>>> 5 Persiapan Sebelum Masuk Jalan Tol yang Wajib Dilakukan Pengemudi

Dijelaskan oleh Jasa Marga di laman resminya, penyesuaian tarif ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 121/KPTS/M/2019 tanggal 6 Februari 2019 tentang Penyesuaian Tarif Tol Sedyatmo. Dari lima golongan tarif kendaraan, tidak semua tarif naik, ada yang masih sama dengan sebelumnya dan ada juga yang mengalami penurunan. Adapun rinciannya sebagai berikut:

  • Gol I : Rp 7.500,- naik dari sebelumnya Rp 7.000,-
  • Gol II : Rp 10.000,- naik dari sebelumnya Rp 8.500,-
  • Gol III : Rp 10.000,- masih tetap dengan sebelumnya Rp 10.000,-
  • Gol IV : Rp 11.000,- turun dari sebelumnya Rp 12.500,-
  • Gol V : Rp 11.000,- turun dari sebelumnya Rp 15.000,-

“Penurunan sangat signifikan pada tarif angkutan logistik, terutama pada tarif Golongan V dan Golongan V, merupakan keuntungan yang juga akan dinikmati masyarakat,” tutur Corporate Communications Department Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Irra Susiyanti.

Disebutkan pula adanya penurunan signifikan untuk tarif golongan IV dan golongan V diharapkan bisa menjadi insentif bagi kegiatan produktif di Kawasan Bandara yang sudah tumbuh berkembang menjadi simpul ekonomi wilayah bahkan menjadi kawasan sentra primer bagi Tangerang yang sangat membutuhkan efisiensi waktu, biaya dan jarak.

Penyesuaian tarif Tol Sedyatmo sebelumnya pernah diumumkan Jasa Marga pada awal Februari 2019 lalu. Tapi kemudian dibatalkan karena alasan belum optimalnya sosialisasi di masyarakat. Kementerian PUPR bersama PT Jasa Marga (Persero) Tbk. selaku operator Jalan Tol Sedyatmo lantas bersinergi untuk melakukan sosialisasi melalui berbagai media komunikasi. Bentuk sosialisasi tersebut dilakukan melalui media cetak, online, elektronik, sosial, luar ruang hingga printing (leaflet).

>>> Tarif Tol Bandara Batal Naik, YLKI Sebut Memang Seharusnya

Daftar Tarif Tol Sedyatmo yang berlaku mulai 12 Mei 2019 pukul 00.00 WIB

Tarif baru Tol Sedyatmo diberlakukan mulai 12 Mei 2019

Sebagai informasi, Tol Sedyatmo merupakan tol yang menghubungkan DKI Jakarta dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta). Tol ini miliki panjang 14.30 km dan melintasi Jakarta Utara, Jakarta Barat dan Kota Tangerang. Guna meningkatkan layanan, berbagai perbaikan terus dilakukan seperti mengoperasikan 64 gardu tol, empat titik top-up tunai, dan 18 mobile reader untuk meningkatkan kapasitas layanan transaksi serta mengurangi kepadatan di gerbang tol. Jasa Marga juga telah melakukan re-allignment serta pelebaran KM 28-30 dan penambahan lajur di Simpang Susun Penjaringan. Perbaikan saluran drainase juga dilakukan sebagai upaya penanganan banjir. Pun, peningkatan kualitas visual dengan landscape yang lebih baik.

>>> Tips & trik lainnya tentang mobil ada disini

Fatchur Sag

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain