Tanpa ABS, Begini Teknik Mengurangi Kecepatan Yang Aman Saat Musim Hujan

10/12/2019

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Tanpa ABS, Begini Teknik Mengurangi Kecepatan Yang Aman Saat Musim Hujan
Fitur Anti-Lock Braking System (ABS) kini menjadi standar di banyak mobil modern, dan sangat memudahkan pengemudi kala melakukan pengereman. Namun, bagaimana cara mengurangi kecepatan yang aman jika mobil Anda tidak dilengkapi ABS?

Dengan sistem pengereman ABS, sistem dapat membantu proses pengereman untuk menjaga ban tidak mengunci dan selip. Jadi, dengan menekan rem seperti seperti umumnya juga sudah cukup untuk membantu mengurangkan kecepatan mobil tanpa takut risiko ban mengunci.

Ilustrasi sistem pengereman mobil ABS bekerja

Perbandingan mobil dengan ABS dan tanpa ABS

Mengingat peran yang sangat krusial untuk menjaga keselamatan berkendara, hampir semua mobil modern sudah menggunakan fitur ini, bahkan sampai sekelas LCGC sekalipun. Apa ini berarti mobil tanpa sistem pengereman ABS sudah tidak relevan untuk digunakan saat ini?

>>> Bagaimana cara mengerem dengan mobil ABS?

Tidak juga, tanpa ABS Anda masih dapat berkendara dengan aman, asal Anda tahu bagaimana teknik pengereman yang tepat. Khususnya saat kondisi jalan licin seperti musim hujan ini.

Seperti apa sih teknik mengurangi kecepatan tanpa ABS yang dapat meminimalisir terjadinya selip? Simak penjabarannya di bawah ini.

1. Mengocok pedal rem

Menginjak pedal rem

Lakukan pengereman secara mengocok agar ban tidak terkunci

Tak sedikit yang beranggapan bahwa menginjak rem secara penuh dapat membuat mobil berhenti lebih cepat. Itu berlaku untuk mobil ABS, namun dengan mobil non-ABS? Yang ada ban berpotensi mengunci, dan membuatnya selip, khususnya saat hujan di mana jalanan terasa basah dan licin.

>>> Temukan mobil pilihan di sini

Dalam kondisi seperti ini, baiknya terapkan teknik pengereman dengan cara memompa pedal rem agar ban tetap berputar dan tidak mengunci saat dilakukan pengereman.

2. Engine brake

Seseorang mengendarai mobil manual

Pastikan putaran mesin tidak berlebih yang justru membuat mobil jadi selip

Teknik mengurangi kecepatan tanpa ABS  selanjutnya adalah engine brake, yakni teknik menurunkan kecepatan dengan cara menurunkan posisi transmisi dari tinggi menuju gigi rendah, teknik ini biasa digunakan di mobil manual, namun seiring berkembangnya zaman mobil matic dapat melakukan engine brake.

Biasanya, engine brake dilakukan saat melewati jalan menurun, karna potensi selip akan lebih besar jika langsung menginjak pedal rem. Biasanya, ini disebabkan gaya gravitasi yang mempengaruhi mobil.

Misalnya saat transmisi ada di gigi 4, coba turunkan secara bertahap ke gigi 3, namun perhatikan juga posisi putaran mesin. Biasanya, putaran mesin akan naik saat gigi diturunkan, pastikan putaran mesin jangan terlalu tinggi karena itu juga dapat memicu selip. Agar lebih efektif, injak pedal rem juga secara perlahan.

>>> Tips berkendara lainnya bisa dilihat di sini

Untuk mobil matic, pindahkan tuas transmisi dari posisi D ke 2 untuk memperlambat laju mobil sambil dibarengi menginjak pedal rem. Teknik ini harus dilakukan dengan tepat agar tidak merusak mesin dan transmisi mobil.

3. Gunakan rem tangan

Cara menggunakan rem tangan

Sebisa mungkin, jangan menggantung kopling mobil saat memainkan rem tangan

Berbeda dari engine brake yang digunakan saat jalan menurun, teknik mengurangi kecepatan tanpa ABS satu ini digunakan saat jalan menanjak. Apabila sedang berada pada posisi jalan menanjak dan macet, rem tangan dapat membantu menahan mobil, khususnya mobil bertransmisi manual. Namun, pengemudi tak bisa asal memainkan rem tangan dan tidak menggantung kopling saat macet di jalanan menanjak agar kopling bisa bertahan lebih lama.

Dengan ketiga teknik mengurangi kecepatan tanpa ABS di atas, Anda dapat menghindari selip meski mobil Anda tidak dilengkapi fitur ABS. Untuk tips & trik lainnya, bisa Anda lihat pada link di bawah ini.

>>> Tips & trik Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Untuk Indonesia, Global NCAP Merekomendasikan Fitur ABS Bukan Hanya Untuk Mobil

24/11/2019

Pengemudian

3 menit

Lembaga uji keselamatan mobil-mobil baru Global New Car Assesment Programme (Global NCAP) merekomendasikan fitur ABS (Anti-Lock Braking System) bukan hanya untuk mobil, tapi juga untuk sepeda motor.

Lihat juga

Rem ABS Bermasalah, Berikut Empat Penyebabnya

01/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Anti-lock Braking System (ABS) adalah fitur keselamatan yang sangat krusial, dan menjadi poin penting dalam pemilihan mobil. Jika rem ABS bermasalah, ada beberapa hal yang menyebabkan kerusakan ABS, apa saja?

Lihat juga

Tips Merawat Rem ABS dan EBD, Jangan Sampai Absen

28/06/2019

Perawatan dan service

4 menit

Walau teknologinya sudah modern, bukan berarti tidak butuh merawat rem ABS dan EBD. Justru sebaliknya, karena telah menggunakan sensor, maka rem jenis ini harus diperhatikan baik-baik agar selalu dalam kondisi prima.

Lihat juga

Mulai Banyak Digunakan, Kenali Cara Kerja ABS

04/10/2018

Pengemudian

Fitur keselamatan ABS (Anti-lock Braking System) mulai banyak digunakan oleh pabrikan otomotif Indonesia. Lantas seperti apa cara kerjanya?

Lihat juga