Yuk, Ajak Anak Edukasi ke Taman Lalu Lintas Bandung

14/04/2021

Pengemudian

4 menit

Yuk, Ajak Anak Edukasi ke Taman Lalu Lintas Bandung
Ada banyak wisata di Bandung yang bisa Anda kunjungi. Salah satunya adalah Taman Lalu Lintas Bandung, berlibur sekaligus edukasi anak.

Bandung menawarkan beragam wisata di pusat kota maupun di area pegunungannya. Dikenal dengan Kota Kembang, Bandung menjadi destinasi popular bagi masyarakat Jakarta yang akan menghabiskan akhir pekannya. Mulai dari wisata belanja, wisata kuliner, Bandung juga menawarkan wisata edukasi yang cocok Anda datangi bersama anak. Salah satu wisata edukasi terkenal di Bandung adalah Taman Lalu Lintas Bandung.

Sejarah Taman Lalu Lintas Bandung

Alamat Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution berada di Jalan Belitung Nomor 1.  Bisa dibilang, taman ini menjadi taman rekreasi tertua di Bandung. Didirikan oleh Kepala Polisi Lalu Lintas dan Ketua Badan Keamanan Lalu Lintas (BKLL) era '50-an H. Nazaruddin SH. Beliau terinspirasi dari taman lalu lintas yang banyak berdiri di Eropa dan Amerika Utara.

Awalnya, taman ini bernama Insulindepark yang menjadi lokasi baris-berbaris prajurit KNIL Belanda. Lahan yang tak digunakan lagi akhirnya diubah menjadi Taman Nusantara karena lokasinya yang bersinggungan dengan jalan yang menggunakan nama daerah di Indonesia.

rambu lalu lintas yang ada di taman lalu lintas bandung

Taman Lalu Lintas di kota Bandung ini didirikan pada tahun 1955

Pembangunan Taman Lalu Lintas Bandung berawal dari kurangnya edukasi mengenai ilmu perlalulintasan pada anak-anak di Bandung kala itu, sehingga menimbulkan tragedi di jalan kota. Kala itu di tahun 1955, enam bulan pertama anak-anak sekolah di Bandung terlibat kecelakaan lalu lintas yang mengorbankan 6 jiwa, 31 luka serius, dan 119 luka ringan.

Area Taman Nusantara awalnya memiliki luas 45 ribu m2 yang digarap tahun 1955 dengan membuka sumbangan dana dari masyarakat. Rencananya, kala itu taman tersebut akan diisi beragam jenis miniatur transportasi darat, seperti sedan, jeep, bus, dan kereta api.

Taman yang menghabiskan dana Rp 550.000 (saat itu, belum termasuk inflasi) tersebut beroperasi pada tahun 1957 lalu baru diresmikan pada 1 Maret 1958 oleh Nazaruddin dan istri Gubernur Jawa Barat Nyi Raden Endeh Soekarsih Natanegara. Tahun demi tahun, Taman Lalu Lintas terus bertransformasi menambah wahana. Namanya pun berganti dengan menyisipkan nama putri Jenderal A.H. Nasution. Sehingga taman ini dikenal dengan Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution.

>>> Terkenal Sejuk, Ini 5 Wisata Alam di Malang yang Bikin Betah

Beragam Atraksi di Taman Lalu Lintas 

Taman Lalu Lintas ini menjadi lokasi edukasi bersama anak untuk mengenalkan berbagai alat transportasi dan kegiatan seru lainnya. Ada beragam aktivitas yang bisa Anda dan anak-anak lakukan di Taman Lalu Lintas, seperti.

1. Belajar Tentang Lalu Lintas di taman lalu lintas

Mengajarkan tentang lalu lintas perlu dilakukan sejak dini agar mereka kelak menjadi pengemudi yang bertanggung jawab. Di depan pintu utama, terdapat papan keterangan mengenai rambu-rambu lalu lintas, lengkap dengan penjelasannya.

Anda bisa mengajak anak-anak berkeliling dengan sepeda. Anak-anak bisa langsung praktek berlalu lintas tertib dengan mengunjungi beberapa bangunan, seperti sekolah, pos polisi, toko, kantor pos, dan lainnya.

2. Naik Kereta Api di taman lalu lintas

Kereta berwarna putih di taman lalu lintas bandung

Koleksi kereta di Taman Lalu Lintas semakin modern

Salah satu icon Taman Lalu Lintas adalah wahana kereta api. Wahana ini terus ada dari zaman dulu. Bedanya saat ini koleksi kereta apinya semakin modern. Kereta dibuat seperti TGV khas Perancis dan kereta cepat Jepang Shinkansen. Anda dan anak-anak diajak berkeliling Taman Lalu Lintas dan melihat banyak area. Terasa menyenangkan dan nggak akan bikin pegal mengingat area Taman Lalu Lintas mencapai 3,5 hektar.

3. Berenang di taman lalu lintas

Wisata edukasi sudah, kini saatnya menyegarkan badan di Taman Lalu Lintas. Taman ini memiliki kolam renang untuk anak-anak. Serunya mereka juga memiliki perosotan, air mancur, hingga penyewaan ban pelampung.

4. Piknik & Bermain di taman lalu lintas

Taman Lalu Lintas menawarkan beragam aktivitas. Bahkan jika Anda dan anak-anak hanya ingin menikmati udara Bandung, mengajak anak piknik dan bermain di sini juga bisa, lho! Ada area bermain yang cukup lengkap, seperti ayunan, halang rintang, perosotan, dan beragam patung hewan sebagai spot foto. Anda bisa membawa tikar dan snack sambil menunggu anak bermain.

5. Menonton Acara Seni di taman lalu lintas

Jika Anda beruntung, bisa saja Anda menonton pagelaran musik dan seni di Taman Lalu Lintas. Tempat wisata edukasi ini menyediakan Amphitheater yang bisa disewa untuk umum.

>>> Polisi Dapat Hibah Mobil Listrik Tesla untuk Patroli Lalu Lintas

Harga Tiket Masuk Taman Lalu Lintas Bandung

 Bermain di berbagai wahana di taman lalu lintas bandung

Harga tiket masuk taman lalu lintas yang terjangkau

Nggak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk rekreasi di sini. Taman Lalu Lintas memiliki harga tiket yang murah. Berikut daftar harga lengkapnya.

Harga Tiket masuk Taman Lalu Lintas Bandung dan Sewa Wahana

Jenis Tiket Harga
Karcis Masuk hari libur/minggu (10% disc) Rp8.000
Karcis Masuk hari biasa (10%disc) Rp7.000
Kereta api Rp5.000
Kerosel Rp5.000
Kolam renang Rp6.000
Kolam pancing Rp5.000
Sepeda mini Rp5.000
Kereta motor Rp5.000
Koin /AMA Rp2.000

Untuk bermain di taman ini, Anda bisa memulainya dari pagi hari. Jam buka Taman Lalu Lintas adalah Minggu-Kamis pukul 10.00 – 15.00 WIB, sedangkan pada hari Jumat, taman ini tutup.

Rute Menuju Taman Lalu Lintas 

Ada banyak rute yang bisa ditempuh, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi public. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi mobil, berikut ini rutenya.

  1. Dari Bandung (Pasteur): Kota Bandung Pasteur > Jalan Ir. H. Juanda menuju Jalan Kalimantan > Taman lalu-lintas Bandung.
  2. Dari Jakarta & sekitarnya: Gunakan Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju Tol Purbaleunyi dan keluar di Exit Tol Pasteur.
  3. Dari Semarang, Yogyakarta, Solo, Malang & Surabaya: Gunakan Jalan Tol Trans Jawa hingga di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) > Jalan Tol Jakarta-Cikampek > Tol Purbaleunyi > Exit Tol Pasteur.

Itu dia informasi mengenai Taman Lalu Lintas Bandung. Jika Anda berencana ke lokasi tersebut, jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, ya! Selalu menjaga kebersihan agar fasilitas publik tetap terjaga.

>>> Baca informasi tips & trik lainnya di Cintamobil.com

Pertanyaan Sering Diajukan

Di mana tempat wisata seru di bandung?
Anda bisa mengunjungi Kampung Cai Ranca Upas, Lembang Park & Zoo, Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Farmhouse Lembang, dan lainnya.
Bagaimana transportasi umum di Bandung?
Bandung terdapat angkutan umum, seperti angkot, Trans Metro Bandung, Bandung Tour on Bus, dan ojek online. Anda juga bisa sewa mobil di Bandung.
Kapan jam buka Taman Lalu Lintas Bandung?
Jam buka Taman Lalu Lintas adalah Minggu-Kamis pukul 10.00 – 15.00 WIB dan Jumat tutup.
Penulis
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top