Tak Ingin Tersesat? Hati-Hati dengan Google Maps!

07/01/2019

Pengemudian
Tak Ingin Tersesat? Hati-Hati dengan Google Maps!
Google Maps paling sering jadi rujukan mencari jalan tercepat ke satu tempat. Namun terkadang, hasil yang ditunjukkan tak sesuai dengan harapan. Bermaksud menemukan jalan tercepat, pengguna kadang malah tersesat.

Apakah selama ini Anda selalu mengandalkan Google Maps ketika mencari lokasi tertentu, termasuk ketika pergi berlibur? Kalau iya, maka Anda perlu perhatikan beberapa tips berikut ini agar Anda tidak tersesat saat menggunakan Google Maps nanti!

Unduh Maps Offline

Tampilan Google Maps Offline

Google Maps Offline bermanfaat saat tak ada koneksi internet

Kalau Anda hanya traveling di Indonesia, barangkali masalah Anda satu-satunya hanyalah koneksi. Tapi, lain cerita kalau Anda di luar negeri karena biaya internetnya yang mahal, apalagi jika liburan Anda adalah liburan irit ala backpacker. Padahal, Anda butuh Google Maps untuk membantu mencari lokasi penginapan atau destinasi wisata lainnya. Untuk mempermudah liburan Anda nanti, jangan lupa untuk download peta Google Maps versi offline supaya praktis dan mudah. Cukup cari daerah yang akan Anda kunjungi, kemudian unduh peta offline-nya lewat menu Offline Area.

>>> Volvo Siap Kembangkan Mobil Listrik Tanpa Sopir Bersama 'Google China'

Pakai Google Street untuk Intip Lokasi

Tampilan objek di Pantai Indrayanti Yogyakarta lewat Google Street

Mengintip lokasi dan penampakannya lewat Google Street

Dengan fitur ini, Anda bisa cek “penampakan” lokasi yang sedang Anda cari maupun akan tuju nantinya. Misalnya, Anda sedang mencari lokasi penginapan. Dengan Google Street, Anda pun bisa melihat seperti apa rupa penginapan pilihan Anda dari depan. Jadi, Anda hanya perlu gunakan Maps untuk memandu rutenya, sementara mata Anda bisa melihat sekeliling untuk mencocokkan lokasi dengan gambar yang Anda lihat di Google Street.

>>> Dapatkan tips perjalanan lebih lengkap hanya di Cintamobil.com

Manfaatkan Fitur Label

Tampilan Fitur label pada Google Maps

Fitur label mempercepat pencarian

Dalam Google Maps, terdapat fitur labeling serta save lokasi yang bisa Anda akses kembali lewat menu Your Places. Baik labeling maupun save punya kegunaan yang serupa, jadi Anda bisa bebas pilih salah satunya. Kegunaannya adalah untuk menandai tempat-tempat penting agar nantinya bisa Anda cari lagi dengan mudah tanpa repot. Misalnya ketika Anda mengikuti program tur dan tour leader Anda mengumumkan untuk berkumpul kembali di tempat yang sama pada jam 3 sore. Nah, Anda bisa tandai tempat tersebut sejak awal agar nanti setelah sudah tiba waktunya berkumpul kembali, Anda tidak bingung atau lupa lagi.

Jika Anda menggunakan Google Maps versi offline, hanya fitur save saja yang dapat Anda gunakan karena fitur labeling membutuhkan sambungan internet.

>>> Tampilan Perdana Google Maps dan Waze Pada iOS 12 Apple CarPlay

Pertimbangkan Jarak

Tampilan rute dan jarak di Google Maps

Cek jarak lokasi yang bakal ditempuh

Biasanya, ketika seseorang akan berlibur ke sebuah tempat, mereka sudah menentukan ingin pergi ke mana saja baru memilih penginapan. Tujuannya sederhana, yaitu agar lokasi penginapan dekat dari destinasi wisata tujuan sehingga mudah dan cepat diakses. Nah, Anda bisa memanfaatkan Google Maps untuk mengecek seberapa jauh jarak antara penginapan dengan lokasi wisata tujuan Anda. Bahkan bagi Anda yang ingin berhemat dengan memilih penginapan yang cukup jauh, Anda pun tetap bisa memanfaatkan Maps untuk membantu membuat keputusan soal penginapan pilihan Anda.

Bukan hanya jarak saja, Anda pun bisa mengecek lama jauhnya perjalanan menggunakan transportasi umum, kendaraan pribadi, berjalan kaki, atau bahkan layanan ojek online antara kedua titik yang Anda cari di Google Maps tersebut. Hal itu tentunya sangat bermanfaat bagi Anda yang sudah berencana untuk banyak berjalan kaki atau memanfaatkan sarana transportasi umum selama berlibur nanti.

​​>>> Ingin membeli mobil bekas? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

Cermati Warna Jalur

Gambar macam-macam warna jalur di Google Maps

Jalur hijau di Google Maps memberi petunjuk lalu lintas paling cepat

Saat ini, rute yang ditunjukkan oleh Google Maps di antara 2 titik lokasi memiliki 3 jenis warna yang berbeda. Hal tersebut mengindikasikan keramaian atau bahkan kemacetan rute yang ditunjukkan. Nah, bagi Anda yang ingin menghemat waktu, Anda barangkali bisa pilih rute yang jalurnya dominan warna hijau meskipun jaraknya lebih memutar, tapi ternyata lebih bisa menghemat waktu karena relatif bebas macet atau keramaian.

Yang terakhir meski Google Maps sangat membantu, Anda juga perlu waspada dan hati-hati bila menemui jalan yang ditunjukkan di peta tampak 'mencurigakan' seperti terlalu sepi, jalan makin buruk atau menyempit dan yang lain. Akan lebih baik bila Anda bertanya pada seseorang yang Anda temui untuk meyakinkan diri jalan yang Anda lewati sudah benar dan aman sehingga tidak tersesat.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top