Tahukah Anda Mengapa Lampu Rem Warna Merah?

28/01/2021

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Tahukah Anda Mengapa Lampu Rem Warna Merah?
Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa lampu rem warna merah? Rupanya ada alasan di balik itu, sekaligus juga diatur dalam Peraturan Pemerintah No.55 Tahun 2012.

Merah menjadi warna umum yang digunakan setiap mobil pada lampu remnya. Tapi tahukah Anda mengapa warna merah yang dipilih untuk menandakan lampu rem? Tentunya lampu rem warna merah tak digunakan asal-asalan. Ada alasan di balik hal itu yang berkaitan dengan keamanan di jalan. 

Mengutip Mechstuff, Kamis (28/1/2021), secara logis banyak yang berpikir bahwa warna merah merupakan tanda bahaya. Tapi hal itu tak bisa sepenuhnya dipegang sebagai alasan utama.

>>> Pasang Lampu Rem Kelap-Kelip Bisa Kena Denda Setengah Juta Rupiah

Faktor Refraksi

Adalah refraksi cahaya yang menjadi alasan utama. Refraksi merupakan percampuran cahaya saat berpindah dari satu medium ke medium lainnya yang densitasnya berbeda. 

Mungkin saat kecil Anda cukup akrab dengan warna pelangi yang kerap disingkat Mejikuhibiniu (Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila, dan Ungu). Warna-warna tersebut merupakan bagian dari spectrum Elektromagnetic yang bisa dilihat manusia dengan mata telanjang.

Spektrum warna

Spektrum warna

Secara normal, mata manusia mampu melihat warna spektrum dengan panjang gelombang antara 390-700 nanometer. Dengan kata lain, bila panjang gelombang spektrum lebih kecil atau lebih besar dari angka tersebut maka tak bisa dilihat oleh mata manusia. 

Jika diperhatikan, warna merah memiliki frekuensi yang paling rendah, sedangkan ungu tertinggi.  ini menyebabkan warna merah bisa ditangkap paling cepat oleh mata manusia dibandingkan mata lain. Anda bisa merasakan ini misalnya dengan melihat foto dan warna merah akan terlihat terlebih dahulu. Dengan begitu, maka pengemudi pun bisa merespon dengan lebih cepat dan mencegah kecelakaan karena misalnya tabrakan dari belakang.

>>> Cara Mencegah Rem Mobil Blong

Diatur Pemerintah

Tips Cek Lampu Rem Mobil Mati, Cukup Andalkan Tembok Rumah

Diatur dalam Peraturan Pemerintah

Bayangkan jika lampu rem menggunakan warna lain, mungkin respon pengemudi akan lebih lambat sehingga bisa terjadi kecelakaan. Di samping itu, penggunaan lampu rem warna merah juga tercantum dalam Pasal 23 Peraturan Pemerintah No.55 tahun 2012 tentang Kendaraan soal Persyaratan Teknis Layak Jalan Kendaraan Bermotor.

Dalam pasal itu disebutkan bahwa lampu rem yang ada di posisi belakang diwajibkan memiliki warna merah. Selain warna merah lampu rem pada kendaraan bermotor harus memenuhi persyaratan sebagai berikut. 

a. berjumlah paling sedikit 2 (dua) buah;
b. mempunyai kekuatan cahaya lebih besar dari lampu posisi belakang tetapi tidak menyilaukan bagi pengguna jalan lain; dan
c. dipasang pada sisi kiri dan kanan bagian belakang Kendaraan Bermotor dengan ketinggian tidak melebihi 1.500 (seribu lima ratus) milimeter.

>>> Sudah Tahu Belum? Ini 4 Ciri Kampas Rem Mobil Habis

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Catat, Ini Jadwal Servis Rutin Rem Mobil Anda

13/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Servis rutin rem mobil perlu dilakukan secara insentif agar komponen ini bekerja maksimal. Namun servis tidak selalu harus dilakukan ke bengkel, Anda pun dapat mengerjakannya sendiri di rumah.

Lihat juga

3 Masalah pada Rem yang Harus Diwaspadai Biar Tak Terjadi Rem Blong

19/12/2020

Perawatan dan service

5 menit

Permasalahan pada rem harus diwaspadai. Apabila tidak segera diatasi, bisa-bisa terjadi rem blong dan membahayakan keselamatan Anda saat berkendara di jalan.

Lihat juga

Tips Cek Lampu Rem Mobil Mati, Cukup Andalkan Tembok Rumah

01/08/2020

Perawatan dan service

5 menit

Hanya bermodal meminjam tembok rumah, pintu garasi, atau kaca jendela rumah, Anda bisa cek lampu rem mobil mati atau tidak. Jika mati, segeralah perbaiki.

Lihat juga

Perhatikan Empat Tanda Kampas Rem Harus Diganti

24/01/2020

Perawatan dan service

5 menit

Ada beberapa tanda kampas rem harus diganti yang wajib Anda perhatikan. Karena jika diabaikan, maka bahaya kecelakaan akibat mobil mengalami rem blong bisa saja terjadi.

Lihat juga

Perhatikan Guys, Pasang Lampu Rem Kelap-Kelip Bisa Kena Denda Setengah Juta Rupiah

01/01/2020

Pengemudian

3 menit

Lampu rem kelap-kelip bikin penampilan jadi menarik. Sayang, hal tersebut melanggar aturan, dan Anda bisa kena sanksi denda hingga setengah juta rupiah.

Lihat juga
 
back to top