Suspensi Sama, Kok Rasa Handling Bisa Beda Antara All New Brio Satya Dengan All New Brio RS, Ini Dia Rahasianya

23/10/2018
Bagi Anda yang sudah sempat mencoba All New Honda Brio secara langsung pasti akan merasa heran karena karakter handling maupun bantingan dari kedua model yang ditawarkan Honda ini amat berbeda. Apa rahasianya jika suspensi sama, kok rasa handling bisa beda antara All New Brio Satya dengan All New Brio RS? Ini dia rahasianya.

Saat Cintamobil.com mengikuti kegiatan All New Honda Brio Media Test Drive yang terselenggara di Bali beberapa waktu lalu, kami selaku tester dikejutkan dengan perbedaan karakter baik itu pengendalian, bantingan suspensi, hingga karakter saat dijalan. Kami awalnya mengira ada perbedaan setup suspensi yang signifikan antara All New Honda Brio RS dengan All New Honda Brio Satya yang masuk kelas Low Cost Green Car (LCGC). Kembali ke pertanyaan mendasar yang ada dibenak kami, jika benar suspensi sama, kok rasa handling bisa beda antara All New Brio Satya dengan All New Brio RS? Ternyata ini dia rahasianya.

Tampak tester tim Cintamobil.com sedang ikut beraksi dengan melakukan manuver di lintasan slalom

Saat tim Cintamobil.com beraksi di lintasan slalom, perbedaan karakter ini lebih terasa lagi

Kami pun langsung menemui Chittrawan Muangwong saat rekan media lain asyik bermain games air di Bali Wake Park. Cewek manis berambut pirang ini langsung menjelaskan panjang lebar kepada Cintamobil.com. "Secara umum, semua hal mengenai suspensi kami desain sama antara All New Honda Brio RS dengan All New Honda Brio Satya, termasuk soal spring rate dan compression rate yang kamu (Cintamobil.com) tanyakan ke kita. Bedanya ada di ban yang memang di develop khusus untuk masing-masing varian, coba deh lihat bannya. Beda," jelas wanita aseli Thailand yang menjabat sebagai Engineer NV Project Leader Honda R&D Asia Pasific. Co, Ltd. 

Tampak ban Bridgestone Potenza RE030 terpasang di All New Honda Brio

Pelek dengan ring 15 inchi dibalut karet bundar Bridgestone Potenza RE030 membuat handling All New Honda Brio RS lebih asyik dari All New Brio Satya

Dan benar saja, ban antara kedua mobil ini memang berbeda. All New Brio RS menggunakan Ban Bridgestone Potenza RE030 yang memiliki karakter sporty. Bisa jadi hal ini dikarenakan ban kelahiran Jepang yang digunakan oleh All New Brio RS pakai ukuran lebar 185 mm, tebal 55 mm dan ring 15 ini memiliki sidewall (dinding ban) lebih kaku, profil lebih tipis serta dikombinasikan dengan tapak ban yang lebih lebar sehingga karakter pengendaliannya menjadi lebih sporti. Kebalikannya dengan  All New Brio Satya yang pakai ban dengan ukuran lebar 165, tebal 65, dan ring 14 merek Dunlop Enasave yang punya karakter lebih nyaman, karena profil bannya lebih tebal dan ban punya kemampuan rolling resistance rendah.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas, jangan abaikan daftar mobil dijual di sini

Tampak perbedaan desain pelek dan ban All New Brio RS dengan Satya

Pelek dan ban dari All New Brio ini masing-masing berbeda, sesuai dengan peruntukannya masing-masing

>>> Perhatikan rangkuman tips dan trik otomotif lainnya hanya di Cintamobil

Arfian Alamsyah

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
3