5 Cara Menyulap Kendaraan Supaya Mirip Mobil Baru

08/06/2020

Pengemudian

4 menit

Share this post:
5 Cara Menyulap Kendaraan Supaya Mirip Mobil Baru
Bosan dengan tampilan mobil yang itu-itu saja? Nah tips berikut pas buat Anda yang menginginkan fitur canggih sehingga mirip dengan mobil-mobil baru.

Bosan dengan tampilan serta mobil mobil yang itu-itu saja? Buat mereka yang berkocek tebal itu tentu bukan masalah berarti. Mereka mungkin hanya tinggal pergi ke showroom untuk membeli mobil baru dan menjual mobil lamanya. 

Tapi bagi Anda yang memiliki keuangan terbatas namun bosan dengan fitur seadanya di dalam mobil, apa yang bisa dilakukan ya? Tak perlu khawatir. Ada cara untuk mengakalinya. 

Mengutip situs Cardekho, Senin (8/6/2020) setidaknya ada lima trik yang bisa Anda lakukan supaya mobil bisa tampil lebih keren dan modern seperti zaman now tanpa membeli model barunya.

>>> Tak Punya Model Baru, Harga Honda Freed Bekas Masih di Atas Rp 100 Juta

1. Mengganti Sistem Hiburan

Sistem hiburan berlayar besar dan dioperasikan dengan cara disentuh tengah menjadi tren dalam dua tahun terakhir. Tak heran kalau mobil-mobil zaman sekarang memiliki layar besar di bagian tengah yang memuat segala macam hiburan, mulai dari TV, Radio, koneksi bluetooth, aplikasi mendengarkan musik, hingga bisa tersambung dengan ponsel untuk melakukan panggilan. 

Layar hiburan berukuran besar sejatinya menggantikan sistem audio 2-DIN yang ngetren beberapa tahun lalu. Nah ini juga bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mobilnya tampak seperti model baru. 

Sistem Layar Hiburan

Sistem hiburan bisa diganti agar tampilannya mirip mobil baru

Bila mobil masih dibekali sistem audio 2-DIN, Anda bisa ke tempat aksesori mobil untuk menggantinya dengan versi yang lebih modern. 

Tapi ada baiknya sebelum melakukan pemasangan, Anda memastikan bahwa penggantian dilakukan secara aman terutama bagian kelistrikan. Ini untuk menghindari potensi mobil terbakar di kemudian hari. Sesuaikan juga layar hiburan dengan kondisi mobil Anda dan tentunya memiliki harga yang pas di kantong Anda.

>>> Persiapan New Normal, Ini Cara Membersihkan Mobil dengan Desinfektan

2. Tyre Pressure Monitoring System

Tak semua mobil baru dibekali dengan fitur ini pemantau tekanan ban. Fitur ini memang cukup membantu agar para pengendara tahu kondisi tekanan bannya kapanpun saat sedang berkendara. 

Fitur ini juga rupanya bisa dipasang pada ban mobil Anda. Anda perlu mencari pentil ban yang sudah dibekali dengan sensor wireless. Nantinya sensor tersebut akan memberi tahukan tekanan ban pada kondisi aktual. 

Tekanan ban

Pengecekan tekanan angin pada ban

>>> Semprot Mobil dengan Desinfektan Secara Berkala pada Fase New Normal

3. Fitur Pelacakan Kendaraan 

Fitur pelacakan kendaraan juga bisa terpasang pada kendaraan Anda. Mirip seperti handphone, mobil yang dibekali perangkat ini dapat membuat Anda dengan mudah melacak posisi kenadraan. Tentunya fitur semacam ini sangat bermanfaat bila hal yang tak diinginkan terjadi mobil Anda.  

Fitur pelacakan kendaraan

Ilustrasi fitur pelacakan kendaraan

4. Memasang Dash Cam

Dash cam menjadi tren dalam beberapa tahun belakangan. Fitur dash cam terbilang mahal dan biasanya terpasang pada mobil mewah. Nantinya kamera HD akan terpasang di dasbor dan merekam segala kejadian yang ada di depan mobil. Ada juga yang menawarkan kamera untuk merekam di bagian belakang mobil. 

Anda bisa menambah fitur ini untuk sebagai salah satu perangkat keamanan supaya tunggangan Anda terlihat mirip dengan mobil baru. 

Dashcam pada mobil

Dashcam bisa ditambahkan agar terlihat seperti mobil-mobil baru zaman now

>>> Pengemudi Mobil Tak Perlu Turun Saat Isi BBM di SPBU

5. Air Purifier

Air purifier belum banyak tersemat pada mobil. Padahal fungsinya cukup baik untuk menyaring udara-udara berbahaya seperti Nitrogen Dioksida, Sulfur Dioksida, dan partikel lain yang berbahaya. 

Anda bisa menambahkan fitur ini pada mobil supaya bisa terlihat kekinian dan namun tak mengesampingkan kesehatan Anda. 

>>> Klik sini untuk lanjut simak tips dan trik merawat dan service mobil lainnya

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top