Suhu Kabin Mobil Bisa Mengancam Nyawa, Apa Penyebabnya?

04/10/2019

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Suhu Kabin Mobil Bisa Mengancam Nyawa, Apa Penyebabnya?
Sudah bukan rahasia lagi kalau suhu ruangan mobil yang diparkir di luar siang hari dapat meningkat sangat tinggi. Hal ini yang kadang memicu tragedi ketika orang-orang tidak sengaja meninggalkan anak atau hewan peliharannya terkunci di dalam mobil. Apakah memang suhu mobil bisa mengancam nyawa? Apa penyebabnya?

Menginvestigasi hal tersebut sekelompok peneliti mencoba mencari tahu sebetulnya berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk suhu kabin mobil meningkat sampai batas mematikan. Eksperimen yang dipublikasi dalam jurnal Temperature ini dilakukan dengan suhu udara sekitar 35 derajat celsius.

Mobil parkir dibawah terik matahari

Mobil yang terparkir dibawah terik matahari lebih cepat panas suhu dalam kabin

Diketahui dalam waktu satu jam suhu kabin mobil dapat meningkat sampai rata-rata 47 derajat celsius. Suhu di dasbor lebih tinggi mencapai 69 derajat celsius dan suhu bangku penumpang mencapai 51 derajat celsius.

>>> Banyak pilihan mobil bekas berkualitas disini

Sementara itu ketika mobil parkir di bawah bayangan teduh, dalam satu jam suhu kabin mobil mencapai rata-rata 38 derajat celsius. Suhu dasbor mencapai 42 derajat celcius sedangkan bangku penumpang mencapai 41 derajat celsius.

Tentu bila anak-anak terperangkap dalam kabin dengan suhu kabin mobil tersebut maka udara terasa sangat lembap. Ketika udara lembap maka suhu tubuh tidak bisa turun karena keringat tidak menguap.

>>> Ingin tahu teknologi kendaraan? Dapatkan informasi terlengkapnya hanya di sini

Seorang anak ditinggal di dalam mobil

Jangan pernah meninggalkan anak Anda di dalam mobil sendiri meski hanya sebentar

Ketika suhu tubuh mencapai lebih dari 40 derajat celcius maka risikonya adalah heat stroke. Kondisi itu terjadi ketika tubuh tidak bisa lagi mengendalikan suhu dan terjadi kegagalan fungsi organ. Nah, sudah paham bukan bahwa suhu kabin mobil bisa mengancam nyawa bila disepelekan. Semoga berguna tips dari kami.

>>> Kumpulan tips dan trik otomotif terlengkap bisa Anda temukan disini

Share this post:

Berita lain

Lakukan Hal Ini Jika Ingin Kabin Mobil Selalu Wangi

19/08/2019

Perawatan dan service

5 menit

Ketika ingin kabin mobil selalu wangi sebenarnya tidak harus dengan memasang parfum mobil setiap saat. Ada beberapa kebiasaan kecil Anda yang perlu dihilangkan, kalau mau ruang interior bersih dan harum.

Lihat juga

Waspada, Menggunakan Semprotan Nyamuk di Kabin Mobil Bisa Berbahaya

18/06/2019

Perawatan dan service

3 menit

Tidak seperti di rumah atau tempat tinggal yang lain, mengusir nyamuk di kabin mobil butuh perlakukan khusus. Tidak menggunakan obat nyamuk seperti yang dipakai di rumah juga tidak menggunakan semprotan nyamuk biasa.

Lihat juga

Waduh, Ternyata Hand Sanitizer dan Sunscreen Merusak Kabin Mobil

16/06/2019

Perawatan dan service

2 menit

Produk pelindung kulit ternyata tidak selamanya bertugas melindungi. Penelitian yang dilakukan oleh Ford menyebutkan bahwa beberapa komponen dalam hand sanitizer maupun sunscreen bisa merusak kabin mobil. Bagaimana bisa?

Lihat juga

Lakukan 5 Hal Ini untuk Menjaga Kabin Mobil Tetap Dingin

15/05/2019

Perawatan dan service

4 menit

Menjaga kabin mobil tetap dingin mungkin idaman setiap pemilik kendaraan, termasuk juga Anda. Namun terkadang hal itu sulit untuk dilakukan karena Anda kerap kali berkendara di cuaca yang sangat terik atau mobil terparkir cukup lama di bawah sinar matahari langsung.

Lihat juga

Ini Alasan Lampu Kabin Mobil Harus Mati Saat Berkendara Malam Hari

02/06/2019

Pengemudian

4 menit

Pernah gak sih Anda memikirkan mengapa lampu kabin mobil harus mati saat kendaraan sedang melaju di malam hari? Ternyata ada berbagai alasannya lho yang berhubungan dengan keselamatan berkendara.

Lihat juga