Sopir Mengantuk, Toyota Avanza Jatuh Ke Jurang

12/04/2021

Pengemudian

3 menit

Lagi, kecelakaan terjadi disebabkan sopir mengantuk. Satu unit Toyota Avanza berisi 8 orang jatuh ke jurang daerah Sigaruntang di Kabupaten Agam Sumatera Barat.

Kecelakaan disebabkan sopir mengantuk terulang. Kali ini terjadi di wilayah Kabupaten Agam Sumatera Barat. Satu unit Toyota Avanza jatuh ke jurang di kawasan Sigaruntang, Jorong Sungai Puar, Nagari Sungai Puar, Kecamatan Palembayan, pada Minggu (11/4/2021) pukul 06.00 WIB.

Kronologi

Dalam keterangan yang dirilis NTMC Polri, Kepala Unit Kecelakaan (Kanit Laka) Satlantas Polres Agam Aipda Dondri Donand menuturkan, kronologi kejadian bermula saat Toyota Avanza bernopol BA 1857 PK melaju dari arah Palembayan. Mobil berisi 8 penumpang itu menuju arah Bukittinggi.

Sesampainya di TKP (Tempat Kejadian Perkara) tiba-tiba mobil mengambil jalur kanan dan akhirnya jatuh ke jurang sedalam 3 meter. Lokasi kejadian sendiri merupakan tikungan dan di bawah jurang berupa sungai kecil. Akibat kejadian tersebut sopir yang merupakan warga Simpang Rumbio, Kota Solok beserta penumpangnya mengalami luka-luka dan harus mendapatkan perawatan.

“Penyebab kecelakaannya diduga sopir mengantuk dan tidak mengenali medan jalan kawasan tersebut,” kata Aipda Dondri, (11/4/2021). “Ini murni kecelakaan tunggal, dan sudah ditangani oleh kepolisian setempat bersama warga dan korban dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat,” pungkasnya.

>>> Toyota Avanza Kuasai Segmen Mobil Keluarga Tahun 2020

Foto menunjukkan garis polisi terbentang

Kecelakaan bisa timbul karena berbagai sebab

Bahaya mengantuk saat mengemudi

Mengantuk berujung kecelakaan bukan satu dua kali terjadi di Indonesia. Seperti yang terjadi di Yogyakarta pada Jum’at malam, 26 Maret 2021. Gara-gara sopir truk mengantuk kendaraannya memicu kecelakaan beruntun 10 mobil yang sedang mengantre di lampu merah Persimpangan Monumen Jogja Kembali (Monjali).

Mengantuk bisa disebabkan berbagai hal, dari kurang tidur, kelelahan, salah pola makan, hingga efek obat-obatan. Tapi, apapun penyebabnya mengantuk sangat membahayakan. Pengemudi bisa kehilangan konsentrasi secara signifikan sehingga tidak bisa mengoperasikan kendaraan secara aman. Dia tidak sadar dengan laju kendaraannya sampai akhirnya menabrak objek/kendaraan lain di depan atau terperosok ke parit hingga masuk ke jurang.

Pengemudi wajib tahu bahwa tidak ada obat paling mujarab untuk menghilangkan mengantuk selain istirahat dan yang terbaik adalah tidur.  Bahkan ngopi sekalipun tidak memberi dampak besar menghilangkan ngantuk di perjalanan.

>>> Sopir Truk Mengantuk, 10 Mobil Terlibat Kecelakaan Beruntun

Foto menunjukkan pengemudi sedang tiduran di dalam mobil

Istirahat yang cukup dan berkualias agar tubuh kembali bugar untuk mengemudi

>>> Tips dan trik menarik lainnya seputar otomotif ada disini

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top